Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak/Tidak Terbaca

Posted on

Pastinya banyak dari kalian yang sangat kesal dan marah apabila flashdisk yang di situ isinya document-document penting tidak bisa terbaca oleh computer kalian. Nah di kesempatan saya kali ini saya akan memberikan tips cara memperbaiki flashdisk yang rusak/tidak terbaca.

Flashdisk tidak terbaca ataupun rusak merupakan hal yang lumrah atau sering kita alami dan siapa saja bisa mengalaminya. Tidak memandang itu flashdisk baru maupun flashdisk yang sudah lama di gunakan. Biasanya kebanyakan orang bila mengalami flashdisknya tidak mau kebaca dia langung beranggapan bahwa flashdisknya itu rusak. Sehingga banyak dari mereka yang membuang flashdisk tersebut atau mencampakannya. Padahal masih ada kemungkinan kecil flashdisk itu bisa di sembuhkan atau di perbaiki sehingga bisa di pergunakan lagi.

Penyebah Flashdisk Rusak/Tidak Terbaca

Apa penyebabnya flashdisk itu tidak mau terbaca atau rusak? Untuk bisa menjawab pertanyaan itu maka kita perlu melakukan peninjauan dari berbagai macam factor. Salah satu faktornya yaitu dikarenakan kita mencabut flashdisk secara paksa atau tanpa melakukan peng ejeck kan. Sehingga dapat mengakibatkan kerusakan pada chip flashdisk bahkan bisa mengakibatkan flashdisk rusak secara permanent. Jika flashdisk ini sudah rusak secara permanent maka sudah sulit untuk memulihkan flashdisk tersebut. Bukan hanya itu saja jika kita melakukan pencabutan flashdisk secara paksa juga bisa mengakibatkan flashdisk write protected. Jika kalian mengalami maalah terakhir ini kalian bisa membaca tips-tips yang nantinya akan saya bagikan.

Selain itu factor lain yang bisa membuat flashdisk rusak bukan hanya pencabutan yang tidak sesuai dengan prosedur akan tetapi juga berpengaruh pada kualitas dari flasdisk tersebut. Belum lagi flashdisk di jaman sekarang ini sudah sangat banyak flashdisk yang abal-abalan atau KW. Falshdisk jenis ini biasanya di jual dengan harga yang relative murah meriah. Namun seperti kata para pepatah ada harga ada kualitas pula. Makanya jika ingin membeli flashdisk ada bagusnya kalian lebih jeli dan lebih baik lagi kalian membelinya di toko yang resmi agar tidak tertipu dengan flashdisk yang memiliki kualitas rendahan.
Kembali lagi ke pokok permasalahan jika kalian mengalami hal-hal yang saya jelaskan sebelumnya kalian jangan langsung menyerah coba kalian melakukan tips yang saya akan berikan di bawah ini.

Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak/Tidak Terbaca

Cara yang Pertama

Langkah awal yang harus kalian lakukan untuk mengatasi flashdisk rusak atau tidak terbaca adalah melakukan pengecekan apa yang rusak. Apakah memang betul yang rusak itu Flashdisk kita atau yang rusak memang system operasi computer kita yang tidak bisa membaca driver flashdisk kita. Langkah yang bisa kalian coba pertama ialah menghubungkan flashdisk di computer yang lain. Jika itu bisa terdeteksi berarti system operasi computer kalian lah yang bermasalah, kalian bisa menginstal dirvernya atau bisa melakukan install ulang pada system operasinya. Jika itu tetap saja tidak terdeteksi maka kemungkinan besar terdapat masalah terhadap flashdisk kalian.

Cara yang kedua

  • Bila memang indikasinya menandakan bahwa flasdisk memang yang bermasalah kalian bisa mencoba beberapa tips berikut ini:
    Sambungkan flashdisk ke laptop atau computer kalian
  • Selanjutnya coba kalian ketik shortcut di keyboard/CTRL+R selanjutnya ketik di kolom perintah berikut compmgmt.msc lalu klick enter.
    Setelah kalian melakukan itu kalian coba buka program compmgmt, jika sudah coba kalian klick program itu.
  • Pada menunya coba kalian pilih storange yang terdapat itu tengah kemudian kalian pilih disk management.
  • Biasanya jika flashdisk kerusakannya tidak terlalu para maka akan terdeteksi. Jika flashdisk kalian terdeteksi maka coba kalian klick kanan terus pilih menu create partition.
  • Selanjutnya kalian format flashdisk kalian dengan cara klick kanan baru pilih icon format.

Cara yang Ketiga

Jika ke du acara yang saya berikan tadi masih belum berhasil coba kalian melakukan cara yang ketiga ini yaitu dengan cara menggunakan aplikasi HDD low level format tool. Aplikasi satu ini tersedia dalam dua fersi yaitu fersi full dan fersi free, meskipun yang fersi gratis saja sudah bisa mengatasi permasalahan flashdisk kalian.

Cara yang keempat

Jika saja ketiga cara di atas masih saja belum juga berhasil coba kalian melakukan cara yang keempat ini yaitu LEMBIRU kalian mengambil flashdisk itu lalu buang kemudian dating ke toko yang resmi lalu beli baru. Ini merupakan cara yang paling simple jika ketiga cara tadi masih saja belum berhasil.

Demikianlah beberapa tips yang bisa saya bagikan semoga tutorial ini bisa bermanfaat bagi kalian semua yang pernah mengalami hal-hal tersebut.TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA…

Gravatar Image
Ohayo minna san saya adalah pemuda yang penuh akan keinginan untuk mempelajari hal hal yang menurut saya bisa bermanfaat untuk kehidupanku. juga saya senang berfantasi yang hal itu tidak bakal terjadi. hobi saya nonton Anime dan main Games.

Leave a Reply