Hal-Hal Yang Harus Dilakukan Saat Jenuh Dalam Bekerja

Posted on

Rasa jenuh bisa muncul kapan saja seperti jenuh saat bekerja itu sudah menjadi hal yang wajar dan dering dirasakan. Banyak orang yang mengaku sering jenuh saat bekerja, hal itu biasanya terjadi karena kurang mengerti cara membagi keadaan dan suasana. Saat aktivitas kamu adat bahkan sampai lembur kerja, mungkin itu yang menjadi penyebab utama munculnya rasa jenuh dan penat. Pikiran yang terlalu dipaksa akan menjadikanmu lelah, tapi bukan berarti pekerjaan harus berhenti. Berikut ada beberapa hal yang harus kamu lakukan saat jenuh kerja. barangkali dengan melakukan cara ini, rasa jenuh jadi berkurang.

  1. Gunakan Waktu Libur Sebaik Mungkin

Dalam seminggu pasti ada hari yang memang khusus untuk libur seperti cuti dalam bekerja. Hari libur memang sudah direncanakan oleh oemimpin perusahan. Dan setiap atasan pasti memberikan waktu libur untuk bawahannya. Setiap hari bekerja asti membosankan, wajar kalau pekerjaan yang sama setiap hari membuat kita jenuh. Dan saat itu kamu harus pandai dalam memanfaatkan waktu libur. Kamu bisa menggunakan waktu libur tersebut untuk menghilangkan penat dengan istirahat, melakukan hobi atau jalan-jalan untuk refreshing.

  1. Manfaatkan Waktu Setelah Selasai Kerja

Tidak hanya pandai memanfaatkan waktu libur kerja, memanfaatkan waktu setelah ulang kerja juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan rasa jenuh. Kalau bisa, kamu jangan membawa pekerjaan pulang ke rumah, sebisa mungkin kamu selesaikan pekerjaan di kantor saja agar setelah pulang kamu tidak perlu memikirkan masalah kerjaan yang masih belum selesai. Setelah keluar dari kantor itu sudah menjadi waktu bebas kamu dari pekerjaan yang melelahkan. Saat itu kamu bebas melakukan kagiatan di luar pekerjaan seperti bersantai, jalan-jalan dan kumpul bareng teman-teman atau keluarga.

  1. Membuat Agenda Liburan

Buatlah agenda liburan agar kamu lebih semangat untuk segera menyelesaikan pekerjaan kemudian mendapat hari libur untuk melepaskan penat. Dengan cara seperti itu, kamu akan terus terpacu untuk menabung dan mengumpulkan uang demi kamu bisa berangkat liburan. Sehingga kamu jadi lebih semangat untuk bekerja. Akan lebih seru jika kamu mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah kamu kunjungi seperti tempat wisata baru. Agar kamu juga bisa mendapat pengalaman baru saat jalan-jalan. Pasti akan sangat menyenangkan dan tidak terlupakan bukan?

  1. Menekuni Pekerjaan dan Segera Menyelesaikannya

Tekunilah pekerjaan yang sesuai dengan passionmu dan segeralah kamu menyelesaikan pekerjaan itu. Jangan ditunda-tunda agar kamu sendiri juga tidak kepikiran. Boleh saja jika kamu hanya memiliki pekerjaan tetap, namun hal itu bukan menjadi halangan untuk kamu dalam mencari peluang pekerjaan lain. Biarpun kamu sudah bekerja dan setiap bulannya mendapat penghasilan yang tetap, kiamu juga tetap bisa mencari pekerjaan ke dua seperti berbisnis atau usaha yang kamu ininkan ssesuai hobi kamu. Barangkali usaha itu bisa sukses dan bisa kamu jalani sambil bekerja. Karena usaha ke dua sesuai dengan hobi maka, kamu jadi senang menjalankannya dan setidaknya bisa mengurangi rasa bosanmu walaupun sedikit.

  1. Cari Teman Kerja Yang Seru

Biasanya orang akan merasa bosan karena tidak ada teman disampingnya, mungkin kamu  juga merasa begitu. Namun, dengan hadirnya teman-teman yang menyenangkan tentunya bisa menghilangkan bosan. Kalau perlu, kamu bisa menjalin sebuah hubungan seperti persahabatan. Yang dia bisa menemanimu saat kamu jenuh, dia bisa membuatmu tertawa. Mungkin salah satu dari teman kamu ada yang humoris sehingga bisa menjadi penghibur. Jangan ragu untuk mengajak teman kerja ngobrol dan bercanda. Boleh saja melakukan hal seperti di sela-sela jam kerja.

  1. Ingat Visi dan Misi

Ingatlah kembali visi misi pekerjaanmu. Kamu akan bersahil suatu saat nanti. Tentu saja kam pasti pernah merasakan bosan yang sangat hebat sehingga kamu butuh waktu untuk istirahat dan berpikir sejenak. Dengan mengingat visi dan misi pekerjaan itu, kamu jadi harus menjadi pribadi yang punya pendirian yang berkualitas. Untuk itu semangat kerjamu akan kembali dengan mengingat tujuan kamu membangun usaha dan bekerja.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply