Umar bin Khattab Yang Masuk Islam
Umar bin Khattab Yang Masuk Islam

Kisah Umar bin Khattab Khalifah Tegas Yang Sangat Menakjubkan Umat Islam Sedunia

Posted on

Tahukah kamu siapakah Umar Bin Khattab? Yups, sahabat dari nabi Muhammad SAW dan juga  khalifah kedua setelah Abu Bakar As Siddik yang sangatlah tegas dalam menjalankan kepemimpinannya. Allah memilih sosok yang sangat luar biasa ini menjadi seorang pemimpin yang memimpin seluruh umat islam didunia. Umar sendiri dilahirkan 12 tahun setelah kelahiran nabi Muhammad dari pasangan Khattab dan juga Khatamah. Umar sendiri memiliki perawakan yang sangat taguh dan gagah, jenggot yang tebal dan juga wajah yang juga tampan.

Nasab Umar Bin Khattab adalah Umar bin Khattab bin  Nufail bin Abdul Uzza bin Riyah bin Abdullah bin Qarth bin Razah bin  adiy bin Ka’ab bin Lu’ay bin Ghalib. Nabi Muhammad memberikan dirinya gelar Abu Hafsh karena memang Umar memiliki anak pertamanya dan memberikan julukan al Faruq.

Umar bin Khattab sebelum dirinya masuk islam adalah salah satu orang yang sangat membenci dan memusuhi islam. Dia melakukan hal hal yang jelek tapi masih bisa menjaga harga dirinya. Setelah itu karena memang hidayah dari Allah telah turun pada Umar sehingga dia masuk islam pada bulan Dzulhijah pada tahun ke-6 setelah kenabian, terpaut tiga hari setelah  Hamzah bin Abdul Muthalib yang juga masuk islam.

Umar bin Khattab Yang Masuk Islam
Umar bin Khattab Yang Masuk Islam

Singkat ceritanya adalah pada suatu malam yang sangatlah menegangkan dirinya mendatangi Masjidil haram untuk dapat mendengarkan bacaan shalatnya nabi Muhammad walaupun hal itu dilakukan dengan cara bersembunyi. Bertepatan saat itu nabi membaca surat al Haqqah yang membuat Umar bin Khattab terkagum kagum dengan susunan kalimat al qur’an yang indah dan juga merdu. Dan suatu hari dia ingin membunuh nabi Muhammad dan sewaktu dalam perjalanan dia bertemu dengan Nu’aim bin Abdullah al Adawi yang merupakan seorang laki laki berkebangsaan Zuhrah yang memberitahukan bahwa adiknya Umar sedang belajar Al Qur’an bersama nabi Muhammad. Karena saat itu memanng Umar sedang emosi, maka dia memukul kepala saudaranya samapi berdarah, tetapi tetap saja karena memang keteguhan yang dimiliki adiknya Umar tak membuatnya berniat untuk mencabut keimananya. Melihat keteguhan adiknya membuat Umar merasa penasaran dengan Al Qur’an, dan akhirnya umar meminta kitab tersebut dan membacanya. Dan adik perempuannya tersebut berkata “kamu itu orang yang kotor tidak pantas membaca ayat yang suci tersebut, mandilah dan berwudhulah” lalu umar mandi dan mengambil kitab tersebut. Dan saat dia telah membaca isinya surat thaha dan akhirnya diapun memuji dan sangatlah memuliakan isinya dan dia meminta agar dia ditunjukkan kepada nabi Muhammad. Dan akhirnya Umar datang kepada nabi dan akhirnya mengaku islam dan secara serentak orang orang yang berada disekitar rumah serentak mengucapkan takbir dengan keras.

Setelah masuknya Umar bin Khattab dalam islam membuat kekuatan islam semakin kuat, dan membuat pihak orang kafir merasa terancam dan juga takut. Karena ketegasan, kebijaksanaan, keadilan seorang Umar membuatnya sangatlah disegani semua orang. Pemimpin tersebut sangat teguh dalam pendirian dan sangat tegak keimannya. Kehidupannya yang selalu mengerjakan sunah merobohkan semua bid’ah bid’ah yang mengelilinginya. Umar adalah orang yang paling cerdas dengan ilmu Al qur’an dan sunnah dari nabi setelah Abu Bakar As Siddiq.

Dengan kepemimpinanya Umar berhasil menaklukan Persia, Mesir, Burqah, Irak, Tripolo, Azerbaijan, Basrah, kairo, dan juga kuffah. Banyak sekali wilayah penting yang sudah ditaklukan oleh Umar sewaktu masa pemerintahannya.

Penaklukan Wilayah Oleh Umar bin Khattab
Penaklukan Wilayah Oleh Umar bin Khattab

Dan setelah dia memerintah umat islam, dia akhirnya diambil oleh Allah pada hari rabu di bulan dzulhijah pada tahun 23 H yang beliau ditikam saat sedang melakukan sholat shubuh oleh orang Majusi yang memiliki nama abu lu’luah yang berasal dari persia dan dimakakan di samping rasulullah dan Abu Bakar.

Nah, itulah mengenai Umar bin Khattab, seorang khalifah yang sangat tegas kepemimpinannyahttp://www.gedubar.com yang pastinya akan selalu dikenang jasa jasanya oleh seluruh umat islam didunia. Semoga artikel kami bermanfaat, good luck!

Gravatar Image
Mimpimu hari ini akan menjadi kenyataan di hari esok. Inilah prinsip yang saya pegang sampai sekarang dan memacu semangat saya supaya terus berkembang..Tetap semangat jadi yang terbaik diantara yang baik baik

Leave a Reply