Dampak Negatif dalam Bermain Game

Posted on

Ketika seseorang sudah memainkan game online sebenarnya permainan itu akan memberikan banyak sekali manfaat bagi para penggunanya. Namunm pada saat ini banyak orang yang sudah menjadi pencandu berat permainan tersebut sehingga ia menyalahgunakan. Apalagi pada anak-anak dan para remaja, game online yang sudah dimainkan dengan secara berlebihan akan berdampak sangat merugikan. Perlu sebuah ketegasan dari orangtua dalam mengontrol kegemaran anak mereka dalam memainkan permainan online. Sudah dikutip dari berbagai sumber, berikut ini lah beberapa dampak negative dari game online yang dimainkan dengan tidak sesuai porsinya. Diantara lain:

Kurangnya tidur

Ketika sudah bermain game online, kita akan sering melupakan kebutuhan primer yang satu ini. Akibatnya dari dampak negative bermain game salah satunya adalah kekurangan tidur, kita akan merasa kehilangan ngantuk pada saat sudah terlalu asyik memainkan sebuah game.

Hidup menjadi kotor

Kalau pengalaman yang seperti ini, saya mendapatkan dari beberapa tempat rental game yang kebanyakan memang para pemain yang ada di situ selalu membuang sampah di tempat yang sembarangan. Entah itu sampah bekas jajanan ataupun putung rokok dan juga abunya. Tidak hanya ditempat rental, secara pribadi bermain game juga akan menjadi dampak yang negative. Orang akan menjadi malas mandi, mungkin karena ia merasa lebih baik waktunya digunakan bermain game saja.

Lebih mengasingkan diri

Ketika sudah mengasingkan diri, mungkin ini adalah salah satu dari dampak negative bermain game. Para gamer akan menjadi melas ketika berkomunikasi kecuali lawan komunikasinya adalah lawan main atau setaranya. Mereka juga akan merasa malas bersosial apalagi hanya sekedar menengok tetangga. Bahkan ia akan berpikir kedekatannya dengan para tokoh game maya itu akan menjadi lebih mengasikkan.

Menjadi depresi

Hal ini lah yang menjadi sangat di kawatirkan, kerena para pemain game tidak akan merasa depresi di awal kedepresiannya, mereka akan benar-benar tidak mengetahui penyebabnya sama sekali. Rasa yang seperti ini akan muncul sejalan dengan diperbudaknya para pemain game akan bermain game kesukaannya. Dimanapun dan kemanapun mereka akan terbayang dengan game.

Akan merasakan stress

Mungkin ketika kita bermain game akan membuat sebuah adrenalin yang meningkat atau kita akan menang dan akan terlalu gembira itu juga akan berdampak negative sekali, kita akan menjadi terasa stress karena game tersebut. Kedua, seseorang perlahan demi perlahan akan merasa bahwa hidupnya menjadi kacau karena sebuah game online. Inilah salah satu dari penyebab stress. Jalan satu-satunya cara agar orang tersebut tidak stress adalah membiarkan bermain game dan melupakan waktu.

Carpal tunnel syndrome dan arthritis

Kedua penyakit ini adalah sebuah penyakit fisik. Game online akan menyebabkan masalah pada jempol seseorang pada kemudian hari. Tubuhnya juga akan gampang terserang penyakit osteoarthritis. Sedangkan penyakit carpal tunnel syndrome adalah penyakit yang menekan pada saraf di pergelangan tangan.

Bisa menghilangkan nafsu makan

Tidak perlu berpikir panjang dan lebar, para pemain game akan sulit untuk disuruh makan, seakan-akan ia tidak merasakan lapar. Jadwal makan menjadi tidak terartur. Bahkan survey sudah membuktikan, bahwa para pemain game ini lebih memilih makanan cepat saji yang kurang gizi dan juga karbohidrat.

Menjadi agresif

Sudah terlalu berambisi bisa memenangkan suatu permainan bisa membuat para pemain game menjadi sangat agresif dan juga ambisius, hal ini akan membawanya pada dunia yang nyata. Hal ini akan menyebabkan seseorang menampilkan sebuah pola perilaku agresif yang sudah tidak biasa. Contohnya, ia akan menjadi marah besar jika aktivitas bermain gamenya diganggu.

Kwalitas hidup menjadi menurun

Pecandu game online ini akan mencurahkan semua waktunya untuk lebih aktif pada bermain game. Dia akan hanya duduk atau berbaring dalam praktik kehidupan kesehariannya. Kebiasaan makan pun akan menjadi buruk dan kebiasaan tidur menjadi kacau. Ini lah menjadi penyebab mereka mudah terkena penyakit stoke, jantung dan juga hipertensi.

Gravatar Image
Saya memiliki imajinasi yang cukup tinggi dan saya memiliki cita-cita untuk menjadi pengusaha muda. Selain itu saya juga memiliki keinginan untuk memberikan yang terbaik untuk ayah dan ibu.

Leave a Reply