Tips Menghadapi Masalah Besar

Posted on

Setiap orang ditakdirkan dengan cobaan yang berbeda-beda. Dan Allah tidak membebani hamba-Nya pada cobaan yang tidak dapat dilalui oleh hamba itu sendiri. Ketika seseorang tengah menghadapi masa sulit seringkali dia merasa stress bahkan putus asa. Allah tidak akan mengubah takdir seorang hamba kecuali hamba itu mau berusaha mengubahnya sendiri. Semakin banyak cobaan seorang hamba berarti dia lebih sangat dicintai oleh Allah, maka bersyukurlah dan tetap sabar. Cobaan tidak datang hanya sekali, tapi berkali-kali. Ketika Allah menguji seorang hamba dan hamba itu mampu melaluinya, cobaan selanjutnya akan datang lagi.

Sebenarnya setiap orang punya tips sendiri-sendiri dalam menghadapi cobaan. Namun, ada juga yang tidak mampu menyelesaikan masalahnya sendiri. Masalah besar bisa menjadi sebuah teguran dari Allah, agar kita ingat dan lebih dekat dengan Allah karena mngkin selama ini kita melupakan-Nya. Kunci dalam menghadapi masalah besar adalah tergantung pada sikap kita ketika menghadapi masalah.

Cara pertama yang harus kita lakukan ketika menghadapi masalah adalah memotivasi diri dengan mengatakan pada masalah itu “Hai masalah besar, aku punya Tuhan yang lebih besar”. Yakinlah bahwa kamu tak akan kalah dengan masalahmu sendiri. Jangan mau dikalahkan dengan masalah yang mungkin kamu buat sendiri. Kamu yang memulai kamu yang mengakhiri.  Jangan lakukan kesalahan yang sama lagi, hindari hal-hal yang memicu masalah itu semakin besar. Kesalahan yang sering dilakukan saat menghadapi masalah adalah panik. Jangan terlalu panik, tetaplah tenang dan pikirkan jalan keluarnya. Panik bisa mengakibatkan orang sampai sakit karena memikrkan masalahnya sendiri yang tidak selesai-selesai. Panik tidak akan memberikan soslusi. Dan jangan membebankan masalahmu pada orang lain.

Jika solusi belum ditemkan dan tuntutan masalah saangat besar bahkan mengancam kamu. Tetaplah tenang dan jangan panik. Percayalah kamu mampu menghadapi masalahmu, ingat janji Allah akan mengubah takdir hamba-Nya jika dia mau berusaha mengubahnya. Tetaplah memotivasi dirimu dengan berkata “Insyaallah aku sanggup”. Ketika masalahmu belum juga berakhir dan usahamu berkali-kali gagal jangan mengeluh teruslah bangkit. Ini bukan masalah waktu tapi sikapmu. Semakin cepat kamu mendapatkan solusi lain, semakin cepat pula masalahmu teratasi.

Jangan berharap akan dikasihani oleh orang lain, itu akan membuatmu dipandang lemah. Bukan orang lain yang dapat mambentumu, tapi Allah yang akan membantumu. Saya ingatkan sekali lagi, orang lain punya urusan masing-masih. Jangan berharap bantuan orang lain, itu hanya membuang waktumu. Kamu harus tetap berusaha, sabar dan berdo’a. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya. “Sesungguhnya Allah itu bersama orang-orang yang sabar”.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply