Jika Kamu Suka Makan! Ini Ada 5 Masakan Sumatera yang Enak dan Juga Lezat

Posted on

Sumatera? Tahukan anda dengan Pulau yang satu ini, pulau yang satu ini merupakan pulau terbesar keenam yang berada di dunia loh. Adapun luas pulau ini 473.481 km2, dan juga berpenduduk sekitar 52.210.926 (sensus data tahun 2010). Dan pulau ini juga terkenal dengan nama Pulau Percha Andalas ataupun Suwarnadwipa yang artinya dalam bahasa sangsekerta (pulau emas).

minuman khas Sumatera

Dan jika anda berwisata ke Sumatera, jangan lupa anda untuk mencicipi masakan makanan dan juga minuman khas Sumatera yah guys. Antara lain:

  1. Rendang

Siapa sih yang tidak mengenal dengan masakan rendang yang satu ini, masakan asli dari Provinsi Sumatera Barat ini ialah salah satu masakan khas nusantara yang lezat dan juga enak, bahkan masakan ini bisa anda simpa selama satu minggu atau empat minggu. Dan kenapa ko bisa bertahan lama? Karena rendang ini masakan yang banyak mengandung bumbu rempah dan juga rendang ini tidaklah memiliki kuah sehingga sangatlah enak untuk dimakan dengan nasi putih yang hangat. Rendang ini juga berbahan dasarkan daging, santan kelapa dan juga campuran dari berbagai macam bumbu khas yang dihaluskan. Rendang ini juga bercita rasa pedas sehingga masakan ini banyak yang menyukainya loh guys. Dan salah satu cirri khas dari rendang ini ialah dimasak secara besar-besaran, misalkan pada hari raya Idul Fitri, hari raya Idul Adha dan hari-hari besar lainnya.

  1. Dendeng balado dan Dendeng batokok

Dendeng balado dan juga Dendeng batokok ialah masakan khas Sumatera Barat yang terbuta dari irisan tipis dan juga lebar daging sapi yang sudah dikeringkan lalu digoreng sampai kering. Daging goring ini lalu diberi bumbu balado. Sedangkan dengan Dendeng batokok berbahan dasarkan sama dengan dendeng balado, bedanya ialah bumbu baladonya bukan menggunakan cabai merah, namun pada dendeng batokok menggunakan cabai hijau yang sudah diiris kasar dengan daging sapid an setelah diiris tipis melebar, dipukul-pukul dengan menggunakan batu cobek agar dagingnya menjadi lembut.

  1. Palai Rinuak

Palai rinuak ialah masakan khas dari daerah Maninjau Agam Sumatera Barat, masakan yang satu ini berbahan dasarkan ikan rinuak yang sudah diberi bumbu dan juga parutan kelapa lalu dibungkus dengan daun pisan dan kemudian di kukus hingga matang. Palai ini berarti pepes dan dalam bahasa minang dan rinuak ialah sejenis ikan yang ia berukuran sebesar korek api yang banyak anda jumpai di Maninjau.  Dan tahukan anda sebenaranya olahan rinuak ini sangatlah banyak loh guys, dari mulai digoreng biasa, goring balado, dipalai atau dipepes, digulai dan masih banyak lagi tentunya.

  1. Lamang

Lamang ialah makanan khas yang berasalkan dari Sumatera Barat, adapun bahan dasar lamang ini ialah beras ketan yang dimasak dengan santan dalam bamboo muda. Bahan utama beras ketan putih, santan, daun panda, kelapa dan juga sediikit garam. Makan lamang ini juga kurang nikmat jika tidak ditemani dengan tapai. Tapai ini ialah beras ketan hitam yang sudah dibuta dengan memfermentasikan beras ketan dengan ragi.

  1. Teh Talua

Teh Talua ini ialah minuman khas Sumatera Barat dan juga minuman wajib yang harus anda minum jika anda main ke Sumatera Barat ini. Minuman ini terdiri dari campuran teh, gula dan juga tekur yang diberi sedikit perasan jeruk nipis. Pastikan anda sudah bisa membayangkan gimana rasanya minuman yang satu ini bukan guys. Teh Talua ini juga biasanya diminum oleh para petani yang ia hendak meladang, konon katanya sebagai penambah stamina disaat kerja nantinya.

Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply