Investasi Akhirot Para Pencari Surga

Posted on

Investasi adalah sebuah istilah bentuk kegiatan yang dilakukan, diharapkan menguntungan pada masa depan. Investasi di dunia dapat berupa keuangan atau ekonomi, tapi untuk investasi akhirot berupa amalan yang kita jalankan selama di dunia. Bukan berupa uang melainkan pahala untuk bekal di akhirot nanti. Beramal adalah perilaku mulia di sisi Allah. Tujuan utama kita hudup di dunia adalah beribadah kepada Allah dan tujuan akhir hidup kita adalah masuk surga Allah.

Dengan godaan zaman sekarang sangat sulit bagi orang untuk memposisikan dirinya sebagai investasi akhirot. Dengan nafsu yang semakin menjadi membuat kita semakin terlena dengan duniawi. Investasi akhirot yang dapat kita lakukan adalah :

  1. Infak dan Shodaqoh

Infak adalah bentuk pengorbanan harta kita dalam menolong agama Allah (fii sabilillah). Infak digunakan untuk memperlancar kegiatan ibadah kepada Allah seperti membangun masjid, membeli sarana dan prasarana untuk pengajian dan masih banyak lagi. Pengertian shodaqoh sama dengan infak hanya berbeda pada kegiatannya. Infak hanya sebatas materi sedangan shodaqoh bersifat non materi. Maksud dari non materi adalah bisa dengan tenaga dan diri kita seperti dzikir, membantu orang lain semampu kita, menyingkirkan duri atau hal-hal berbahaya dari jalanan dan lain-lain.

  1. Berjuang di Jalan Allah (jihad)

Berjuang di jalan Allah seperti nabi yang mengajarkan ilmu Al-qur’an dan memerangi orang kafir. Untuk zaman sekarang biasa disebut dakwah dan memerangi hawa nafsu. Berdakwah dengan ceramah atau bisa juga menasihati orang yang berbuat salah, berusaha mengajak untuk beubah dan berbuat baik.

  1. Qurban

Menyembelih hewan Qurban merupakan ibadah sunnah yang pahalanya sangat besar. Yang dilakukan sebagai wujud syukur kepada Allah yang telah memberikan nikmat dan rizki kepada kita.

  1. Beramal Baik

Banyak sekali amalan-amalan baik dalam islam yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya. Janganlah terlalu fokus dengan urusan dunia, karena kita hidup di dunia hanya sementara. Carilah pahala sebanyak mungkin selama masih ada kesempatan. Ingatlah bahwa mati itu datangnya sewaktu-waktu. Perbanyaklah ibadah dan jangan lalai terutama ibadah wajib sholat lima waktu. Khisaban di akhirot yang pertama kali adalah sholat. Yang bisa kita amalkan setiap hari adalah membaca Al-Qur’an, berdzikir, beramal baik pada orang lain dan lain-lain.

Demikian beberapa investasi akhirot yang dapat dilakukan untuk memberatkan timbangan amal di akhirot nanti.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply