Perangkat Mengakses Internet
Inilah 11 Perangkat Mengakses Internet

Inilah 11 Perangkat Untuk Mengakses Internet

Posted on

Perangkat untuk mengakses internet. Di dunia internet merupakan suatu kecanggihan dari teknologi yang telah umum pada saat ini. Internet bukan lagi hal yang aneh bagi masyarakat, terlebih kalau dilihat dari manfaatnya yang dapat mempermudah berbagai aktivitas. Untuk bisa melakukan akses ke jaringan internet, tentunya seorang user membutuhkan banyak sekali perangkat, bukan. Perangkat untuk mengakses internet ada dua jenis perangkat yang harus kita punyai untuk bisa mengakses internet. Perangkat tersebut yaitu perangkat keras pada jaringan komputer dan perangkat lunak pada jaringan komputer, yang mempunyai kesamaan sebagai komponen sebagai penghubung jaringan internet.

Apa sih yang dimaksud dari perangkat keras dan perangkat lunak? Berikut inilah penjelasannya yang lebih lengkap tentang perangkat apa saja untuk mengakses internet yang harus anda ketahui.

Perangkat Keras.

Perangkat keras merupakan perangkat yang mana secara fisik itu dapat dipegang dan juga dilihat dengan secara nyata, yang dapat membantu kita sebagai user untuk menikmati konektivitas pada internet. Nah, apa saja perangkat keras yang harus kita punyai untuk bisa melakukan akses di internet? Berikut ini beberapa perangkat keras yang harus kita punyai untuk mengakses internet dan apa saja fungsinya.

  • Modem.
Perangkat Mengakses Internet
Modem

Modem adalah salah satu perangkat keras pada komputer yang sering digunakan untuk mengakses atau koneksi pada internet. Modem sebenarnya yaitu dari kata modulator dan demodulator yang disingkat menjadi modem.  Nah, untuk lebih jelasnya, modem mempunyai fungsi dua arah, yaitu bisa menerima sinyal analog, kemudian merubahnya menjdi sinyal digital supaya dapat digunakan pada device tertentu, seperti pada komuter contohnya. Modem mempunyai beberapa fungsi utama, ya. Berikut inilah beberapa fungsi utama dari mode                                                                1.   Dapat menerima sinyal dari ISP ataupun Internet service provider

2.   Bisa membuat koneksi device ke dalam jaringan internet.

Sekarang ini, penggunaan modem telah umum digunakan, baik itu dalam bentuk model ADSL yang harus menggunakan kabel telpon, modem USB stivicks, hinga jenis modem wifi atau mifi, sangatlah umum bukan? Anda pakai yang mana?

  • Access Point.

Access point adalah perangkat keras pada jaringan komputer yang berfungsi sebgai pemancar sinar nirkabel dari ISP dari radius tertentu. Fungsinya untuk, access point hampir mirip dengan fungsi modem, hanya saja access point lebih banyak digunakan yang kita kenal dengan hotspot. Nah, cara kerjanya, access point itu menerima sinyak yang termasuk juga paket data dari ISP, lalu memancarkan sinyalnya ke dalam radius yang tertentu, samapi user yang berada di dalam radius tersebut bisa melakukan aksees internet.

  • Komputer dan Device.
Perangkat Mengakses Internet
Komputer dan Drive

Perangkat keras selanjutnya yang paling penting, pastinya yaitu komputer dan juga device yang kita gunakan untuk mengakses internet, kan. Di setiap device ataupun komputer, misalnya laptop, smartphone, PC, tablet dan juga dengan PDA itu akan terkoneksi dengan jaringan internet, yang mana kita akan dapat mengakses internet dengan menggunakan komputer dan juga dengan device.

  • Jaringan Kabel.

Walaupun sekarang ini telah banyak beredarnya konektivitas yang menggunakan teknologi nirkabel, akan tetapi tak boleh meremehkan pada kabel jaringan. Penggunaan kabel jaringan sekarang ini banyak digunakan sebagai home broardband, yang banyak digunakan pada rumah-rumah dan perkantoran. Banyak sekali jenis-jenis kabel pada jaringan komputer yang sesuai dengan kebutuhan user dan juga ruang lingkup yang digunakan, sehingga agak berbeda ruang lingkup berbeda juga kabel yang digunakan pada jaringan tersebut.

  • Kabel Jaringan.

Kabel jaringan akan mentransmisikan paket data yang telah disediakan oleh ISP dari server untuk diteruskan  ke dalam receiver, yang bisa berupa modem dan juga access point. Saat modem dan juga access point itu menerima sinyal melalui kabel, maka modem dan juga access point bisa mentransmisikan jaringan-jaringan internet ke client, baik itu secara wireless ataupun dengan menggunakan kabel, ya.

  • Server.

Server adalah perangkat keras yang sangatlah penting di dalam jaringan komputer dan juga internet, lho. Server yaitu komputer yang khusus yang dibuat sebagai pusat data. Seluruh data dan juga informasi-informasi yang dimiliki oleh server tersebut akan ditransmisikan ke client dan juga usernya, dengan cara menggunakan internet. So, tanpa adanya server, kita tak akan bisa menemukan konten apa-apa, walaupun kita telah terkoneksi ke dalam jaringan tersebut. Nah, selain itu, server juga sebagai penentu kecepatan akses, sebab bisanya, semakin jauh lokasinya server, bisa jadi kecepatan akses yang diperoleh user itu menjadi tak optimal.

  • Router.
Perangkat Mengakses Internet
Router

Router adalah salah satu perangkat keras pada jaringan yang juga sering digunakan untuk mengakses atau mengkoneksikan inteernet. Router atau bahasa indonesianya penghala yaitu salah satu perangkat yang bertugas untuk melakukan proses penghalaan dan juga penyaluran akses atau koneksi pada internet yang melalui protocol. Fungsi dari router sendiri yaitu sebagai pendukung efisiensi jaringan pada koputer yang sehingga jaringan yang disalurkan bisa menjadi lebih baik.

  • Antena Eksternal.

Antena eksternal adalah perangkat keras di dalam mengakses internet yang bersifat insidentil. Artinya, antenna eksternal hanya diperlukan di dalam kondisi tertentu saja.

  • Post USB.

Jangan pernah anggap port USB hanya dapat digunakan untuk flash drive dan juga harddisk eksternal aja. Di dalam koneksi dengan jaringan internet, port USB adalah salah satu perangkat kerang pada komputer yang vital. Dengan adanya port USB, maka usernya atau client bisa melakukan akses internet di PC atau komputer dengan menggunakan USB stick modem.

Perangkat Lunak.

Nah, selain perangkat keras, ada beberapa perangkat lunak yang wajib anda miliki untuk bisa melakukan akses internet. Apa saja sih? Berikut inilah beberapa perangkat lunak yang harus anda miliki supaya dapat melakukan akses di internet :

  • Web Browser.
Perangkat Mengakses Internet
Web Browser

Yang pertama yaitu web browser. Web browser berfungsi untuk melakukan surfing atau menjelajahi di internet dengan menggunakan www maupun world wide web. Dengan menggunakan web browser, anda bisa melakukan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan mengakses di internet. Sekarang ini, telah banyak sekali web browser yang dapat anda gunakan yang sesuai dengan kebutuhan anda sendiri, baik itu mobile ataupun PC.

Drive adalah software yang membantu pada perangkat keras dalam sebuah komputer bisa berjalan. Ya, paling tidak, supaya bisa melakukan akses di internet, anda harus mempunyai salah satu atau semua driver seperti Driver USB Stick Modem dan lainnya.

  • Sistem Operasi.

Sistem operasi sangatlah diperlukan supaya semua perangkat bisa berjalan sebagaimana mestinya atau cara kerjanya. Tanpa adanya sistem operasi ini, semua perangkat tak akan bisa berjalan. Sistem operasi yaitu semisalnya windows, linux dan juga mac. Sistem operasi tersebut hal yang wajib anda miliki agar bisa mengakses di internet dan juga menginstall berbagai perangkat lunak.

Gravatar Image
Saya orangnya enggak suka terlalu cerewet. Suka menulis, ,membaca paling suka membaca tentang motivasi. Saya sering diajak curhat. Salah satu dari cita-cita saya ingin menjadi pengusaha muda yang sukses, dan tentunya ingin membahagiakan kedua orang tua. ingin lebih tau tentang saya.. ajak ngobrol atau temui saya.

Leave a Reply