Inilah 6 Tips Memelihara Hewan Peliharaan dengan Baik dan Benar

Posted on

Mungkin bagi anda yang mempunyai hewan peliharaan sudahlah menjadi kebiasaan yang umum bagi manusia. Karena kebanyakan diantara mereka mempunyai hewan peliharaan itu memang suatu hobi, mereka menyukai hewan, ataupun hewan peliharaan itu bisa dijadikan sebagai teman hidup mereka dan masih banyak lagi deh alasan mereka mempunyai hewan peliharaan itu. Dan tahukah anda biasanya hewan yang sering dijadikan sebagai hewan peliharaan itu ialah kucing, kelinci, burung dan juga anjing. Namun jika anda mempunyai hewan dirumah anda, anda juga harus bisa merawatnya guys, bukan hanya dibiarkan begitu saja. Kita sebagai pajikannya atau kita sebagai pemilik hewan itu memiliki tanggung jawab atas hewan yang kita pelihara itu, anda harus bisa juga memelihara hewan peliharaan dengan baik. Tahukan anda ada banyak hal yang harus anda perhatikan agar hewan pemeliharaan anda bisa tumbuh dengan sehat, dan yang pastinya tidak terjangkit dengan penyakit.

usahakanlah bagi anda pemilik hewan, rajin-rajinlah membersihkan kandang hewan peliharaan anda

Oke guys, dan berikut ini ada beberapa hal yang harus anda perhatikan agar anda dapat merawat hewan peliharaan anda dengan baik, antara lain:

  1. Pembuatan dan Penempatan Kandang

Pada umunya kandang yang baik untuk hewan pekihraan ialah kandang yang jauh dari kebisingan. Maka anda bisa mencari tempat yang jauh dari kebisingan dan juga perhatikanlah bahan apa saja sih yang nantinya akan dijadikan untuk kandang itu. Kandang yang bagus itu kandang yang mudah anda bersihkan dari kotoran hewan tersebut, kalau misalkan dalam hal ini sulit, percayalah kandang hewan peliharaan anda pastinya akan bauh dan juga akan menjadi sarang penyakit loh guys. Dan tentunya anda sendiri tidaklah mau bukan kalau hewan anda itu mudah terserang penyakit. Dan satu lagi jika hewan anda tidak suka dengan sinar matahari maka letakkanlah hewan anda di tempat yang teduh yah guys.

  1. Kebersiahan kandang hewan

Untuk bisa menjaga kebersihan hewan peliharaan anda sendiri, anda juga perlu mengecek akan kebersihan kandanganya setiap hari loh guys. Kalau bisa anda meluangkan waktu guna membersihkan hewan anda setiap 2 minggu sekali ataupun seminggu sekali. Dan juga bisa anda bersihkan kandang hewan anda jika merasa sudah kotor dan juga bau. Hal seperti ini anda lakukan guna hewan pelihraan anda itu tidak mudah terserang kuman dan juga bakteri yang daoat sewaktu-waktu menyerang ke dalam tubuhnya ataupun meyerang pada kulitnya.

  1. Pemberian makan dan juga minum hewan

Seperti halnya seoarang manusia, hewan juga membutuhkan makan dan juga minum guna perkembangannya loh guys. Dalam hal pemberian makanan tidaklah perlu terlalu banyak, secukupnya saja dengan cara teratur. Dan bagi anda jangan lupa pula perhatikanlah kandungan gizi yang terdapat pada makanan hewan tersebut, jangan memberikan makanan yang tidak sesuai dengan hewan anda, pastikanlah anda member makanan yang sesuai dengan hewan anda yah guys.

  1. Perhatikan kondisi hewan

Pastikanlah pada saat anda membeli hewan peliharaan, hewan itu berada dalam kondisi yang sehat dan tidak terkena penyakit. Pilihlah hewan yang setengah dewasa, karena kebanyakan hewan yang seperti itu mempunyai daya tahan tubuh yang kuat jika anda bandingkan dengan hewan yang masih kecil. Bawalah ke dokter hewan setiap 3 bulan sekali, hal ini berguna untuk mengecek kesehatan hewan, dan juga jangalah lupa untuk anda memberikan vaksin guna mencegah panyakit yang akan masuk ke dalam tubuh hewan anda nantinya.

  1. Perawatan khusus

Dalam hal yang ini perhatikanlah kondisi anggota hewan anda, mulai dari mata, mulut, telinga dan juga lubang-lubang lainnya. Luangkanlah waktu anda untuk memandikan hewan peliharaan anda, minimal dua minggu sekali ataupun sebulan sekali. Hal ini berguna agar hewan anda tetap terjaga dan juga lebih terlihat bersih dan menarik.

Jika pengen bagus, maka anda haruslah menyediakan shampoo khusus hewan agar bulu-bulunya itu rontok dan juga tidak rusak nantinya. Jangan lupa potonglah kuku-kukunya dengan rapi, supaya kuku yang oanjangnya itu tidak akanmelukai dirinya sendiri.

  1. Paerhatian khusus

Tahukan anda hewan juga layaknya seperti manusia loh, menginginkan perhatian. Maka seringlah bermain dengan hewan peliharaan anda yah guys dan jangan lupa juga berilah rasa kasih sayang. KArena hal seperti itu akan membuat hewan semakin nyaman dan tidak akan membuatnya menjadi stress.

Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply