Tanda Insomnia
Tanda Insomnia

Yuk Kenali, Gejala Dan Tanda Apa Saja Sih yang Dialami Seseorang yang Terkena Insomnia.

Posted on

Setiap orang tentunya pernah mengalami gangguan sulit untuk tidur atau yang biasa disebut dengan Insomnia. Tetapi sebagian besar dari mereka sering kali tidak menyadari beberapa tanda- tanda dari penyakit ini. Serta mereka juga sering kali tidak mempedulikan atau bahkan mengabaikannya karena dianggap sudah biasa. Padahal tidur ini sangatlah penting untuk dapat mengistirahatkan tubuh dan pikiran kita sejenak untuk bisa lepas dari rutnitas sehari-hari yang sangatlah menguras tenaga dan pikiran.

Jika seseorang yang mengalami gejala atau tanda-tanda insomnia ini terus saja mengabaikannya, maka ke depannya hal ini akan bisa menjadi masalah yang cukup serius dan dapat mengancam kesehatan tubuhnya. Karena hanya bermula dari penyakit yang sepele ini yaitu insomnia maka berbagai jenis penyakit serius yang lain bisa saja muncul. Misalkan saja penyakit diabetes. Nah, oleh karena alasan itulah berikut ini saya telah merangkum beberapa gejala dan tanda bahwa seseorang yang mengalami Insomnia. Berikut ini adalah diantaranya:

  1. Masih Saja Merasa Lelah Padahal Sudah Tidur.
Merasa Lelah Setelah Bangun
Merasa Lelah Setelah Bangun

Tanda seseorang mengalami insomnia adalah ia tetap saja akan merasa lelah setelah bangun walaupun kenyataannya ia sudah tertidur selama 8 jam. Padahal waktu ini adalah batas waktu normalnya orang tidur dalam sehari. Yang mana di saat itu seseorang tersebut tidak bisa untuk meredupkan cahaya tubuhnya.

Karena normalnya begitu cahaya tubuh ini redup maka orang tersebut akan dapat beristirahat atau tidur dengan nyenyak. Tetapi cahaya tubuh orang tersebut malah masih saja aktif, akibatnya otak akan terus bekerja untuk berpikir dan akan mecegah tubuhnya untuk dapat beristirahat. Dan yang akhirnya tubuh akan masih tetap saja merasakan lelah padahal sudah mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

2. Mandengkur.

Tanda atau gejala yang kedua adalah mendengur. Meskipun mendengkur ini bukanlah salah satu tanda dari penyakit yang berbahaya. Tetapi mendengkur ini bisa jadi merupakan sebuah peringatan bahwa kondisi saluran pernapasan seseorang tersebut sedang terganggu. Yang mana akibatnya jika saluran pernapasan sudah terganggu maka seseorang akan merasa tidak tenang atau sering terbangun saat tidur.

Hal ini tentunya akan sangat mengganggu idur seseoranf tersebut sekaligus juga akan merakibat buruk bag kualitas tidur seseorang. Selain itu, mendengkur ini jika dibiarkan bisa saja juga merupakan tanda dari adanya masalah pada saluran pernapasan seseorang.

  1. Selalu Merasa Ingin Tidur Siang.

    Merasa Ingin Tidur Siang
    Merasa Ingin Tidur Siang

Jika saja tidur di saat malam seseorang sudah terganggu maka tetu saja seseorang tersebut selalu ingin untuk dapat tidur siang. Atau sering kali jika ada seseorang yang merasa mengantuk di saat jam kerja dan rasanya segera ingin beranjak dari tepatnya untuk bisa menuu tempat tidur. Hal ini juga merupakan suatu pertanda bahwa seseorang tersebut tengah mengalami insomnia.

  1. Sering Merasa Kesulitan Untuk Dapat Tidur.

Tanda yang satu ini tentunya sudah sangat umum dan yang paling biasa terjadi. Karena hal ini adalah tanda utama bahwa seseorang sedang mengalami insomnia. Namun, dari kebanyakan orang yang mengalaminya mereka justru akan mengabaikannya dan tidak segera berkonsultasi ke dokter. Padahal jika hal ini teru-menerus di biarkan maka akan menimbulkan berbagai macam peyakit kronis yang dapat menyerang pada otak.

  1. Sering Tiba-tiba Merasa Depresi.
Sering Merasa Depresi
Sering Merasa Depresi

Setiap orang tentunya sudah pernah mengalami hal yang namanya depresi. Tetapi jika depresi ini muncul dari penyebab yang tak jelas maka hal inilah yang perlu dipertanyakan. Sebenarnya wajar saja sih bila seseorang yang mengalami Insomnia ini sering merasa depresi karena tentu saja penyebab utamanya adalah karena orang tersebut akan terbebani oleh banyak pikiran.

Hal ini dapat terjadi disebabkan oleh karena waktu isrirahat yang harusnya dapat ia gunakan untuk tidur itu menjadi terganggu. Dan akhirnya tubuh akan selalu saja merasa gelisa dan depresi berat. Jika hal ini terus menerus terjadi hendaklah orang tersebut dapat segera menghubungi dokter untuk bisa berkonsultasi.

Itulah tadi beberapa tanda atau gejala seseorang yang sedang mengalami insomnia. Seharusnya jika anda sudah mulai beberapa tanda atau gejala diatas hendaklah bisa segera untuk dapat berkonsultasi ke dokter. Karena jika di biarkan maka bisa saja ha ini akan menjadi sebuah masalah yang cukup serius. Demikianlah informasi yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Selalu tertarik akan sesuatu yang baru, Terobsesi untuk mengetahui perkembangan dunia, dan Selalu bercita-cita untuk sekses dengan usaha sendiri.

Leave a Reply