Sedih, Bunga tak Bertahan Lama! Ini Nih Metode Mudah Mengawetkan Bunga
Sedih, Bunga tak Bertahan Lama! Ini Nih Metode Mudah Mengawetkan Bunga

Sedih, Bunga tak Bertahan Lama! Ini Nih Metode Mudah Mengawetkan Bunga

Posted on

Hy sahabat gedubar, bunga dapat diawetkan dengan sejumlah metode mudah. Jenis bunga, ketersediaan bahan-bahan dan berbagai penampilan bunga dapat menjadi factor-faktor pertimbangan kamu untuk menentukan metode mana yang akan kamu gunakan untuk mengawetkannya. Berikut saya akan member informasi tentang  metode mudah pengawetan bunga yang dapat kamu pilih. Check this out!

Sedih, Bunga tak Bertahan Lama! Ini Nih Metode Mudah Mengawetkan Bunga
Sedih, Bunga tak Bertahan Lama! Ini Nih Metode Mudah Mengawetkan Bunga

Metode 1

Membantu bunga agar tetap segar tahan lam

  • Tambahkan aspirin ke dalam vas berisi air

Haluskan 1 buah tablet aspirin menjadi bubuk. Tambahkan bubuk aspirin ke dalam air yang berisi bunga potong segar lalu aduk pelan0.-pelan supaya tercampur. Cara tersebut akan menjaga bunga tetap segar dan tahan lebih lama.

  • Tambahkan tembaga

Jika kamu memiliki koin tembaga / sepotong tembaga. Tambahkan ke dalam air yang berisi potongan bunga segar. Tambahkan juga 250 gram pasir, maka bunga akan bertahan lebih lama sebab akan menyebabkan pertumbuhan bakteri terhambat.

  • Tambahkan pemutih

Campur seperempat sendok the pemutih untuk per liter air yang berisi potongan bunga segar. Jika mau Tambahkan juga sedikit gula pasir.

  • Tambahkan air soda

Tuangakan sekitar seperempat gelas air soda tawar ke dalam vas berisi potongan bunga segar. Bersamaan dengan air putih. Gunakan air soda bening kecuali kamu ingin airnya berwarna-warni seperti warna minuman.

  • Tambahkan cuka

Campur  dua sendok makan cuka terbaik dengan dua sendok makan gula pasir, lalu masukkan ke dalam air yang berisi potongan bunga segar. Beberapa hari sekali air akan berubah. Dengan menambahkan kembali campuran cuka sedikit demi sedikit.

  • Tambahkan alcohol

Masukkan beberapa tetes larutan alcohol bening kedalam vas, sperti vodka. Tambahkan juga 1 sendok teh gula pasir. Campuran tersebut akan mengendalikan pertumbuhan bakteri yang mulai membikin bunga membusuk. Setiap dua hari sekali air akan berubah dan beberapa tetes larutan alcohol dan juga gula bisa ditambahkan kembali ke dalam air baru.

Metode 2

Mengeringkan bunga

  • Menggunakan alat perata bunga

Alat perata bunga yaitu cara tradisioanal untuk meratakan bunga, daun dan helai mahkota bunga, dan di dalam proses ini bunga dikeringkan. Cara tersebut baik, bila digunakan kalau kamu mengharapkan bunga yang rata untuk karya seni / scrapbook. Informasi lebih lanjut soal pengggunaan alat perata bunga atau cara meratakan bunga secara umum.

  • Mintalah seorang florist untuk mengeringkan bunga

Seorang florist dapat menggunakan teknik modern seperti gel silica, pengeringan udara panas, penagyak molekul dan pengeringan belu. Hasil yang diperoleh akan sangat professional, sehingga cara ini adalah cara yang bagus untuk mengawetkan bunga pernikahan atau bunga lain yang berhubungan acara penting.

Metode 3

Menggunakan gel silika

  • Lapisi wadah dengan Kristal gel silika

Kamu bisa membeli Kristal gel silica di toko-toko kerajinan. Lalu panaskan pada pengaturan tinggi selama 3 menit untuk mengeringan Kristal.

  • Tuangkan Kristal hangat ke dalam gelas tebal

Gelas ini harus cukup luas untuk menampung bunga yang akan dikeringkan.

  • Potong tangkai bunga

Ptong bunga secukupnya sampai tangkai masih tersisa 2,5 cm pada bunga. Lalu tusukkan tangkai ke dalam Kristal sehingga bunga dalam posisi tegak.

  • Tuangkan Kristal hangat ke dalam gelas

Selanjutnya tuangkan pelan-pelan Kristal hangat, sampai bunga benar-benar tertutup.

  • Panaskan di microwave

Panaskan selama 1 menit 45 detik pada microwave dalam pengaturan tinggi untuk kuntum bunga mawar / sampai 4 atau 5 untuk bunga mawar ukuran besar.

  • Dinginkan kuntum bunga

Tuangkan pelan-pelan Kristal tatkala kuntum bunga sudah mendingin. Lalu bersihkan helai mahkota bunga dengan hati-hati menggunakan kuas cat halus, selanjutnya bersihkan cat semptot akrilik tipis-tipis. Bunga dapat digunakan sekarang untuk karya seni atau sekedar pajangan rumah.

Okelah kalau begitu, mungkin demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kamu.

Gravatar Image
Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu "BISA DAN MAMPU". jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply