Cara mudah dan efektif menyembuhkan gusi bengkak
Cara Mudah dan Efektif Menyembuhkan Gusi Bengkak

Cara Mudah dan Efektif Menyembuhkan Gusi Bengkak

Posted on

Bagi anda yang saat ini sedang atau sering mengalami gusi bengkak, informasi dari Gedubar mengenai cara mudah dan efektif menyembuhkan gusi bengkak ini mungkin akan sangat berguna bagi anda. Gusi adalah jaringan utama penyangga gigi yang di dalamnya terdapat pembuluh darah yang kecil-kecil. Sehingga apabila gusi mengalami gangguan maka gigi dan kepala juga akan terasa sakit. Gusi bengkak merupakan pertanda terjadinya proses peradangan pada gusi tersebut yang pada umunya ditandai dengan warna daerah gusi bengkak tersebut lebih merah daripada warna daerah gusi di sekitarnya, gusi juga terkihat lebih menonjol,  terkadang terdapat warna kuning di ujungnya (pertanda bahwa ada nanah pada bagian gusi tersebut), dan biasanya bagian gusi tersebut menjadi mudah mengeluarkan darah.

Gusi yang mengalami pembengkakan terkadang juga akan berpengaruh pada area pipi, sehingga wajah akan tampak tidak simetris dan tentunya berpengaruh buruk pada penampilan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan gusi bengkak, namun yang paling umum terjadi adalah karna masuknya bakteri atau kuman ke dalam mulut sehingga mneyebabkan peradanga pada gusi. Masuknya kuman atau bakteri ke dalam mulut dipicu oleh mengkonsumsi makana yang kurang bersih serta kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut. Selain karna faktor perubahan hormon saat masa kehamilan, alergi, kekurangan vitamnin C, stress, mengkonsumsi makanan yang terlalu manis, dan efek penggunaan kawat gigi juga menjadi faktor penyebab gigi bengkak.

Menderita gusi bengkak pastinya akan sangat menyiksa dan mengganggu aktivitas anda sehari-hari. Oleh karna itu, jika gusi anda mulai bengkak maka anda harus segera menanganinya dengan berbagai cara mudah dan efektif berikut:

  1. Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih adalah jenis tanaman yang kaya akan manfaat dan dikenal sebagai tanaman yang mengandung antibiotik alami. Dalam kehidupan sehari-hari bawang putih biasa digunakan untuk bumbu masakan, sehingga anda akan sangat mudah menemui tanaman yang satu ini. Cara untuk mengobati gusi bengkak menggunakan bawang putih adalah dengan menghaluskan 2 siung bawang putih, setelah halus oles-oleskan pada bagian gusi anda yang ebngkak, tunggu beberapa saat kemudian berkumurlah untuk menghilangkan bau bawang putih dari mulut anda.

  1. Memperbanyak Asupan Vitamin C

Seperti yang telah dijelaskan di atas, salah satu faktor penyebab gusi bengkak adalah kekurangan asupan vitamin C. Oleh karna itu, cara yang paling efektif dan mudah untuk menyembuhkan gusi bengkak adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi buah yang mengandug banyak vitamin seperti tomat, eruk, kiwi, stroberi, dan mangga.

  1. Pijatan Pada Gusi

Cara mudah dan efektif menyembuhkan gusi bengkak berikutnya adalah dengan melakukan pijatan pada gusi. Gunakanlah jari telunjuk anda untuk memijat gusi, dan sebelum mulai memijat pastikan bahwa jari dan kuku tangan anda benar-benar bersih. Masukkan jari anda ke dalam mulut lalu mulailah memijat bagian gusi anda dengan arah melingkar,pijatlah dengan lembut dan perlahan agar gusi anda tidak mengalami cidera. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukanlah cara ini secara rutin dan teratur.

  1. Larutan Air Garam

Kandungan natrium dalam larutan air garam cukup efektif untuk meredakan radang pada gusi. Cara membuatnya sangat mudah yaitu dengan mencampurkan 1 sendok teh garam dengan satu gelas air hangat, aduk sampai tercampur rata. Gunakanlah larutan garam ini untuk berkumur secara rutin yaitu 3 kali sehari sampai gusi anda yang bengkak mulai membaik.

  1. Kompres Dengan Air Hangat

Basahi sebuah handuk kecil dengan air hangat, lalu tempelkan pada bagian gusi yang bengkak, tunggulah beberapa saat lalu ulangi cara ini sampai beberapa menit. Cara ini terbilang cukup efektif untuk menyembuhkan gusi yang bengkak karna dapat merelaksasikan syaraf dan pembuluh darah di area gusi yang bengkak.

  1. Minyak Cengkeh

Cengkeh merupakan salah satu jenis tanaman yang terkenal akan khasiatnya sebagai anti-bakteri dan anti-inflamasi, sehingga minyak yang terkandung di dalamnya dapat digunakan untuk menyembuhkan gusi yang bengkak. Cara membuat minyak cengkeh adalah siapkan segenggam cengkeh lalu tumbuk sampai halus, tambahkan beberapa tetes minyak zaitun. Oleskan minyak tersebut pada bagian gusi anda yang bengkak. Lalukan cara ini secara rutin 2 kali sehari agar gusi bengkak anda cepat sembuh.

  1. Ramuan Daun Sirih

Zat anti-septik alami yang terkandung di dalamnya lah yang membuat daun sirih ini dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi gusi bengkak. Cara membuatnya adalah siapkan beberapa lembar daun sirih yang sudah dicuci kemudian amsukkan ke dalam wadah yang berisi 2 gelas air. Masukkan juga 1 ruas kunyit dan 1 sendok garam dapur ke dalam wadah tersebut. Masak semua bahan tersebut sampai airnya hanya tersisa 1 gelas saja, setelah itu angkat dan tunggulah sampai ramuan tersebut dingin lalu gunakan untuk berkumur secara rutin 2 kali sehari.

  1. Baking Soda

Baking soda atau yang dalam bahasa ilmiahnya disebut sodium bikarbonat yang biasanya digunakan untuk bahan membuat kue ternyata juga dapat digunakan untuk menyembuhkan gusi yang bengkak. Cara membuat obat dari baking soda yaitu masukkan sat sendok baking soda ke dalam satu gelas air hangat, lalu aduk sampai tercampur rata. Setelah itu gunakan air campuran tersebut untuk berkumur-kumur , lakukan cara ini secara rutin 2 kali sehari.

Selain melakukan beberapa cara di atas, untuk mempercepat penyembuhan gusi bengkak anda dianjurkan untuk menghindari hal-hal yang yang dapat menyebabkan gusi bengkak seperti kebiasaan mengkonsumsi alkohol dan merokok. Dan yang paling penting adalah selalu jagalah kebersihan gigi dan mulut anda agar tidak ada kuman atau bakteri dalam mulut anda yang dapat menyebabkan gusi bengkak.

Semoga bermanfaat!

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply