sehat di masa tua
Tetap Sehat Di Masa Tua

11 Tips Awet Muda

Posted on

Setiap hari manusia mengalami pertambahan usia dan menjadi semakin tua. Tua bukanlah pilihan, tapi merupakan sebuah ketetapan dan keharusan. Pertambahan usia memang tidak bisa dihindari, tapi ada beberapa cara untuk tetap sehat dan segar saat usia mulai menua:

1.Selalu Berpikir Positif

Hilangkanlah pemikiran bahwa “Orang Tua itu Tak Berguna” dari mainset anda. Menurut penelitian dari ilmuan, orang yang selalu berpikiran positif akan mendapat hasil tes kesehatan yang lebih baik daripada orang yang selalu berpikiran negatif. Orang yang berusia lanjut hendaknya berpikiran bahwa semakin bertambahnya usia, maka kebijaksanaan juga akan bertambah. Hilangkanlah anggapan-anggapan buruk tentang penuaan, hiduplah dengan pola hidup sehat dan selalu berpikir positif.

 2.Olah Raga Teratur

Rajin berolahraga akan meningkatkan kesehatan jantung, jantung yang sehat tentunya berpengaruh baik pada kesehatan. Orang yang berusia lanjut dengan kondisi jantung yang sehat lebih baik daripada anak muda yang kondisi jantungnya kurang baik karna jarang beraktivitas fisik.

3.Mengurangi Stress

Stress menjadi salah satu penyebab utama beberapa penyakit seperti darah tinggi, diabetes, penyakit kronis, dan lain-lain. Maka dari itu, agar anda selalu sehat dan jarang sakit, kurangilah tingkat stress anda.

4.Bersihkan Gigi Secara Rutin

Gigi yang bersih tentunya juga berpengaruh baik pada kesehatan.karna ada beberapa penyakit yang bersumber dari gigi yang kurang bersih. Gigi yang bersih juga akan berpengaruh baik pada penampilan anda, bau nafas juga akan berkurang karna gigi yang bersih.

5.Meditasi atau Yoga

Menurut penelitian, meditasi yang teratur dapat membuat kita terlihat lebih muda 5 sampai 10 tahun dari usia kita sebenarnya. Yoga juga dapat menghambat penuaan akibat pertambahan usia. Gerakan saat yoga atau meditasi dapat mengoksidasi sel-sel, membuang racun, dan membuat kulit semakin bercahaya. Lakukanlah yoga atau meditasi setidaknya dua kali seminggu agar anda senantiasa terlihat muda.

6.Berhenti Merokok

Menurut penelitian, merokok dapat menyebabkan penuaan dini dan kulit akan cepat keriput. Mulai dari sekarang hentikanlah kebiasaan merokok agar usia muda anda berlangsung lebih lama.

7.Makan Makanan yang Mengandung Antioksidan

Makanan yang mengandung  antioksidan adalah makanan anti penuaan. Makanan yang mengandung antioksidan memang terbukti dapat mengikat dan menetralkan radikal bebas, memperbaiki membran akibat oksidasi, dan menetralkan radikal bebas. Antioksidan juga dapat memproduksi kolagen yang dapat menghambat proses penuaan.

8.Tidur dengan Berkualitas dan Jangan Sering Begadang

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Medis Chicago menjabarkan bahwa kurang tidur tidak hanya menyebabkan kurang fit saat bangun, tapi tubuh juga akan rawan terkena  beberapa penyakit seperti diabetes, obesitas, hilang ingatan, dan hipertensi. Tidurlah selama 7 atau 8 jam sehari untuk memberi tubuh waktu beristirahat setelah lelah beraktifitas seharian dan agar tubuh, meregenerasi sel-sel. Tidurlah dengan berkualitas dan jangan sampai tidur dalam keadaan stress, tidurlah dalam keadaan gelap karna tubuh akan menghasilkan hormon melatonin yang baik bagi kekebalan tubuh dan menjaga tubuh dari kerusakan se-sel.

9.Selalu Jaga Kesehatan Kulit

Kulit yang sehat akan membuat kita tampil awet muda dan segar. Selalu jaga kesehatan kulit anda, jangan terlalu lama berada di bawah sinar matahari karna akan membuat kulit menjadi kering dan keriput. Gunakanlah beberapa macam masker wajah untuk menjaga kekencangan kulit dan kesehatan kulit.

10.Mandi Sebelum Subuh

Mandi sebelum datangnya waktu subuh ternyata membuat tubuh kita semakin sehat dan awet muda. Tak heran mengapa orang tua zaman dulu lebih kuat daripada orang tua zaman sekarang, karna orang tua zaman dulu merutinkan diri untuk mandi saat sebelum subuh atau saat sepertiga malam yang akhir. Menurut penelitian, makin pagi air yang kita gunakan untuk mandi, maka partikel alfa yang terdapat di dalamnya akan semakin besar. Partikel alfa ini memiliki energy yang dapat menguatkan tubuh.

11.Dapatkan Banyak Cinta dan Kasih Sayang

Para peneliti mengemukakan bahwa rasa bahagia dapat membuat usia muda kita menjadi lebih lama. Karna sentuhan cinta dan kasih sayang dapat melepas hormon oxytocin, yang dapat mengurangi stress dan kecemasan.

Incoming search terms:

  • juice buah
Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply