10 cara efektif dan alami menghilangkan lendir di tenggorokan
10 Cara Efektif dan Alami Menghilangkan Lendir di Tenggorokan

10 Cara Efektif dan Alami Menghilangkan Lendir di Tenggorokan

Posted on

Lendir yang ada pada tenggorokan memang sangat mengganggu, namun untungnya saat ini ada berbagai cara efektif dan alami untuk menghilangkan lendir pada tenggorokan. Lendir yang ada di tenggorokan dapat muncul karna disebabkan oleh beberapa faktor seperti adanya bakteri atau virus yang menyebabkan radang, faktor cuaca, alergi makanan, debu, asap rokok, asap kendaraan bermotor, dan lain sebagainya. Baik anak-naka maupun orang dewasa dapat mengalami hal tersebut. Gejala yang muncul pada saat ada lendir di tenggorokan biasanya adalah rasa sakit atau gatal di tenggorokan, batuk, pilek, pusing, dan demam.

10 Cara Efektif dan Alami Menghilangkan Lendir di Tenggorokan

Adanya lendir pada tenggorokan terkadang juga menyebabkan lidah dan lulut terasa pahit sehingga nafsu makan menurun. Walaupn kelihatannya sepele, namun jika tidak segera diatasi lendir pada tenggorokan ini akan mengganggu aktivitas harian anda. Jika anda sedang mengalami masalah tersebut, berikut Gedubar akan membagikan 11 cara efektif dan alami menghilangkan lendir di tenggorokan:

  1. Batuk

Batuk dengan cara yang benar bisa menjadi cara yang efektif untuk mengeluarkan semua lendir yang ada di tenggorokan. Cara melakukannya pun juga cukup mudah, yaitu pertama duduklah dengan posisi yang tegak dan siapkan beberapa lembar sapu tangan atau tisu untuk mengelap lendir. Lakukanlah latihan pernapasan yaitu dengan menghirup nafas dalam-dalam melalui hidung lalu menahannya sebentar, setelah itu buang nafas perlahan memaluli mulut. Lakukan hal tersebut sebanyak 2 kali, kemudian ambil nafas melalui hidung dan tahan sampai 3 detik setelah itu batuklah dengan kuat sebanyak 2 atau 3 kali secara terus-menerus tanpa bernafas. Pada saat itulah lendir yang ada dalam tenggorokan anda akan terdorong keluar.

  1. Terapi Uap

Pertama siapkan wadah berisi air panas yang masih mengeluarkan uap. Campurkan beberapa tetes minyak kayu putih atau wedang jahe ke dalam air panas tersebut. Dekatkan wajah anda pada wadah tersebut lalu hirup uapnya. Uap yang masuk ke hidung anda akan dapat menghilangkan lendir di tenggorokan dan juga akan membuat pernafasan anda lebih lega.

  1. Minum Jahe

Jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi masalah pada pernafasan, termasuk lendir atau dahak yang terdapat pada tenggorokan. Untuk membuat ramuannya sangat mudah, yaitu siapkan 2 ruas jahe kemudian tumbuk keduanya tapi jangan sampai halus, usahakan jahe masih dalam keadaan utuh namun sudah hancur atau tidak berbentuk. Masukkan jahe tersebut ke dalam gelas yang berisi air panas, masukkan sedikit gula agar rasanya lebih manis. Tunggu ramuan jahe tersebut sampai hangat kemudian minum secara teratur yaitu 2 sampai 3 kali sehari. Jahe yang rasanya terkesan pedas akan dapat melegakan pernafasan anda serta akan merangsang dahak atau lendir yang ada di tenggorokan anda untuk keluar.

  1. Ramuan Jeruk Nipis

Sama halnya dengan jahe, ramuan jeruk nipis juga sangat terkenal ampuh untuk mengatasi masalah pada tenggorokan dan pernafasan. Pertama siapkan 1 buah jeruk nipis lalu peras dan masukkan airnya ke dalam segelas air panas, masukkan beberapa tetes madu sebagai pemanis, minum saat ramuan jeruk nipis tersebut mulai hangat. Konsumsi secara teratur sampai lendir yang ada pada tenggorokan anda keluar.

  1. Ramuan Kunyit

Kunyit merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki sifat membunuh kuman dan meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh, sehingga dengan meminum ramuan kunyit anda dapat mengeluarkan lendir yang ada pada tenggorokan anda. Siapkan beberapa ruas kunit yang sudah dikupas dan dicusi bersih, parut kunyit tersebut kemudian peras dan ambil airnya saja. Masukkan air kunyit ke dalam satu gelas air panas dan tambahkan beberapa tetes madu agar rasanya lebih manis. Tunggu sampai hangat, lalu minum secara teratur 2 kali sehari.

  1. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan satu gelas air hangat yang dicampur dengan satu sendok garam juga merupakan cara yang efektif untuk menghilangkan lendir pada tenggorokan.

  1. Daun Mint

Daun mint merupakan tanaman herbal yang dikenal ampuh untuk melegakan masalah tenggorokan dan sering digunakan sebagai bahan alami untuk mengencerkan dahak. Cara membuat ramuannya pun juga cukup mudah, yaitu dengan memasukkan beberapa daun mint yang sudah dicuci bersih ke dalam segelas air panas. Tunggu sampai hangat kemudian minum air daun mint tersebut.

  1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu tanaman yang terkenal dengan kandungan zat anti biotok alami, sehingga sangat efektif untuk membunuh kuman atau bakteri yang menyebabkan adanya lendir pada tenggorokan. Cara menggunakan bawang putih sebagai obat dahak adalah dengan memakan langsung atau dengan mencampurkannya pada makanan.

  1. Daun Pegagan

Manfaat daun pepagan memang banyak, dan yang paling terkenal adalah manfaatnya untuk mengobati gangguan pada saluran pernafasan dan menghilangkan lendir pada tenggorokan. Cara membuat ramuan daun pegagan adalah pertama siapkan beberapa daun pegagan lalu masukkan ke dalam 2 gelas air mendidih, tunggu sampai airnya tinggal 1 gelas. Setelah itu angkat dan minum saat ramuan mulai hangat.

  1. Memperbanyak Mengkonsumsi Buah

Buah merupakan salah satu jenis makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara mengaktifkan berbagai antibody dan enzim dalam tubuh untuk melawan berbagai jenis penyakit. Oleh sebab itulah, saat anda mengalami radang pada tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri atau kuman, mengkonsumsi buah-buahan secara teratur bisa jadi cara yang efektif bagi anda untuk mengilangkan lendir yang ada pada tenggorokan.

Semoga bermanfaat!

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply