Penyebab Timbulnya Penyakit Herpes

Posted on

Penyakit herpes memiliki dua macam, yaitu herpes simpleks dan herpers zoster. Herpes simpleks kadang menyerang pada bibir dan mulut, ada juga herpes yang bersarang pada kelamin. Jika herpes zoster akan menyerang pada kulit badan di bagian mana saja. Pada umumnya herpes ini akan menyerang pada satu sisi tubuh. Penyebab dari herpes sendiri adalah virus herpes. Virus herpes ini akan menular, menyerupai seperti cacar. Virus ini berasal dari cacar herpes yang tersebar di udara, lalu masuk ke dalam tubuh melalui saluran pernapasan. Penularan penyebab herpes ini juga bisa melalui ketika bersentuhan secara langsung dengan cacar herpes atau bisa juga melalui berciuman. Sedangkan herpes yang ada di kelamin bisa menular jika berhubungan seks.

Penyakit herpes jika daya tahan anda menurun, seseorang akan menjadi mudah untuk terserang. Semakin buruk daya tahan tubuh kamu, maka akan semakin berat pula penyakitnya. Semakin tua usianya, pada umumnya akan semakin perah penyakit herpes yang sedang di derita.

Herpes simpleks ini menyerang pada bibir dan mulut, semua umur bisa terserang. Sedangkan untuk herpes simpleks pada umumnya akan menyerang pada orang yang dewasa. Demikian juga dengan herpes zoster. Kurang lebih sudah empat perlima orang yang di Amerika telah terserang herpes bibir dan juga mulut. Sekitar 50 juta penduduk di Amerika terserang herpes pada kelamin. Dua juta yang diantaranya tidak sadar jika telah mengidap penyakit herpes, karena tidak ada gejala. Sebagian besar herpes simpleks memang tidak menimbulkan gejala.

Penyebab dari penyakit herpes sendiri ini biasanya kambuh-kambuhan. Herpes akan muncul pada umumnya lebih ringan dibandingkan dengan herpes serangan yang pertama. Atau bisa juga muncul dengan tanpa ada gejala. Virus yang menjadi penyebab penyakit herpes zoster adalah berkerabat dengan virus cacar air. Yang dulu semasa kecilnya belum pernah terserang cacar air, ketika dewasa bisa jadi akan terserang herpes zoster jika kekebalan terhadap cacar air tidak di sempurnakan.

Herpes simpleks mulut dan juga bibir gambarannya akan menjadi khas. Di bibir akan tumbuh lenting-lenting bening sebesar kepala jarum pentul yang sedang bergerombol. Tumbuhnya biasanya berada di perbatasan selaput merah bibir dengan kulit. Kelihatan sedikit memerah. Awalnya gatal, setelah pecah akan menjadi perih. Herpes bibir yang sudah sembuh akan bisa kambuh lagi. Terkadang akan kambuh di tempat yang sama. Disertai dengan badan yang tidak enak, demam dan juga nyeri pada kepala.

Sedangkan untuk herpes yang ada di mulut ia seperti sariawan. Perbedaannya dengan sariawan, herpes mulut ini akan kambuh pada tempat yang sama. Jika kamu merasa sering sariawan di tempat yang sama, kemungkinan kamu sedang terserang herpes mulut. Herpes pada kelaminan menjadi lebih berat lagi. Pada seorang pria, cacar herpesnya akan tumbuh di kulit kulupnya, kepala penis, atau bisa juga pada leher penis. Sedangkan jika pada alat kelamin wanita akan tumbuh di bibir kemaluan, kulit bawah vagina, klitoris, bagian vagina dan bisa juga tumbuh pada leher Rahim. Herpes pada homoseks ini juga bisa tumbuh pada bagian dubur atau ujung usus besar. Pada seorang wanita nyeri herpes kelamin ini bisa menjadi luar biasa, mungkin jika kamu terserang akan tidak bisa berjalan atau menimbulkan gangguan pada kantung kemih.

Herpes zoster pada umumnya akan menyerang pada seisi tubuh. Jika sudah berat, mungkin akan menyerang pada dua sisi. Awal mulanya akan terasa capek, nyeri pada bagian tubuh yang akan muncul herpes. Pada beberapa kemudian pada kulitnya akan terasa menjadi panas dan juga pedih. Lalu pada bagian kulit akan terasa seperti tidak enak dengan warna kemerahan dengan lenting cacar herper sebesar kacang hijau yang bergerombol mirip dengan kulit yang melepuh terkena api. Herpes zoster ini juga bisa muncul pada bagian wajah, bola mata, leher dan bagian badan yang lainnya. Biasanya akan di sertai dengan demam, nyeri pada kepala, pegal linu.

Cara pencegahan penyakit herpes

hal yang kamu lakukan jika gejala yang ada diatas sudah mulai muncul ialah dengan melakukan tindakan pencegahan. Contohnya adalah tindakan yang pertama menjaga gelembung herpes tersebut agar tidak pecah. Dan jika gelembung tersebut sudah pecah maka biasanya kulit akan lebih mengalami infeksi. Dan jika kulit sudah mengalami infeksi, maka akan membuat kuman yang lainnya lebih mudah untuk masuk ke dalam kulit yang sedang mengalami infeksi tersebut. Cara yang baik adalah dengan cara menggunakan bedak gatal pada bagian tubuh yang sedang terserang virus herpes. Sebaiknya kamu tidak mandi terlebih dahulu untuk beberapa waktu, sebab jika kamu mandi akan menibulkan masalah yang shock pada tubuh. Hal ini di karenakan air yang dingin langsung bersentuhan dengan kulit yang sedang mengalami infeksi.

Gravatar Image
Saya memiliki imajinasi yang cukup tinggi dan saya memiliki cita-cita untuk menjadi pengusaha muda. Selain itu saya juga memiliki keinginan untuk memberikan yang terbaik untuk ayah dan ibu.

Leave a Reply