Vitamin Buah Pepaya Bermanfaat Bagi Kesehatan

Vitamin Buah Pepaya Bermanfaat Bagi Kesehatan

Posted on

Orang Indonesia pasti sudah mengenal buah ini karena di Negara Indonesia sendiri papaya banyak sekali tumbuh. Buah yang memiliki nama latin carica papaya ini juga terkenal bagi masyarakat di seluruh dunia seperti Australia yang menebutnya dengan paw paw. Buah ini dipercaya sebagai tanaman untuk obat di seluruh dunia.  Banyak vitamin yang terdapat dalam buah papaya sehingga menjadikannya memiliki banyak khasiat pula bagi kesehatan. Tidak hanya buahnya yang bermanfaat hampir seluruh bagian tanaman buah papaya bisa dijadikan obat. Namun, yang paling umum digunakan adalah buahnya yang lezat dan manis.

Karena buahnya yang enak untuk disantap, manfaat bagian tanaman papaya ini juga bisa dijadikan sebagai olahan makanan dan bahan untuk membuat obat. Menyantapbuahnya pasti sudah sering, bagaimana dengan bagian lain dari tanaman ini apa kamu sudah pernah memanfaatkannya? Tanaman ini juga bermanfaat untuk bahan obat mulai dari bagian akar, daun, buah hingga bijinya. Kehebatan buah papaya adalah memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dari pada jeruk. Buah yang menjadi sumber gizi ini dapat mudah ditemukan di supermarket atau pasar tradisional atau bahkan memetiknya langsung dari pohonnya jika kamu punya, harganya juga relatif murah.

Berikut adalah beberapa kandungan vitamin buah papaya dan manfaatnya untuk kesehatan:

  • Yang pertama, di dalam buah papaya terkandung bermacam-macam enzim, mineral dan vitamin. kandungan hebat dari buah ini adalah vitamin A yang jauh lebih banyak dibandingkan wortel. Dan kehebatan lainnya adalah kandungan vitamin C yang juga lebih tinggi dibandingkan buah jeruk. Selain kaya vitamin A dan C, buah papaya juga kaya dengan vitamin E dan B kompleks.
  • Enzim yang aktif dan mampu mempercepat proses pencernaan protein atau biasa disebut enzim papain juga terkandung banyak dalam buah papaya. Masalah utama yang paling sering dihadapi orang dalam kehidupan sehari-hari adalah pola makan dan mencerna protein. Tubuh manusia memang memiliki keterbatasan utnuk mencerna makanan yang dikonsumsi, hal ini disebabkan karena asam hidroklorat yang dikeluarkan di lambung kurang.
  • Karena kadar protein dalam buah papaya tidak terlalu tinggi yaitu sekitar 4-6 gram saja per kilogram dari berat buah. Namun, hampir seluruhnya dapat dicerna dan diserap oleh tubuh meskipun jumlahnya sedikit. Kemampuan enzim papain mencerna zat sampai 35 kali lebih besar dari ukurannya mempengaruhi daya serap protein dalam tubuh. Sehingga, hal ini menjadikan kita untuk lebih pintar memilih makanan. Karena belum tentu makanan yang mengandung protein tinggi bermanfaat bagi tubuh.
  • Kandungan papain juga bermanfaat untuk mencegah penyakit yang timbul akibat masalah pencernaan seperti tekanan darah tinggi, radang sendi, susah buang air besar, kencing manis dan epilepsy. Penyakit-penyakit tersebut muncul akibat proses pencernaan yang tidak sempurna. Memang sulit untuk mencegahnya mucul, namun setidaknya bisa dicegah dan meminimalkan dampak negatifnya. Karena papain bisa membantu melancarkan proses pencernaan.
  • Selain bermanfaat untuk membantu melancarkan proses pencernaan makanan yang lebih baik, papain juga memiliki fungsi lain bagi tubuh yaitu mampu mengeluarkan racun dalam tubuh, sehingga kekebalan tubuh menjadi meningkat karena ini. Papain banyak terdapat hampir diseluruh bagian buah yaitu terdapat di kulit buah, daging buah bahkan biji buah.
  • Papaya juga memiliki fungsi lain yang bermanfaat di luar tubuh. Papaya biasa digunakan untuk bahan pengempuk daging untuk membuat sate atau lainnya.. Dari sini, kita jadi tahu bahwa enzim papain juga mampu memecah serat daging sehingga mudah dicerna oleh tubuh. Dengan begitu, proses pencernaan lemak dan karbohidrat jadi lebih cepat.
  • sifat papaya yang antiseptic dapat dikonsumsi untuk mencegah perkembangbiakan bakteri. Bakteri yang dapat merugikan usus dapat dicegah perkembangbiakannya dengan makan papaya. Papaya mampu menormalkan pH usus.

Demikian adalah beberapa vitamin buah papaya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Meskipun ada sebagian orang yang tidak menyukai buah ini, dengan mengetahui manfaatna mungkin bisa jadi suka.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply