7 macam buah untuk darah tinggi yang harus anda ketahui
7 Macam Buah Untuk Darah Tinggi yang Harus Anda Ketahui

7 Macam Buah Untuk Darah Tinggi yang Harus Anda Ketahui!

Posted on

Buah yang baik untuk penderita darah tinggi sebenarnya banyak tersedia di sekitar kita. darah tinggi atau yang biasa disebut dengan hipertensi merupakan suatu keadaan di mana tekanan darah seseorang lebih dari tekanan darah normal yaitu lebih dari 140/90 mmHg pada pengukuran tensinya. Penyakit darah tinggi dapat menyebabkan berbagi penyakit lain yang berbahaya seperti stroke, gagal ginjal, dan penyakit jantung. Gejala penyakit hipertensi yang sering dikeluhkan oleh penderitanya adalah tegang dan kaku pada tengkuk, sakit kepala, telinga berdenging, sering kesemutan, pandangan mata yang buram, dan rasa nyaman pada tubuh atau sering mudah lelah. Darah tinggi juga dapat digejalai dengan adanya pendarahan pada pembuluh darah tepi, seperti terjadinya mimisan.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan seseorang mengalami penyakit hipertensi, di antaranya adalah faktor genetik atau keturunan, obesitas atau berat badan yang berlebihan, pola makan yang banyak mengandung garam dan elmak, stress, dan ekbiasaan mengkonsumsi alkohol dan rokok. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa darah tinggi yang tidak segera diatasi dapat menyebabkan komplikasi yang lebih parah. Oleh sebab itulah, sebelum berakibat fatal darah tinggi sebaiknya ditangani lebih dini dengan cara mengkonsumsi beberapa buah berikut:

  1. Mentimun

Mentimun merupakan buah yang sering kita temui dalam rujak atau lalapan. Buha mentimun mengandung banyak kalium yang bersifat diuretik (mengeluarkan cairan dalam tubuh melalui urine) sehinnga sangat baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Mentimun juga merupakan salah satu buah yang tidak mengandung lemak jenuh sama sekali, sehingga juga sangat cocok untuk dijadikan menu makanan saat diet. Cara menurunkan tekanan darah menggunakan mentimun cukup mudah, yaitu dengan meyiapkan beberapa buah mentimun yang masih segar lalu cuci sampai bersih, kemudian blender sampai menjadi jus, anda juga dapat mengkonsumsinya secara langsung. Konsumsilah buha mentimun secara teratur 2 kali sehari.

  1. Mengkudu

Buah mengkudu atau yang biasa disebut dengan pace ini sudah sejak lama dikenal sebagai buah yang sangat ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Buah mengkudu juga biasa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk dijadikan bahan masakan. Mengkudu mengandung berbagi nutrisi baik seperti zat anti-bakteri, xereonine, asan arkobat, scopeletin, zat anti-kanker, dan terpenoid. Selain itu, mengkudu juga mengandung nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh seperti vitamin, beberapa mineral penting, dan protein. Untuk membuat ramuan buah mengkudu cukup mudah yaitu pertama siapkan 2 buah mengkudu yang sudah dikupas kulitnya dan dicuci bersih, kemudian blender buah mengkudu tersebut sampai halus. Lalu tambahkan satu sendok madu agar terasa manis, minum ramun ini secara teratur 2 kali sehari untuk menormalkan tekanan darah anda.

  1. Blimbing

Sama halnya dengan mentimun, buah blimbing merupakan salah satu buah yang kaya akan kalium yang dapat mengurangi cairan dalam tubuh melalui urine. Belimbing juga mengandung vitamin C yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Nutrisi lain dalam buah blimbing adalah karbohidrat, vitamin A, E, Dan K, serat, protein, zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, dan seng. Anda dapat memakan buah ini secara langsung untuk menurunkan tekanan darah anda.

  1. Blewah

Buah yang biasa digunakan sebagai bahan minuman segar ini ternyata juga merupakan buah yang dijadikan obat untuk penderita hipertensi karna banyak mengandung kalium dan potassium. Buah blewah juga mengandung berbagau nutrisi penting lain seperti protein, karbohidrat, vitamin A, B, C, fosfor, zat besi, kalsium, mangan, magnesium, lemak tak jenuh, zink, beta karoten, serat, dan senyawa antioksidan. Cara mengkonsumsi blewah untuk penderita hipertensi sangat mudah yaitu dengan mencampurkannya ke dalam es atau dengan memakannya secara langsung.

  1. Kersen

Kersen
Kersen

Mungkin di antara kita masih ada yang belum terlalu mengenal buah kersen dan manfaatnya. Tanaman kersen merupakan jenis tanaman peneduh yang biasanya sering kita jumpai di pinggir jalan. Dan seringkali buah kersen terbuang begitu saja tanpa ada yang memetiknya. Padahal, buah kersen mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh seperti vitamin C, karbohidrat, protein, karoten, tianin, niacin, kalsium, fosfor, riboflavin, dan beberapa zat penting lainnya. Untuk mengobati darah tinggi, anda dapat membuat jus buah kersen yang diminum secara rutin 2 kali sehari, atau anda juga dapat memakan buah ini secara langsung karna rasanya juga cukup enak.

  1. Semangka

Selain rasanya yang enak dan menyegarkan tenggorokan, jika anda mengkonsumsinya secara teratur maka tekanan darah anda akan menurun secara bertahap. Beberapa kandungan penting dalam buah semangka adalah magnesium, potassium, kalium, asam amino sitrulin, tembaga, likopen, karbohidrat, betakaroten, protein, vitamin A,C, E, zink, kalsium, dan lain-lain.

  1. Buah Naga

Buah naga terkenal sebagai buah yang mempunyai banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit dalam tubuh, dan salah satunya adalah darah tinggi. Saat ini buah naga sudah banyak dikembangkan dan didbudidayakan di Indonesia sehingga dapat dengan mudah anda temui di pasar-pasar tradisional maupun di supermarket besar. Konsumsilah buah naga secara rutin dan teratur dengan cara dijadikan jus atau dimakan secara langsung. Buah naga mengandung kalori, karbohidrat, protein, zat besi, serat, kalsium, fosfor, vitamin C, B1, B3, B12, zat antioksidan, dan berbagai mineral penting lainnya

Semoga bermanfaat!

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply