Kasih Rindu Anak Rantauan yang Jauh Dengan Orang Tua

Posted on

Bagaimana perasaanmu ketika jarak sedang memisahkanmu? Apalagi berpisah dengan orang tua? Mungkin kalian baru merasakan ini, tapi tidak dengan kami yang sudah terbiasa merasakan ini. Sering sekali rasa kerinduan dan kesendirian menyikapi suasana kami layaknya orang yang kesepian, padahal sejatinya kami disini masih memiliki banyak teman, sahabat atau orang orang yang berdekatan dengan tempat tinggal kami. Tapi, datanglah suatu masa dimana kami tak dapat merasakan keramaian disekitar kami, padahal dunia sekitar tetaplah sama seperti dulu tak ada yang berbeda, tapi entah mengapa pikiran dan hati ini lebih terfokus pada sebuah hal yang tiba-tiba datang dan membuat kami kesepian.

Mungkin kalian akan lebih akrab dengan kesepian namun masih sering merasakan kebersamaan, walaupun kebersamaan kalian bukanlah hasil pemberian orang namun kebersamaan yang akan kalian rasakan nanti adalah kebersamaan hasil kerja sama kalian. Apakah kalian sudah merasakannya, bagaimana rasanya jauh dengan orang tua? Mungkin tak seharusnya mereka tau, bahwa kami sangat merindukan kehadiran mereka disini, namun kerinduan ini tak pernah kamu keluhkan kepada mereka, sebab kami pun tau mereka disana tidak hanya bersenang-senang. Sepantasnya kalian tau, bahwa nanti jika kalian sudah merasakan bagaimana rasanya menjadi anak rantauan seperti kami sebaiknya jangan pernah kalian menceritakan hal hal yang buruk yang sedang kalian alami sekarang di rantauan, ceritakanlah hal hal baik yang membuat mereka bahagia mendengar kabar kalian, cobalah berfikir jika kalian mempunyai waktu singkat di dunia ini pasti kalian akan menggunakannya untuk bersenang senang bukan? Sama halnya dengan sekarang, ketika kalian memiliki waktu untuk bertemu mereka, katakan saja bahwa kalian baik baik saja dan ceritakan hal baik kalian, cukup tutupilah hal buruk yang telah menimpa kalian, biarkan waktu yang akan membuka semuanya, jangan biarkan pikiran mereka nanti terpenuhi dengan keluh kesah kalian di rantauan.

Bu, walaupun jarak telah memisahkan kita. Aku pasti akan membahagiakanmu dan aku percaya bahwa doa disetiap sujudmulah yang akan menemaniku.

Aku janji, aku akan membahagiakanmu bu

Jauh dari orang tua bukanlah sesuatu hal yang sangat mudah, namun sudah dapat dipercaya bahwa ketika kalian sedang jauh dengan orang tua kalian justru kalian akan merasakan kedekatan yang tidak seperti biasanya, hati kalian akan terasa lebih dekat dengan mereka. Apalagi seorang ibu, pasti orang yang paling kalian rindukan adalah ibu. Entah bagaimana hal ini terjadi, mungkin memang inilah keistimewaan seorang wanita. Perlu kalian tau, ibu kalian adalah orang yang memiliki batin terkuat pada anak anaknya, pasti ibu akan merasakan apa yang sedang anaknya rasakan sekarang.

Sedih? Pasti! Tapi, ingatlah kesendirian dan kesepian adalah salah satu bagian dari perjuangan.

Sendiri? itulah perjuangan

Mungkin sekarang aku merindu, tapi nanti kerinduanku akan kubayar dengan kesuksesanku.

Akan kubayar dengan kesuksesanku

Menahan rindu didalam sepi dan kesendirian adalah hal yang sudah sangat biasa bagi kami, namun sebiasa apapun rindu tersebut tetap kami tak dapat menaklukannya. Mungkin inilah salah satu perjuangan untuk menggapai sebuah kesuksesan dan kami percaya bahwa kerinduan ini akan terbayar sudah ketika kamu pulang menuju kampung halaman dengan membawa sebuah kesuksesan hasil perjuangan kami.

Ayah ibu, ketahuilah bahwa aku sudah memiliki mental tangguh.

Menjadikanku lebih tangguh

Mungkin tanpa mereka sadari kami yang dulunya lemah akan berubah menjadi tangguh, bagaimana ini tidak terjadi? Semua permasalahan kami pendam tak pernah kami ceritakan pada mereka, semua konflik kami hadapi sendiri, rasa kerinduan yang dahsyat pun sudah mampu kami taklukkan dan ketahuilah kemandirian adalah makanan sehari hari kami. Menjadi tegar dan tangguh bukanlah kewajibah melainkan kejadian yang telah membuat kami menjadi seperti ini.

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply