Kenalilah Beberapa Penyebab Terjadinya Penyakit Hepatitis B

Posted on

Tahukah anda itu penyakit Hepatitis B? Penyakit ini sejenis wabah (epidemic) yang senyap dan juga merupakan masalah kesehatan awam sejagat yang paling utama. Penyakit ini dapat terjangkit pada organ hati dikarenkan oleh suatu virus Hepatitis B (HBV). Hepatitis ini keradangan hati yang menyebabkan hati menjadi membengkak dan juga terasa lembut. Penyakit ini menyebabkan kerosakan hati yang berkekalan. Dan tahukan anda lebih dari 300 juta penduduk yang ada di dunia ini terjangkit penyakit Hepatitis B ini loh guys.

pemberian vaksin sejak usia dini itu juga merupakan hal yang wajib

Dan tahukan anda hati kita itu mempunyai banyak fungsi, sehingga menjadi salah satu organ tubuh yang penting yang ia berada di dalam tubuh manusia. Adapun fungsi hati dianataranya ialah memproduksi cairan empedu guna membantu pencernaan lemak, memproduksi senyawa penting yang berada di dalam pembekuan darah manusia, menyimpan karbohidrat, dan juga guna menghilangkan racun yang berada di dalam tubuh kita. Dan tahukan anda jika manusia ini hanya memiliki satu buah hati. Hati ini menjadi organ daya tahan tubuh yang sangat tangguh loh guys. Bahkan hati ini akan tetap bekerja meski mengalami kerusakan dan juga mampu terus bergenerasi (memperbaiki dirinya), selama hati ini tidaklah mengalami kerusakan yang cukup parah tentunya.

Dan inilah beberapa gejala Hepatitis B, antara lain:                                                                     

  • Kehilangan nafsu makan.
  • Sakit kuning (bisa anda lihat dari bagian kulit dan juga bagian putih mata yang menguning)
  • Mual dan muntah-muntah.
  • Gejalanya hampir mirip dengan pilek, misalkan lelah, terjadi nyeri pada tubuh dan juga sakit kepala.

Akan tetapi  gejala ini tidak akan langsung terasa ko guys dan bahkan ada yang sama sekali muncul. Karena itulah sehingga banyak orang yang ia tidak menyadari akan penyakit Hepatitis B yang satu ini. Adapun masa inkubasi penyakit Hepatitis B berkisar antara 1-5 bulanan, sejak terjadinya pajanan terhadap virus.

Cara penularan penyakit Hepatitis B

Penyakit Hapetitis B ini dapat menular melalui darah dan juga cairan tubh, misalnya sperma cairan vagina. Dan virus ini juga jauh lebih mudah ditularkan jika diabndingkan dengan HIV.  Dan berikut ini ialah beberapa penularannya, antara lain:

  • Kontak seksual, misalkan dengan berganti-ganti ppasangan dan juga berhubungan seks tanpa adanya alat pengaman.
  • Kontak dengan jarum suntik secara tidak disengaja.
  • Berbagai jarum sutik. Misalkan dengan penggunaan alat suntik yang sudah terkontaminasi darah si penderita penyakit Hepatitis B.
  • Ibu dan bayi, jika ibu yang sedang hamil dapat menularkan penyakit ini kepada bayinya pada saat persalinan berlangsung.

Langkah pengobatan penyakit Hepatitis B

Dalam hal ini tidak ada oengobatan khusus dalam penyakit Hepatitis B ini. Adapun tujuan pengobatan ini guna mengurangi gejala dengan obat pereda sakit dan juga menjaga kenyamanan kehidupan si penderita dalam sehari-hari, serta keseimbangan gizinya.

Dan sementara untuk pengobatan Hepatitis B kronis ini juga tergantung pada tingkat keparahan akan infeksi pada hati si penderita. Adapun langkah penanganan penyakit ini ialah menggunakan obat yang mepunyai fungsi antara lain:

  • Mencagah kerusakan pada hati si penderita.
  • Menghambat produksi virus.

Langkah pencegahan penyebaran penyakit Hepatitis B

Dalam langkah pengobatan ini juga bisa menghamabat penyebaran penyakit Hepatitis B dan juga mencegah komplikasi, tapi sayangnya hal ini tidaklah bisa menyembuhkan infeksi. Dan si penderita penyakit Hepatitis B ini akan tetap bisa menularkan oenyakit pada orang lain.

Memberikan vaksin

Langkah efektif dalam pencegahan penyakit Hepatitis B ini ialah dengan menggunakan vaksin. Dan tahukan anda di Indonesia sendiri, vaksin Hepatiti B ini termasuk hal yang wajib dalam imunisasi. Karena proses pemberian vaksi di Indonesia itu sebanyak 3 kali, yaitu pada saat anak baru lahir, saat anak berusia satu bulan dan juga pada saat anak berusia 3-6 bulan. Dan akan tetapi orang dewasa dari segala umur juga dianjurkan  untuk menerima vaksin Hepatitis B loh guys.

Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply