Fungsi Ctrl
Inilah Fungsi Ctrl Pada Keyboard

Inilah Fungsi Ctrl Pada Keyboard

Posted on

Keyboard, sebetulnya berasal dari dua kata yaitu kata dari key yang artinya kunci dan board yang artinya papan dan yang namanya keyboard yaitu berupa alat yang berbentuk papan yang ada padanya terdapat banyak kunci atau tombol dan diantaranya banyak tombol pada keyboard, terdapat satu tombol yang dapat dibilang keberadaannya sangatlah penting, sangat pentingnya tombol tersebut dibuat dua buah yang berada disebelah kanan dan kiri, ia yaitu tombol Ctrl.

Nama dari Ctrl adalah kependekan dari kata Control, yang sebagaian orang pada umumnya menyebutnya tombol tersebut sebutan dengan kata control, namun ada juga yang menyebutnya dengan sebutan Ce-te-er-el, pemendekan kata control yang menjadi Ctrl disebabkan salah satunya ukuran tombol pada keyboard tak terlalu besar, apa lagi pada notebook atau laptop mini, yang ukurannya tak lebih dari 1,5 cm.

Kombinasi Tombol Ctrl Yang Berfungsi Sebagai Shortcut.

Fungsi Ctrl
Kombinasi Tombol Ctrl yang Berfungsi Sebagai Shortcut

Shortcut, di dalam bahasa Indonesianya yang berarti kurang lebih atau jalan pintas, di dalam arti suatu aksi yang dilakukan oleh pengguna dengan menekan tombol yang tertentu dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaannya yaitu aksi tersebut, contohnya untuk menyeleksi semua file-file  yang ada pada suatu folder anda atau menyeleksi semua teks yang ada pada perangkat lunak anda, maka pengolah kata cukup hanya dengan menekan tombol Ctrl+A saja. Nah, ingin memperkaya referensi, berikut ini beberapa shorcut dengan kombinasi tombol Ctrl :

  • Ctrl + A atau Untuk Menyeleksi Semua Obyek atau Select All.

Dengan menekan Ctrl + A keduanya ditekan secara bersamaan yaitu shorcut untuk menyelesaikan semua obyek, maka yang terseleksi bisa teks, file, gambar dan lainnya. Kombinasi huruf A diambil dari nama aksi yang dilakukannya yaitu Select All, A dari awalan dari kata All. Kenapa tak Ctrl + S aja? S itu dari awalan kata Select, Sebeb Ctrl + S digunakan untuk shorcut aksi lainnya.

Pada banyaknya perangkat lunak seperti Office Word dan lainnya memberlakukan shortcut Ctrl + S untuk menyeimpan hasil kerja penggunanya contohnya Documents dan lainnya. Bahkan dapat dibilang semua perangkat lunak bisa menggunakan kombinasi tombol dari Ctrl + S yang sebagai shortcut untuk menyimpan atau S dari awalan kata save.

  • Ctrl + C Untuk Menyalin Obyek atau Copy.

Nah, telah jelas, fungsinya yaitu untuk menyalin atau menduplikasi obyek, yang tanpa shorcut pengguna diharuskan menyeleksi obyek terlebih dahulu, lalu klik kanan dan pilih Copy, akan tetapi dengan shorcut hanya cukup seleksi obyek yang ingin di duplikasi atau menyalin lalu tekan tombol Ctrl + C atau C dari awalan kata copy untuk menyalin obyek.

  • Ctrl + X Untuk Memotong Obyek atau Cut.

Shortcut inilah saya yakin telah familiar, akan tetapi ada yang unik dari kombinasi tombolnya yaitu menggunakan huruf X yang entah diambil dari kata apa, ya. Yang tentunya bukan C untuk cut sebab shortcut Ctrl + C telah digunakan untuk copy.

  • Ctrl + V Untuk Menempel Obyek atau Paste.
Fungsi Ctrl
Ctrl + V Untuk Menempel Obyek atau Paste.

Shortcut ini pula unik, kombinasi dari huruf V tak diambil dari awalan kata paste sebab kombinasi huruf P telah digunakan untuk shortcut dengan aksi lainnya.

  • Ctrl + P Untuk Mencetak atau Print.

Untuk mencetak, anda bisa langsung menekan tombol Ctrl + P pada perangkat lunak yang mendukung pada fitur tersebut.

Nah, anda perlu tahu tombol Ctrl + O untuk membuka obyek atau Open, Ctrl + N untuk membuat obyek baru atau New dan masih banyak lagi fungsi dari kombinasi tombol Ctrl tersebut.

Gravatar Image
Saya orangnya enggak suka terlalu cerewet. Suka menulis, ,membaca paling suka membaca tentang motivasi. Saya sering diajak curhat. Salah satu dari cita-cita saya ingin menjadi pengusaha muda yang sukses, dan tentunya ingin membahagiakan kedua orang tua. ingin lebih tau tentang saya.. ajak ngobrol atau temui saya.

Leave a Reply