11 Minuman Tradisional dari Indonesia

Posted on

Indonesia memiliki banyak minuman tradisional yang menawarkan berbagai manfaat, terutama yaitu bagi kesehatan. Hal tersebut selain baik untuk kesehatan rasa dari minumannya juga nikmat. Berikut ini merupakan 11 minuman tradisional dari Indonesia antara lain yaitu:

  1. Es Cendol

Cendol adalah minuman yang terbuat dari tepung beras dan merupakan minuman tradisional dari Indonesia serta disajikan dengan menggunakan es yang sudah diparut serta ditambah gula merah cair dan santan. Minuman ini rasanya manis dan gurih. Minuman ini di daerah sunda dikenal dengan sebutan cendol sedangkan di jawa tengah dikenal dengan sebutan es dawet.

  1. Bir pletok

Bir pletok adalah minuman khas dari Indonesia yang di kenal di kalangan betawi. Bir pletok ini merupakan minuman penyegar yang dibuat dari rempah rempah yaitu jahe, serai, dan daun pandan wangi. Biasanya orang betawi menggunakan tambahan kayu secang yang diseduh dengan air panas untuk mewarnai bir pletok ini agar kelihatan menarik.

Meskipun minuman ini mengandung kata bir akan tetapai minuman ini tidak mengandung unsur alcohol. Bir pletok ini berkhasiat untuk memperlancar peredaran darah. Biasanya masyarakat betawi meminumnya saat malam hari tujuannya sebagai penghangat.

  1. Bajigur

Bajigur adalah minuman khas Indonesia yang berasal dari sunda. Bahan utama yang digunakan yaitu gula aren dan santan. Agar lebih enak biasanya dicampur dengan sedikit jahe, bubukcvanili serta garam. Minuman hangat ini biasanya dijajakan bersama dengan bandrek, klepon, kacang rebus, dan lainnya dalam satu gerobak. Kadang kala dalam penyajiannya ditambah dengan kolang kaling yang telah diiris tipis. Paling pas bajigur dinikmati yaitu ketika hujan atau cuaca sedang dingin.

  1. Sekoteng

Sekoteng adalah minuman khas Indonesia yang berasal dari jawa tengah. Minuman ini berasa jahe dan biasa dihidangkan panas. Biasanya bahan lain yang dicampur dalam minuman sekoteng yaitu kacang hijau, potongan roti, pacar cina, dan kacang tanah. Biasanya skoteng dihidangkan saat malam hari.

  1. Limun sarsaparilla

Limun sarsaparilla adalah minuman khas Indonesia yang berasal dari daerah Yogyakarta. Minuman ini adalah soda hasil fermentasi dari tanaman sarsaparilla. Sebab tanaman ini langka maka minuman ini sulit untuk ditemukan. Minuman ini merupakan soda pertama di Indonesia dan rasanya unik.

  1. Lahang

Lahang adalah minuman khas Indonesia yang terbuat dari air nira. Ciri khas dari minuman ini adalah manis dan segar. Lahang sendiri diperoleh dari sadapan pohon aren yang disadap yaitu bunga yang jantan.

  1. Es selendang mayang

Es selendang mayang adalah minuman khas Indonesia yang berasal dari Jakarta. Minuman ini jarang dijumpai karena minuman ini dianggap kuno. Minuman ini bisa mengurangi rasa lapar karena minuman ini terbuat dari tepung beras.

  1. Es doger

Es doger adalah minuman khas Indonesia yang berasal dari Cirebon tapi sering ditemui di Bandung. Es doger terbuat dari susu, parutan kelapa, tape avokad serta ketan hitam dan lain sebagainya. Es doger palig enak diminum saat waktu panas.

  1. Wedang uwuh

Wedang uwuh merupakan salah satu minuman khas dari Indonesia yang berasal dari daerah Yogyakarta. Minuman ini terbuat dari dedaunan. Wedang uwuh mempunyai rasa manis, pedas dan berwarna merah cerah. Rasa pedas dari wedang uwuh ini berasal dari jahe, sedangkan warna merahnya tersebut berasal dari secang.

  1. Wedang ronde

Wedang ronde adalah minuman khas Indonesia yang berasal dari Jawa. Arti dari wedang sendiri adalah minuman. Sedangkan kalau wedang ronde artinya air jahe yang dicampur dengan bola bola ronde sebagai isinya. Wedang ronde biasanya disajikan bersama dengan kacang yang sudah digoreng tanpa minyak atau disangrai, potongan roti dan kolang kaling.

  1. Wedang jahe

Wedang jahe adalah minuman khas Indonesia yang berasal dari wilayah jawa. Pada umumnya minuman ini disajikan saat masih panas atau hangat. Biasanya wedang jahe disebut juga dengan teh jahe, walaupun wedang jahe ini tidak mengandung kafein serta daun teh sama sekali.

Demikian artikel yang dapat saya sampaikan tentang 11 minuman tradisional dari Indonesia artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian, sekian terima kasih.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply