11 manfaat daun jambu biji bagi kesehatan dan kecantikan
11 Manfaat Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan dan Kecantikan

11 Manfaat Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Jambu biji adalah salah satu buah yang sangat dikenal baik oleh masyarakat Indonesia. Jambu biji merupakan buah khas tropis yang terkenal karna memiliki banyak khasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang tinggi serta mengandung berbagai nutrisi penting lainnya. Namun ternyata bukan hanya buahnya saja yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, ternyata daunnya pun juga sering dimanfaatkan oleh manusia untuk berbagai kebutuhan. Dan berikut ini merupakan 11 manfaat daun jambu biji yang dapat anda buktikan sendiri di rumah:

  1. Mengobati Luka

Daun jambu biji telah diyakini memiliki kandungan astringent yang berkhasiat untuk menghentikan pendarahan. Cara untuk menjadikannya sebagai obat luka adalah tumbuk 3 pucuk daun jambu biji sampai halus, setelah itu tempelkan pada area tubuh yang luka.

  1. Mengobati Maag

Cara untuk menjadikan daun jambu biji sebagai obat sakit maag adalah pertama siapkan 8 lembar daun jambu biji, kemudian rebus menggunakan 3 gelas air. Setelah itu minum ramuan tersebut secara rutin 3 kali sehari.

  1. Mengobati Keputihan

Jika anda merupakan salah satu wanita yang sering keputihan, cobalah untuk mengobatinya menggunakan ramuan daun jambu biji. Caranya pun cukup mudah, pertama rebus 7 lembar daun jambu biji dan daun sirih dengan satu gelas air. Setelah itu saring dan minum airnya secara rutin 2 kali sehari.

  1. Mengobati Ambeien

Jika sekarang anda sedang menderita ambeien, anda dapat mencoba cara mudah dan alami mengobati ambeien anda menggunakan daun jambu biji. Caranya adalah dengan menumbuk beberapa lembar daun jambu biji yang masih muda dengan satu buah pisang batu. Setelah itu peras dan minum airnya secara rutin sampai ambeien anda mulai sembuh.

  1. Mengatasi Jerawat dan Komedo

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa ternyata daun jambu biji ternyata juga dapat digunakan sebagai masker wajah untuk menghilangkan jerawat dan komedo. Cara membuatnya pun juga sangat mudah, hanya dengan menumbuk beberapa lembar daun jambu biji yang masih muda, lalu dioles-oleskan pada area wajah yang terdapat jerawat dan komedo. Gunakan cara ini dengan tutin jika anda menginginkan hasil yang cepat.

  1. Mengobati Demam Berdarah

Sediakan 5 lembar daun jambu biji, lalu rebus dengan 2 gelas air. Jika sudah mendidih langsut angkat lalu diamkan sampai terasa dingin, setelah dingin minum ramuan tersebut secara rutin 1 kali dalam 4 jam sampai sembuh.

  1. Mengobati Diare

Daun jambu biji sangat efektif untuk mengobati diare dan sudah banyak orang yang telah membuktikan hal tersebut. Untuk mencobanya, anda dapat langsung memakannya atau menjadikannya ramuan, caranya adalah sediakan 6 lembar daun jambu biji muda lalu tumbuk sembari diberi air matang, jika sudah halus saring dan minum airnya secara rutin sampai diare anda sembuh.

  1. Mengatasi Kembung pada Anak

Jika anak atau keponakan anda sedang kembung, cobalah untuk mengobatinya dengan cara siapkan 3 sampai 4 lembar daun jambu  biji yang masih muda, lalu cuci sampai bersih dan rebus dengan 2 gelas air. Tambahkan 5 butir adas dan ½ jari kulit batang pulosari, tunggu sampai rebusan tersebut tersisa satu gelas saja, setelah itu minumkan airnya pada anak yang sedang kembung.

  1. Mengobati Sariawan

Daun jambu biji juga merupakan salah satu bahan alami untuk mengobati sariawan. Cara membuatnya adalah ambil satu genggam daun jambu biji dan 1 jari kulit batang jambu biji. Cucilah kedua bahan tersebut sampai bersih lalu rebus dengan 1 liter air sampai mendidih. Tunggu sampai dingin kemudian minum ramuan tersebut secara rutin 2 kali sehari.

  1. Mengobati Diabetes

Minumlah teh daun jambu biji yang sudah diseduh secara rutin 2 kali sehari. Teh daun jambu biji cukup efektif untuk menurinkan kadar glukosa dalam darah serta mampu menghambat enzim alpha-glukosidase.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Cara untuk menurunkan kadar kolesterol menggunakan daun jambu biji adalah pertama siapkan daun jambu biji adalah ambil 7 lembar daun jambu biji yang masih muda dan segar, 2 genggam daun ceremai, dan 10 lembar daun sirih. Cuci semua bahan tersebut sampai bersih kemudian rebus dengan 3 gelas air putih dan tunggu sampai tersisa 1 gelas. Angkat dan biarkan sampai dingin, lalu saring dan minum air rebusa tersebut ½ gelas di pagi hari dan ½ gelas di malam hari.

Semoga bermanfaat!

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply