Penyebab Timbulnya Penyakit Amandel

Posted on

Tonsillitis ialah sebuah radang yang akan terjadi pada tonsil atau amandel. Kondisi yang seperti ini biasanya sering dialami oleh anak-anak.

Amandel adalah dua kelenjar kecil yang ada di dalam tenggorokan. Organ yang seperti ini berfungsi untuk pencegah infeksi, terutama untuk anak-anak. Seiring dengan berjalannya perkembangan umur, system untuk kekebalan tubuh mereka akan semakin kuat dan perlahan tugas amandel yang untuk penangkal infeksi akan menjadi tergantikan. Ketika peran amandel ini sudah tidak lagi dibutuhkan pada tubuh, kedua kelejar ini perlahan-lahan akan menyusut.

Penyebab dari tonsillitis ini sebagian besar adalah virus dan selebihnya dikarenakan oleh sebuah bakteri. Mereka yang sedang menderita tonsillitis akan mengalami sakit pada kepala, demam, nyeri pada ternggorokan ketika saat menelan, dan juga batuk. Gejala ini biasanya akan memulih dalam waktu kurang lebih 4 hari.

Walaupun sudah sebagian besar kasus tonsillitis tidak tergolong yang serius, namun kamu segeralah pergi ke dokter jika kamu atau si anak sudah mengalami gejala yang sudah berlangsung dari empat hari dan tidak ada tanda-tanda pemulihan atau sebuah gejala yang menjadi semakin parah yang akan membuat anda sama sekali tidak bisa makan atau mungkin kamu merasa kesulitan ketika bernafas.

Penyebab Radang Amandel

Perkiraan terjadinya radang amandel

Di dalam mendiagnosis tontilis, pertam dokter akan memeriksa pada bagian tenggorokan anda, sekaligus akan mengajukan sebuah pertanyaan yang berhubungan dengan yang anda rasakan.

Kalau tonsillitis disebabkan karena infeksi bakteri, biasanya gejala yang terjadi akan bisa berupa pembengkakan kelenjar getah bening di bagian tenggorokan, akan muncul bintik-bintik nanah di sekitar amandel, demam tapi tidak disertai dengan batuk. Sedangkan jika tontilitis ini disebabkan karena infeksi virus, biasanya gejala yang terjadi bisa lebih ringan daripada infeksi bakteri, namun hal ini akan disertai dengan batuk dan pilek.

Cobalah untuk mengetes lebih lanjut di laboratium, seperti melakukan tes darah, biasanya hal ini dibutuhkan oleh dokter untuk memastikan apakah pasien menderita kondisi yang lainnya, misalnya demam kelenjar. Tes pada laboratium dilakukan untuk pasien yang memiliki risiko tinggi, contohnya system kekebalan tubuhnya yang rendah.

Cara pengobatan dan pencegahan pada radang amandel

Sebagian besar dari kasus tonsillitis bisa sembuh dalam waktu satu minggu. Tidak ada obat khusus untuk menangani penyakit ini. Obat yang biasanya diberikan untuk meringankan gejala, seperti ibuprofen atau paracetamol yang untuk Pereda rasa sakit. Jika tonsillitis dikarenakan oleh bakteri, maka antibiotic bisa gunakannya. Selain menggunakan obat, pemulihan ini juga bisa ditunjang dengan beristirahat yang cukup dan minum yang banyak.

Pada kasus yang seperti ini yang termasuk golongan parah dan akan sering kambuh. Biasanya dokters akan melakukan operasi pengangkatan amandel dalam mengatasi hal ini.

Tontilitis atau radang amandel juga bisa di cegah. Pencegahannya bisa dengan mencuci tangan ketika sebelum makan dan setelah kamu dari toilet, memakai tisu untuk menutup mulut dan hidung ketika batuk dan pilek, dan memakailah masker ketika berada di tempat yang umum.

Gejala dari radang amandel

Gejala amandel ini biasanya akan pulih dalam rentan waktu kurang lebih tiga hingga empat hari. Gejala ini meliputi:

  • Sakit pada tenggorokan
  • Kesulitan atau merasa ketika akan menelan
  • Nyeri pada telinga
  • Merasa mual
  • Sakit pada kepala
  • Batuk
  • Merasa lelah
  • Sakit pada bagian perut, terutama untuk anak-anak
  • Demam
  • Perubahan atau akan kehilangan suara
  • Pembengkakan pada kelenjar getah bening di leher
  • Akan muncuk bitnik nanah pada bagian amandel
  • Pernafasan yang bau

Pada kasus yang seperti ini akan disebabkan oleh infeksi virus, seperti virus dari pilek atau flu. Terkadang gejalanya akan menjadi lebih ringan daripada tonsillitis yang dikarenakan oleh infeksi bakteri seperti bakteri streptococcal.

Coba kamu kenali gejala tonsillitis yang ada pada anak-anak, meskipun merasa ini tidak dapat menggambarkan rasa sakit yang sedang mereka derita. Anda juga bisa mencurigai anak anda ketika terkena tonsillitis jika mereka:

  • Mulai rewel
  • Menolak ketika akan makan
  • Merasakan sakit ketika akan menelan
  • Terus menerus mengeluar air liur
Gravatar Image
Saya memiliki imajinasi yang cukup tinggi dan saya memiliki cita-cita untuk menjadi pengusaha muda. Selain itu saya juga memiliki keinginan untuk memberikan yang terbaik untuk ayah dan ibu.

Leave a Reply