Cara Mengatasi Asam Lambung Yang Berlebihan

Cara Mengatasi Asam Lambung Yang Berlebihan

Posted on

Asam lambung sering naik sewaktu-waktu? Cara mengatasi penyakit ini sebenarnya sudah banyak diajarkan oleh nenek kita. Dengan menggunakan obat tradisional pun asam lambung bisa reda. Namun, obat-obat tersebut banyak yang menyepelekannya dan lebih memilih obat dokter yang mengandung kimia. Seandainya kamu tahu bahwa khasiat obat tradisional itu sangat ampuh. Allah sendiri juga pasti sudah menciptakan obat dari setiap penyakit. Penyakit maag atau asam lambung muncul dimana produksi asam lambung yang berlebihan. Rasa sakit karena asam lambung akan sangat menyiksa ketika asam lambung naik sampai ke kerongkongan. Untuk mengatasinya, kebanyakan orang jaman sekarang akan lebih memilih obat yang diproduksi dari pabrik yaitu obat-obatan kimia. Oba-batan kimia biasanya akan membuat kita malah kecanduan. Tapi, kalau obat tradisional atau herbal tentu saja alami tanpa bahan kimia dan khasiatna jauh lebih efektif dari obat buatan pabrik. Pernahkah kamu berpikir bahwa orang yang sakit parah seperti kanker ujung-ujungnya obat yang dicari adalah obat herbal.

Berikut adalah beberapa obat herbal yang dapat mengatasi sakit maag:

  1. Dengan Jahe

Selain bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, jahe ternyata juga bisa digunakan untuk menetralisir asam lambung yang meningkat. Dengan mengkonsumsi jahe 2-4 gram saja tidak lebih dengan dosis yang benar. Jika dosis yang dikonsumsi lebih dari 4 gram, maka asam lambung yang kamu derita akan lebih buruk. Dengan mengkonsumsi jahe perut akan terasa lebih hangat dan nyaman.

  1. Dengan Permen Karet

Memang kedengarannya sedikit aneh mengobati maag dengan permen karet. Mungkin kamu bertanya-tanya, namun dengan mengunyah permen karet maka produksi air liur kamu akan bertambah lebih banyak. Sehingga air liur tersebut yang akan masuk ke lambung dan menetralisir asam lambung yang meningkat. Seperti halnya air yang mentralkan apapun. Jangan remehkan permen karet sebelu kamu tahu manfaatnya.

  1. Dengan Lidah Buaya

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut, lidah buaya juga bermanfaat untuk mengobati asam lambung. Kamu bisa mengkonsumsinya dengan dijadikan jus. Minumlah jus lidah buaya saat kamu sakit maag setelah bangun tidur. Kemampuan lidah buaya adalah meredam inflamasi di dalam lambung. Selain bermanfaat untuk itu, mengkonsumsi jus lidah buaya juga bisa bermanfaat untuk melancarkan pencernaan yaitu buang air besar.

  1. Dengan Pisang

Pisang juga bisa menjadi zat yang bisa meredam produksi asam lambung yang meningkat secara berlebihan atau biasa disebut sebagai antasida. Maka dari itu, manfaat makan pisang adalah menyembuhkan sakit maag kamu. Mengkonsumsi buah pisang juga bisa melancarkan pencernaan. Namun, jika setelah mengkonsumsi pisang rasa sakit belu juga reda, kamu bisa mencari alternatif pengobatan lain.

  1. Dengan Baking Soda

Cara menyembuhkan sakit maag dengan baking soda juga sepertinya aneh. Namun sifat basa dari baking soda ternyata juga bisa menetralisir asam lambung yang meningkat. Mungkin kam juga bingung bagaimana caranya? Kamu bisa mencampurkan satu sendok the baking soda dengan segelas air. Setelah itu minumlah.

  1. Dengan Kunyit

Cara kali ini kamu perlu mempraktikan juga. Carnya dengan menyiapkan kunyit yang sudah dicincang dan direbus dengan satu setengah gelas air. Kemudian masaklah selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu saringlah dan minumlah. Jika perlu kamu boleh menambahkan madu atau gula merah agar rasanya lebih sedap lagi. Sebenarnya ada beberapa cara untuk menyajikan obat ini. Jika ingin cara yang lebih simpel, kamu bisa menumbuk kunyit tersebut sampai halus dan menjadi bubuk yang kering. Kemudian kamu konsumsi dengan menyeduhnya. Minuman herbal ini bisa menyehatkan lambung.

Demikian adalah beberapa cara mengatasi asam lambung yang berlebihan. Semoga kamu bisa mempraktikannya dan bermanfaat.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply