Yuk Lihat Apa Saja Fakta Menarik Tentang Planet Jupiter
Yuk Lihat Apa Saja Fakta Menarik Tentang Planet Jupiter

Yuk Lihat Apa Saja Fakta Menarik Tentang Planet Jupiter

Posted on

Tata surya merupakan sebuah system alam luar biasa yang diatur sedemikian rupa dengan semua keteraturanya. Termasuk planet, bintang dan semua benda langit di sekitaranya. Dalam system tata surya manusia, matahari adalah pusatnya dengan 8 planet lain yang mengelilinginya, yakni merkurius, venus, bumi, mars, jupiter, saturnus, Uranus dan neptunus. Jupiter selama ini dikenal sabagaia planet terbesar dalam urutan tata surya. Berikut ini adalah sejumlah fakta menarik tentang Jupiter, check this out!

Yuk Lihat Apa Saja Fakta Menarik Tentang Planet Jupiter
Yuk Lihat Apa Saja Fakta Menarik Tentang Planet Jupiter
  1. Ukuran dan posisi planet Jupiter

Jika dilihat dari matahari. Jupiter berada di posisi ke 5 terdekat dari matahari. Planet Jupiter mempunyai volume cukup cukup untuk ditempati 1.300 volume bumi. Sebab ukuranya yang besar, Jupiter pula memiliki gravitasi besar. Gravitasi yang maksud yaitu 2 setengah kali lebih kuat dibandingan dengan bumi. Sedangkan masanya yakni 317 kali dari masa bumi.

  1. Nama planet Jupiter

Jupiter adalah nama yang diambil dari mitologi romawi. Sebab ukurannya yang besar, Jupiter diambil dari nama dewa utama bangsa romawi. Dalam mitologi, Jupiter disebutkan sebagai anak saturnus, saudara Pluto dan neptunus, sedangkan Jupiter menikah dengan juno. Namun, Jupiter pula berselingkuh dengan banyak perempuan dan mempunyai anak yang namanya dijadikan 4 nama bulan terbesar Jupiter yaitu io, eorope, Ganymede dan callisto.

  1. Planet Jupiter paling cepat mengorbit matahari

Walaupun planet Jupiter memiliki ukuran sangat besar, ternyata Jupiter justru adalah planet yang cepat mengitari matahari. Jupiter hanya butuh sekitar 10 jam saja untuk menyelesaikan rotasinya. Kecepatan tersebut memberikan kontribusi kuat pada bidang magnetic planet bersama radiasi yang mampu mengelilinginya.

  1. Planet Jupiter memiliki cincin

Walau tidak seterkenal planet tetangganya. Jupiter ternyata pula memiliki cincin. Cincin ini tersebut terbentuk dari debu yang tertinggal dari meteorid saat bertabrakan dengan 4 bulanya ( almathea, thebe, metis dan adrastea ). Belum lama ini, pakar ilmuwan juga  menemukan cincin dengan bentuk donat dan bernama halo cincin.

  1. Planet Jupiter dikelilingi badai petir

Permukaan planet Jupiter selalu dikelilingi ileh badai besar. Ada beberapa kesamaan badai Jupiter dengan badai dibumi. Namun, badai dijupiter tidak berlangsung lama, hanya sekitar 3 hingga 4 hari. Walau demikian, badai besar kadang terjadi akibat debu yang membuat udara basah naik ke bagian atas troposfer lalu berubah  menjadi awan dan juga petir.

Ukuran badai kuat di Jupiter jauh lebih besar dibandingkan badai di bumi. Bada besar ini terjadi setiap 15 sampai 17 tahun sekali.

  1. Planet Jupiter memiliki banyak bulan

Selain Jupiter ukuranya yang besar. Jupiter juga tercatat sebagai planet dengan banyak satelit bulan. Menurut catatanya, Jupiter memiliki 63 bulan, ada empat bulan besar dikenal dengan galilea ditemukan pada tahun 1610 oleh Galileo galilei. Bulan ini adalah io, europa, Ganymede dan callisto.

Ukuran bulan terbesar Jupiter yakni 3.270 mil yang dipegang oleh Ganymede. Hal menarik lainnya bahwa io sang bulan Jupiter ternyata memiliki gunung berapi, danau lava dan kaldera besar.

  1. Planet Jupiter titik merah besar

Astronom giovanmi cassini mengidentifikasi bahwa munculnya titik merah di Jupiter pada tahun 1665. Saat itu, ukuranya kira-kira 40.000 km dan seperti sebuah badai raksasa. Namun saat ini ukuranya tinggal ½ dari ukuran semula. Titik merah tersebut merupakan cirri khas Jupiter san bukan menunjukan tanda-tanda akan mereda. Walau ukuranya tampak kecil daripada ukuran Jupiter, namun badai tapi dengan mudah menelan benda seukuran bumi saat melewatinya.

  1. Planet Jupiter pernah ditabrak komet

Pada umumnya, susah menyaksikan sebuah planet yang ditabrak langsung oleh komet yang lewat. Namun, para ilmuwan sempat menyaksikan kejadian saat pecahan komet yang bernama shoemaker-levy 9 menabrak. Jupiter yang menghasilkan titik gelap di daerah benturan.

Oke sobat gedubar, demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kamu.

Gravatar Image
Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu "BISA DAN MAMPU". jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply