10 Cara Alami dan Ampuh Mengatasi Masuk Angin
10 Cara Alami dan Ampuh Mengatasi Masuk Angin

10 Cara Alami dan Ampuh Mengatasi Masuk Angin

Posted on

Musim penghujan seperti ini memang terkadang menyebabkan sebagian orang yang tidak memiliki kekebalan tubuh yang kuat sering terserang penyakit seperti batuk, flu, demam, dan masuk angin. Nah, saat ini kami akan membahas mengenai cara alami dan ampuh untuk mengatsi masuk angin.

Dengan berbagai faktor seperti udara yang dingin, kehujanan, kurang tidur, lembur kerja di kantor, kurang istirahat, dan asupan makan yang tidak terjaga, masuk angin akan mudah menyerang seseorang. Di Indonesia, masyarakat biasanya mengatasi masuk angin ini dengan cara kerokan. Walaupun sudah dikenal sejak lama, namun sampai saat ini masuk angin masih belum dikenali oleh dunia medis. Masuk angin biasanya digejalai dengan tubuh yang merasa sangat kedinginan, sakit kepala, badan terasa tidak enak, kehilangan nafsu makan, otot terasa nyeri, dan tubuh terasa cepat lelah. Selain itu, masuk angin juga dapat digejalai dengan demam, sering bersendawa, perut kembung, sakit perut, sering buang angin, pegal-pegal, dan bahkan diare. Jika kamu atau orang terdekatmu sedang mengalami gejala masuk angin tersebut, sebaiknya segera obati dengan beberapa cara berikut:

  1. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Minyak yang memiliki aroma terapis ini memangsangat cocok untuk melegakan hidung yang tersumbat, namun selain itu tenyata sensasi hangatnya juga ampuh untuk mengatasi perut kembung karna masuk angin. Kamu bisa mengoleskan minyak kayu putih tersebut pada beberapa bagian tubuh seperti leher, seluruh bagian perut, kening, dan bagian lainnya dengan di beri pijatan lembut selama 5 menit agar minyaknya dapat meresap.

  1. Menggunakan Bawang Merah dan Bawang Putih

Selain minyak kayu putih, bawang juga merupakan obat alami untuk mengobati masuk angin. Jika yang masuk angin adalah anak-anak, haluskan beberapa butir bawang merah lalu oleskan secara merata pada bagian perut.

Sedangkan jika yang masuk angin adalah yang sudah remaja atau dewasa, makan mentah satu atau 2 siung bawang putih secara langsung, atau dapat juga dengan memasukkan bawang putih tersebut ke dalam masakan.

  1. Jahe

Seperti yang telah diketahui, jahe merupakan obat herbal tradisional yang sangat ampuh untuk menghangatkan tubuh, melancarkan sirkulasi darah, daan mengatasi perut kembung. Cara untuk membuat ramuan jahe cukup mudah, yaitu dengan memasukkan satu bang jahe yang sudah digeprek ke dalam satu gelas air panas yang sudah di beri gula, aduk sampai tercampur rata kemudian minum secara rutin sampai masuk angin anda hilang.

  1. Rebusan Air Daun Pepaya

Sebenarnya ramuan daun pepaya sangat ampuh untuk mengobati masuk angin, namun banyak orang yang tidak menggunakannya karna rasanya yang pahit. Cara membuat ramuannya adalah pertama siapkan 4 sampai 5 lembar daun pepaya dan 1 liter air putih. Rebus daun pepaya tadi dengan 1 liter air sampai emndidih dan hanya tersisa ½ nya. Angkat lalu saring dan ambil airnya saja, minumlah air tersebut selagi masih hangat.

  1. Madu dan Teh Lemon

Jika anda menyukai rasa yang asam dan manis, anda bisa menggunakan cara ini untuk menghilangkan masuk angin. Masukkan 1 sdt madu dan air perasan lemon ke dalam secangkir teh. Lalu minumlah sebelum tidur dan rasakan perbedaannya ketika anda bangun tidur nanti.

  1. Ubi Merah

Salah satu umbi-umbian yang kaya akan manfaat ini memang sudah cukup jarang dikonsumsi oleh masyarakat saat ini. Padahal ia mengandung banyak sekali manfaat yang salah satunya adalah mengobati masuk angin saat musim penghujan. Konsumsilah ubi merah rebus secara teratur agar masuk angin anda cepat menghilang dan anda pun akan jarang terkena masuk angin.

  1. Vitamin C

Saat masuk angin mulai datang, tubuh akan terasa mudah lemas dan mual-mual, saat itulah makanan yang mengandung banyak vitamin C seperti jeruk dan stroberi sangat diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan stamina. Jika anda ingin cara yang lebih mudah, beli saja suplemen vitamin C di apotik terdekat rumah anda.

  1. Perbanyak Istirahat

Aktivitas yang terlalu banyak dan berlebihan terkadang mengakibatkan tubuh kurang mendapatkan waktu istirahat yang cukup, hal tersebut juga dapat memicu tubuh mengalami masuk angin. Jika anda ingin sembuh dari masuk angin, sebaiknya mulai sekarang istirahatkan tubuh anda dengan waktu yang cukup.

  1. Hindari Minuman Dingin dan Perbanyak Minum Air Putih

Mengkonsumsi air dingin hanya akan memperparah masuk angin anda. Oleh karna itu, ada baiknya jika anda menghindari air dingin dan memperbanyak minum air putih biasa ketika masuk angin.

  1. Kerokan

Kerokan merupakan salah satu cara yang paling sering dilakukan masyarakat Indonesia untuk menghilangkan masuk angin. Metode tersebut dilakukan dengan cara mengoleskan minyak kayu putih atau balsem pada bagian tubuh yang terasa sakit, kemudian mengeroknya dengan menggunakan kon atau tutup botol sampai permukaan kulit berwarna merah. Untuk catatan: sebaiknya anda berhati-hati saat melakukan kerokan karna jika sampai terlalu berlebihan akan dapat ememcah pembuluh darah, apalagi di daerah leher.

Semoga bermanfaat dan cepat sembuh!

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply