failosofi batik
batik yang mendunia

Filosofi Batik Indonesia yang Mendunia

Posted on
filosofi-batik
filosofi batik indonesia yang mendunia

Batik adalah salah satu warisan nusantara Indonesia, batik Indonesia sudah terkenal sampai keluar negeri, bahkan kini batik sudah di akui UNESCO, sebagai warisan dunia yang harus di kembangkan dan harus di lestarikan, karena keindahanya batik Indonesia sampai-sampai Malaysia mengaku ngaku bahwa batik itu dari Malaysia, ini menunjukan bahwa anak bangsa Indonesia harus betul betul mempertahankanya agar Negara lain tidak mampu untuk mengakuinya.

Batik sudah ada sejak tahun 16 masehi, nenek moyang Indonesia dulu membuat corak-corak di batu-batu goa, di kulit-kulit binatang dan di daun-daun, kemudian penemu corak-corak meneliti dan membuat ulang corak-corak itu, sehingga jika di lihat seperti seni kreasi yang indah, batik terus di lestarikan turun temurun kepada anak cucunya.

Sampai sekarang batik berkembang dan sekarang ada 2 model batik, yaitu batik tulis dan batik cap, jual beli batik tulis lebih mahal dari pada batik cap , karena proses pembuatan batik tulis lebih lama dan lebih susah pembuatanya, biasanya batik tulis di buat oleh ibu-ibu,pertama mereka membuat pola di atas kain, lalu di tebali dengan molen yang sudah di panaskan, setelah selesai menebali , kain di biarkan mengering lalu di celupkan pada warna yang di inginkan, setelah di celupkan kain di masukkan ke dalam dandang gede yang berisi air panas, tujuanya agar melepaskan lilin pada kain,Setelah itu kain dikeringkan. Yang kedua yaitu batik cap , pembuatan batik cap lebih mudah, biasanya sudah ada cap yang di beri warna  lalu di tempelkan pada kain, lalu di keringkan.

Batik sekarang sudah menyebar di seluruh Indonesia dan setiap  daerah memiliki ciri khas masing-masing seperti batik kabupaten tuban yang memiliki ciri khas 2 merak biru dan kuda, batik pekalongan yang memiliki ciri khas kalong dan lain-lain, bahkan jual beli batik sudah sampai luar negeri , banyak artis-artis hooliwod memakai batik , batik juga bisa di dominasikan dengan bahan lain, seperti batik dan katun yang di jahit menjadi satu, sehingga menghasilkan pakaian yang bagus. sekarang bati sudah menjadi trendi bagi dunia fashion.

Inilah keragaman budaya Indonesia, Indonesia Negara yang beribu ribu cerita, terima kasih atas perhatianya.

 

Gravatar Image
Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu "BISA DAN MAMPU". jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply