Legenda Cinta Dewi Rengganis Dan Pangeran Andi Sose
Legenda Cinta Dewi Rengganis Dan Pangeran Andi Sose

Legenda Dewi Rengganis Dan Andi Sose Yang Penuh Dengan Cinta

Posted on

Dewi rengganis? Seseorang yang pastinya sangat lekat dengan kawasan gunung Argopuro yang sangat terkenal dengan magisnya yang sangatlah kental. Banyak sekali versi yang mengisahkan kisah cinta dari Dewi rengganis. Tahukah kamu berdirinya desa Patemon yang saat ini menjadi rumah pemandian yang sering dikatikan dengan keberadaan putri tersebut.

Patemon merupakan kawasan yang sangat sering dikunjungi oleh dewi rengganis. Didalamnya terdapat sebuah telaga yang saat itu sering dipakai oleh dewi rengganis untuk mandi dan juga bermain dengan gembira. Namun dia merasa resah semenjak dia merasa ada yang mengintipnya mandi disitu. Sebenarnya nama Patemon tersebut berasal dari kata katemon yang  berarti bertemu, yang merupakan tempat bertemunya dewi rengganis dengan Andi sose untuk oertama kalinya  yang merupakan seorang pangeran yang berasal dari Makassar. Memang Andi Sose sering lewat lalu lalang diatas jembatan telaga dewi rengganis. Awalnya dia memang tidak berniat untuk menngintip putri cantik tersebut mandi, yang sebenarnya dia tidak sengaja melihatnya saja. Mengetahui dirinya sedang diintip seseorang, dewi rengganis sangatlah marah karena memang privasi nya sedang dilihat orang lain. Tapi memang pangeran andi tetaplah berpendirian bahwa dirinya tidak memiliki niatan untuk mengintip sang putri. Dan pangeran andi malah semakin penasaran dengan wanita cantik didepannya.

Legenda Cinta Dewi Rengganis Dan Pangeran Andi Sose
Legenda Cinta Dewi Rengganis Dan Pangeran Andi Sose

Dan akhirnya pangeran andipun yang  semakin merasa penasaran dengan wanita cantik tersebut. Membuat  pangeran andi memberanikan diri untuk menanyakan tentang jati diri dewi rengganis. Dan akhirnya dewi rengganis menjawabnya dengan hanya menyebutkan nama rengganis saja. Dan akhirnya pangeran Andi yang memang sangat penasaran dengan siapakah wanita cantik didepannya tersebut, akhirnya mulai mengulang pertanyaanya lagi, tetapi hasilnya tetap sama, pangeran andi tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan. Dan yang lebih membuat geram pangeran andi adalah dewi rengganis mengatakan bahwa jika memang dia ingin mengetahui siapakah dirinya, maka harus menaiki gunung argopuro. Dan akhirnya pangeran andi pun mengetahui siapakah si wanita cantik yang berada ditelaga yang barusan ditemuinya itu.

Dan semenjak saat itu pangeran andi tidak lagi merasa acanggung jika bertemu dengan dewi rengganis, dan bahkan dari pertemuan mereka yang bisa dikatakan cukup sering,membuat kedunya mulai merasakan benih benih cinta. Mengetahui mereka salinng mencinta, memebuat pangeran Atmaja menjadi sangat marah karena pangeran Atmaja juga sangat mencinta dewi rengganis. Dan akhirnya pengeran atmaja mulai menantang pangeran andi, dan dalam perkelahian tersebuat akhirnya pangeran Atmaja mati dan jasadnya dikubur di belakang pemandian patemon tersebut yang oleh masyarakat sekitar disebu Embah Eyang Kyai Sapu Jagad.

Dan akhirnya karena kemenangan yang didapatkan pengeran andi membuat pangeran andi mendapatkan cinta dari dewi rengganis. Karena keabadian cinta mereka membuat banyak mitos  mitos bermunculan yaitu salah satunya adalah barang siapa yang berenang dipemandian patemon pasangan tersebut cintanya akan abadi.

Memang masyarakat setempat masih memegang teguh mitos tersebut. Dan biasanya pasangan yang baru melakukan akad nikah akan langsung datang ketempat pemandian ini dengan masih mengenakan pakaian pengantinnya dan langsung  mandi. Itulah mitos yang sampai saat ini masih dipegang teguh masyarakat sekitar. Dan juga masih dipercayai bahwa keabadian cintanya dewi rengganis dan juga pangeran andi sose yang tidak perlu ditanyakan lagi. Mereka menginginkan agar kisah cinta bisa abadi seperti abadinya cinta dewi rengganis dan pangeran andi sose.

Nah, itulah legenda dan kisah cinta dewi rengganis dan pengeran andi sose yang pastinya sangat romantis dan bersejarah dan pastinya akan selalu dikenang oleh masyarakat sekitar. Semoga artikel ini membantu kamu. Good Luck!

Gravatar Image
Mimpimu hari ini akan menjadi kenyataan di hari esok. Inilah prinsip yang saya pegang sampai sekarang dan memacu semangat saya supaya terus berkembang..Tetap semangat jadi yang terbaik diantara yang baik baik

Leave a Reply