Tahukan Anda 6 Hewan Omnivora ini dan Juga Apa Sih Makanannya?

Posted on

Tahukah anda apa itu hewan omnivora? Hewan omnivora ialah hewan yang memakan tumbuhan dan juga merupakan hewan yang dijadikan sebagai sumber makanan pula. Contohnya ialah hewan babi yang sudah banyak yang mengenalnya bukan. Karena hewan omnivora ini ialah hewan kombinasi dari dua jenis hewan antara hewan herbivora dan juga hewan karnivora. Hewan omnivora ini juga tidaklah memiliki cirri khusus.

tikus merupakan hewan omnivora

Tapi hewan omnivora ini memiliki gigi seri yang tajam dan juga gigi geraham yang sangat rapat, biasanya digunakan untuk mengunyah pada sistem pencernaan yang lebih rumit. Karena makanan yang dimakan hewan omnivore ini sangatlah bermacam sehingga sangatlah rumit dalam hal pencernaan. Namun hewan omnivora ini tidaklah liar seperti hewan karnivora. Dan disini saya akan menjelaskan pada anda apa saja sih hewan omnivora itu? Dan apa saja makanan hewan omnivora itu? Dan berikut ini adalah beberapa contoh hewan omnivora, antara lain:

  1. Tikus

Contoh hewan pertama omivora ialah tikus, tikus juga memiliki makanan yang beragam loh guys. Tikus makan tumbuhan seperti jagung, padi, kelapa dan juga masih banyak lagi. Namun tikus juga memakan hewan seperti ikan asing, serangga, dan masih banyak lagi. Tahukan anda tikus ini juga termasuk mamalia yang tergolong ke dalam suku Muridae loh guys. Dan oleh karena itu, makanannya itu berupakan hewan dan juga tumbuhan, dan karenanya juga tikus itu di golongkan ke dalam jenis hewan omnivore.

  1. Burung

Tahukan anda hampir semua burung itu digolongkan ke dalam hewan omnivora loh guys. Karena burung itu pada umumnya makan serangga dan sekaligus biji-bijian secara bersamaan. Dan akan tetapi ada juga burung yang ia memakan daging (karnivora). Dan juga ada juga burung yang ia hanya akan memakan biji-bijian (herbivora).

  1. Angsa

Angsa ialah burung (aves) raksasa yang ia mempunyai habitat dan juga ekosistem di perairan. Angsa ini juga merupakan hewan yang berjenis omnivora loh guys. Makanan angsa itu berupa keong dan juga serangga serat juga bisa beragam jenis makanan daun-daunan. So, angsa ini pun tergolong animalia pemakan segalanya bukan guys. Dan satu lagi guys, karena kebanyakan warna angsa itu berwarnakan putih sehingga warna putihnya itu sering dijadikan sebagai lambing kesetiaan.

  1. Bekatan

Bekatan ialah monyet yang berhidung panjang endemic dari tanah Kalimantan. Bekatan ini juga teramsuk mamalia pemakan segalanya loh guys. So, oleh karena bekatan ini masih berkerabat dengan monyet, jadi tak heran jika bekatan ini mengkomsumsi makanan yang hampir sama dengan monyet yah guys. Dan tahukan anda dibeberapa daerah yang ada di tanah air ini, bekatan ini dikenal sebagai monyet Belanda loh guys.

  1. Monyet

Monyet ini ialah hewan yang termasuk ke dalam ordo Primata. Dan hewan yang mempunyai ekor panjang ini termasuk ke dalam hewan omnivora. Makanan monyet ini berupakan buha-buahan, serangga dan juga tunas daun, dan hal ini membuta sistem pencernaan si monyet tergolong kompleks. Sama halnya seperti manusia.

  1. Babi

Tahukan anda babi ini tergolong hewan paling cerdas setelah minyet loh. Karena babi ini juga mudah dipelihara jika dibandingkan dengan hewan lainnya karena babi ini mempunyai kecerdasa. Makanannya juga sangatlah beragam loh guys, babi ini mengkomsumsi daging dan juga daun-daunan, dan oleh karena itu babi ini juga digolongkan ke dalam hewan omnivore.

Oke guys, dan demikianlah beberapa contoh hewan omnivora dan juga makanannya. Sekarang anda sudah tahukan apa saja sih hewan omnivora itu? Dan apa saja sih makanannya? Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat buat anda semuanya yah guys.

Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply