Pesona Masjid Raya Baiturrahman

6 kawasan wisata yang paling terkenal di Aceh

Posted on

Aceh sebelumnya disebut Nanggroe Aceh Darussalam pada tahun 2001- 2009 merupakan sebuah provisi yang berada di ujung Pulau Sumatra. Dan Aceh mempunyai otonomi yang telah diatur tersendiri, berbeda dengan provinsi lain yang ada di indonesia ini. Di sebelah utara, Aceh ini berbatasan dengan Sumatra Utara di sebelah tenggara dan selatan, Selat Malaka di sebelah timur, dan Teluk Benggala,  Samudra Hindia di sebelah barat.

  1. Pantai Iboih
Pesona Pantai Iboih
Pesona Pantai Iboih

Pantai Iboih merupakan salah satu pantai paling tercantik yang ada di sini. Pantai yang mempunyai pasir putih dan air lautnya yang begitu jernih dan berwarna biru cerah atau hijau toska. Pantai Iboih ini telah menawarkan keindahan dengan bawah laut yang bisa anda menikmati tanpa harus anda berenang sekalipun. Dan di sini anda dapat diving dan bersnorkeling. Pada saat anda sedang bersnorkeling, siap –siap anda terpesona dengan airnya yang sangatlah jernih.

  1. Air Terjun Blang Kolam
Pesona Air Terjun Blang Kolam
Pesona Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun Blang Kolam yang terletak di Desa Sidomulyo, Aceh Utara, dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit dari Lhoksemawe. Dan tempat wisata alam yang satu ini sayang sekali, jika anda lewatkan. Karena disini anda bisa melihat air terjun kembar setinggi 75 meter dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Dan di kawasan ini banyak sekali orang yang bermain air di sekitar air terjun. Di Air Terjun Blang Kolam ini anda dapat berkemah dan menikmati alam bebas hanya dengan tarif Rp. 5.000 per orang.

  1. Masjid Raya Baiturrahman
Pesona Masjid Raya Baiturrahman
Pesona Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman ini dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612 dan menjadi ikon Aceh. Masjid Raya Baiturrahman ini menjadi salah satu objek wisata religi di Aceh yang sangatlah ramai dikunjungi karena kemegahan dan keindahan yang di miliki Masjid Raya Baiturrahman itu sendiri. Dan pada bangunan utama pada Masjid yang berwarna putih ini dan dengan kubah hitam yang besar dan dikelilingi oleh tujuh menara.

  1. Danau Laut Tawar
Pesona Danau Laut Tawar
Pesona Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar ini merupakan sebuah danau dan danau ini yang terletak di Dataran Tinggi Gayo,di kabupaten Aceh Tengah, dan sebelah barat danau terdapat sebuah kota Takengon adalah ibukota dari kabupaten Aceh Tengah. Dan Suku yang telah mendiami daerah tersebut merupakan Suku Gayo. Dan danau ini dijuluki dengan sebutan Danau Lut Tawar. Danau ini mempunyai luas tanah sekitar 5.472 hektar, dan panjang 17 km, lebar 3.219 km. disebut Danau Laut Tawar karena wilayah perairan di danau ini sangatlah luas.

  1. Pantan Terong
Pesona Pantan Terong
Pesona Pantan Terong

Pantan Terong ini merupakan sebuah bukit biasa digunakan untuk menikmati keindahan dari atas sini. Dan tempat wisata ini terletak pada ketinggian sekitar 1830 meter dari atas permukaan laut. Dan jika anda ingin datang ke kawasan wisata ini jangan lupa membawa jaket dan baju hangat dikarenakan udara yang ada di sini sangatlah dingin. Anda bisa melihat Danau Laut Tawar yang sangat menyerupai kuali raksasa ini. Dan  selain itu juga anda dapat menikamti sunrise dan sunset dan pemandangan yang sangatlah indah.

  1. Museum Tsunami
Pesona Pada Museum Tsunami
Pesona Pada Museum Tsunami

Pada tahun 2004 Tsunami telah menerjang Aceh dan hanya menyisakan duka bagi para warga Aceh yang selamat pada saat itu. Dan untuk mengenang dan sekaligus untuk menghormati korban yang sudah meninggal dalam peristiwa Tsunami tersebut. Telah dibangun sebuah Museum Tsunami yang terletak di jalan Sultan Iskandar Muda pada tahun 2009. Dan terdapat sebuah lorong panjang dan ditambah dengan suara gemuruh ombak dan kucuran air pada sepanjang lorong yang akan mengingatkan anda pada bencana besar tersebut.

Leave a Reply