Jember Fashion Carnaval

Festival Budaya Indonesia di Luar Negeri

Posted on

Indonesia adalah Negara yang tidak hanya kaya dengan alamnya tapi juga kaya dengan budaya. Keanekaragaman budaya di Indonesia yang terdiri dari banyak tradisi dan kegiatan yang menarik perhatian baik bagi penduduk lokal maupun manca Negara. Sudah banyak sekali kegiatan yang berlangsung dan rutin dilakukan bertahun-tahun. Sehingga kegiatan seperti itu di Indonesia sendiri juga sudah menjadi agenda. Semua itu akan terus menjadi tradisi dari setiap daerah. Banyak juga turis yang berpartisipasi dan ke Indonesia pada waktu tertentu demi melihat sebuah festival.

Secara tidak langsung, kegiatan seperti ini menjadi upaya untuk mempromosikan wisata dan budaya Indonesia mampu mendunia. Di mata dunia Indonesia layak dijuluki Negara yang kaya budaya karena berbagai ertunujukan rutin dilakukan seperti agenda tahunan yang disiapkan dengan sangat matang dan berkelas tentunya. Kita juga harus bangga dengan bangsa ini. Melihat festival pasti hal yang menyenangkan, karena akan ada berbagai pertunjukkan yang sengaja dicampur dengan pariwisata. Para wisatawan manca Negara pun juga akan tertarik dengan adanya festival budaya ini.

Tidak hanya budaya asli Indonesia, di jaman modern ini Indonesia juga mengambil usaha dengan memberikan acara yang berkualitas dan bermutu di tingkat internasional seperti kuliner, music dan gaya hidup bahkan teknologinya. Jika kamu tertarik untuk melihat festival budaya Indonesia yang mendunia. Ada baiknya kamu mengenal festival-festival tersebut terlebih dahulu melalui artikel ini.

  1. Festival Layang-Layang Bali
Festival Layang-Layang Bali

Festival yang diselenggarakan setiap tahun di Bali salah satunya adalah Festival Layang-Layang. Festival ini dilakaukan setiap tahunbiasanya mulai bulan Juli sampai Oktober. Festival laying-layang besar ini diadakan di bali bertujuan sebagai tanda menghormati dewa-dewa. Di bali kepercayaan agama Hindu sangat kuat, mereka percaya bahwa festival seperti ini bisa berarti dewa telah memberikan hasil panen yang melimpah. Karena acara seperti ini merupakan agenda rakyat Bali, maka dalam festival ini dilombakan bagi yang mengikuti festival. Terdapat 3 kategori dalam perlombaan. Kategori tersebut merupakan laying-layang bentuk laying-layang yang akan dilombakan. Yang pertama adalah laying-layang yang memiliki bentuk datar atau disebut Bebean. Yang kedua adalah laying-layang yang memiliki panjang 100 meter dengan kepala naga dan ditarik oleh banyak orang atau biasa disebut Jagalan. Yang terakhir adalah laying-layang yang memilikibentuk seperti ikan pari dan dapat mengeluarkan suara disebut Pecukan. Festival ini diikuti oleh 20 kelurahan di Bali dengan lebih dari 30 layang-layang. Ini salah satu hal yang menarik di bali dan dapat menarik minat para wisatawan.

  1. Jakarta Fashion Week

 

Jakarta Fashion Week

Disinilah para perancang busana beradu kebolehan. Indonesia juga memiliki ajang seperti ini untuk mendapatkan designer yang benar-benar professional. Banyak keanekaregaman model pakaian yang memiliki cirri khas dari Indonesia seperti batik dan pakaian adat dari setiap daerah yang ada di Indonesia. Pegelaran seni fashion ini diadakan setiap tahunnya. Event ini dijadikan ajang paling berpengaruh di Asia Tenggara. Mungkin memang tidak terlalu ada tradisi dan budaya Indonesia yang ditampilkan. Namun, acarainitetap mampu menarik para designer dunia melirik fashion di Indonesia. Jakarta Fashion Week juga menjadi ajang internasional dengan menampilkan gaya busana baru yang mampu memecah pasar dunia dan berpotensi berkembang. Pagelaran ini sukses menggemparkan pasar internasional dengan waktu yang sangat singkat.

  1. Java Jazz Festival
Java Jazz Festival

Salah satu gelaran Indonesia yang sampai tingkat internasional sampai kini menjadi perbincangan dunia. Di setiap pertunjukanya, Java Jazz menampilkan para musisi jazz terbaik baik dari Indonesia maupun internasional. Festival ini diadakan rutin setiap tahun dan mampu menarik sampai ribuan pengunjung. Disinilah ajang para musisi berkumpul dan menampilkan pentas. Musisi yang mendunia seperti Jason Mraz, George Benson, Santana dan Dave Koz pernah berbagi panggung di festival ini. Kesuksesan festival ini tentu saja mempengaruhi perkembangan music di Indonesia. Penonton yang hadirpun tidak hanya dari Indonesia saja melainkandari Negara tetangga juga ada. Karean adanya festival ini, kini banyak anak muda Indonesia yang menyukai musik jazz.

  1. Jember Fashion Carnaval
Jember Fashion Carnaval

Di indinesia tepatnya di Jawa Timur terdapat juga festival yang memberikan gelaran besar yang sangat membanggakan dan membuat kagum. Festival ini sangat patut diacungi jempol dan harus mendunia. Ajang tahunan yang ada di Jember ini sangat didukung oleh pemerintah. Acara ini juga menjadi potensi untuk berkembangnya pariwisata di Jember sendiri. Ada sekitar 400 peserta yang ikut karnawal dengan memakai berbagai kostum yang sangat menakjubkan. Mereka akan digiring untuk melewati jalan utama di Kota Jember untuk menampilkan kesenian tata busana dengan berjalan sepanjang 3,6 kilometer.biasanya tema yang dibawakan akan berbeda dan akan dibagi. Tema yang menuruti model trend juga akan muncul di dalamnya. Ada yang berkostum seperti di film dan lainnya. Dan tidak akan ketinggalan gelaran adat yang juga akan mengisi event ini. Tema adat diambil dari daerah-daerah di Indonesia dan dipamerkan bergantian setiap tahun. Para peserta tidak hanya menampilkan seni namun juga meraih penghargaan dari berbagai kompetesi yang diadakan agar lebih semangat mengikuti acara ini.

  1. Festival Danau Sentani
Festival Danau Sentani

Festival ini dilakukan di danau. Pagelaran besar ini diadakan oleh penduduk dan pemerintah di Sentani yang dijadikan pariwisata. Tidak hanya warga setempat dari Indonesia tapi dari warga Negara asing juga ikut berpartisipasi dalam festival ini seperti dari Belanda, Portugis dan Perancis ikut meramaikan festival di danau ini. Acara ini dilakukan berkat semangat dari berbagai suku yang ada. Acara ini memberikan pertunjukkan menari di atas perahu berbagi kuliner khas dan upacara adat. Acara ini akan berlangsung pada bulan Juni selama 5 hari berturut-turut.

  1. Festival Bunga Tomohon
Festival Bunga Tomohon

Festival ini terletak di Sulawesi Utara tepatnya di kota Tomohon. Kota ini juga biasa disebut sebagai kota bunga. Wajar saja jika mereka membuat festival yang bertemakan kreasi bunga tomhon. Acara ini ternyata juga terkenal sampai tingkat internasional karean tidak hanya diikuti oleh warga Indonesia saja melainkan Negara lain juga ikut andil dalam acara ini. Beberapa Negara yang mengikuti festival ini adlah Malaysia, Brunei, Vietnam, Rusia, Belanda, Perancis, Amerika, Singapuradan Belgia. Tentu saja event ini sangat mendunia.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply