daun sirih merah
10 Manfaat Daun sirih Merah Bagi Kesehatan

10 Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan

Posted on

Daun sirih adalah tanaman asli dari Negara Indonesia yang tumbuh dengan merambat atau dengan bersandar pada batang pohon lain. daun sirih terbagi dalam 3 janis, yaitu sirih merah, sirih hijau, dan sirih hitam. Kali ini, Gedubar akan membahas tentang daun sirih merah yaitu mengenai manfaat daun sirih merah bagi kesehatan tubuh.

10 Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan
10 Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan

Daun sirih merah merupakan tanaman yang berasal dari pulau Sulawesi. Tanaman yang tumbuh dengan cara merambat ini mempunya banyak sekali manfaat sebagai obat herbal. Daun sirih merah tersebut memiliki warna kemerahan dengan corak yang terbilang cukup indah pada daunnya. Cara mengolah daun sirih untuk dijadikan obe adalah dengan direbus. Air rebusan daun sirih memiliki manfaat untuk tubuh manusia, di antaranya:

  1. Penyakit Jantung Koroner

Jantung koroner merupakan penyakit yang disebakan oleh radikal bebas yang merusak dinding pembuluh darah. faktor lain penyebab jantung koroner adalah asap rokok, gaya hidup yang tidak sehat, dan polusi. Cara mengolah daun sirih untuk pengobatan jantung koroner adalah:

  • Pertama sediakan 7 buah biji kemukus, beberapa cabe jintan, 3 butir bawang merah, dan tentunya beberapa lembar daun sirih merah.
  • Campurkan semua bahan tersebut ke dalam sebuah wadah.
  • Tumbuk atau giling semua bahan sampai benar-benar halus.
  • Setelah halus, tambahkan air panas (jangan terlalu panas).
  • Diamkan selama 10 menit lalu peras dan ambil airnya saja. Minum air perasan tersebut secara teratur 2 kali sehari.
  1. Penyakit Diabetes Melitus

Diabetes mellitus atau yang dikenal dengan kencing manis merupakan keadaan dimana tubuh tidak dapat memanfaatkan insulin, sehingga hormon berkurang pada tubuh. Cara mengolah daun sirih merah untuk obat diabetes mellitus sangat mudah, yaitu dengan merebus 3 lembar daun sirih merah yang sudah dicuci bersih. Setelah mendidih, kemudian angkat rebusan tersebut lalu saring dan minum airnya saja secara rutin 3 kali sehari.

  1. Mengobati Sakit Gigi

Cara mengolah daun sirih merah untuk mengobati sakit gigi adalah rebus 3 lembar daun sirih merah menggunakan 2 gelas air, setelah mendidih dan air rebusan hanya tersisa 1 gelas, angkat kemudian dinginkan. Setelah dingin, gunakan air rebusan tadi untuk berkumur-kumur. Kalukan cara tersebut dengan rutin sampai rasa sakit pada gigi anda mulai menghilang.

  1. Obat Kanker Payudara

Kanker payudara adalah keadaan dimana kondisi sel yang tumbuh secara tidak normal dan tidak terkendali dengan cepat. Cara membuat ramuan daun sirih merah untuk obat kanker payudara adalah:

  • Siapkan 10 lembar daun sirih merah dan juga batang yang diambil dari tanaman daun sirih merah.
  • Masukkan kedua bahan tersebut kemudian rebus menggunakan 3 gelas air.
  • Setelah mendidih, angkat dan saring air rebusan daun sirih merah. Minum airnya saja secara rutin sebanyak 2 kali sehari.
  1. Obat Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sangat dihindari oleh semua orang. Resep ramuan obat jerawat menggunakan daun sirih merah adalah:

  • Siapkan 10 lembar daun sirih merah.
  • Giling daun tersebut tapi tidak sampai halus.
  • Seduh dengan 3 gelas air panas dan tunggu sampai dingin. Setelah dingin, gunakan air seduhan daun sirih tadi untuk membasuh muka. Lakukan cara ini dengan teratur yaitu 1 satu kali dalam 2 hari.
  1. Melancarkan Buang Air Kecil

Dengan usia yang semain bertambah, sebagian orang terkadang mengalami kesulitan saat buang air kecil. Jika anda juga mengalami hal yang sama, jus daun sirih merah ini mungkin dapat anda jadikan sebagai obat. Cara pengolahannya adalah:

  • Siapkan 5 lembar duan sirih merah.
  • Sediakan juga beberapa tetes madu dan ebebrapa sendok susu murni.
  • Blender semua bahan tersebut sampai menjadi jus. Minum jus daun sirih merah ini secara rutin satu kali dalam seminggu.
  1. Mengurangi Produksi ASI

Bagi ibu yang baru melahirkan, mereka mengalami 2 kemungkinan yaitu produksi ASI yang terlalu berlebihan atau produksi ASI yang terlalu sedikit. Bagi ibu hamil yang merasa produksi ASI mereka terlalu banyak dan terkadang mubadzir, salah satu cara menggunakan daun sirih berikut bisa jadi solusinya:

  • Siapkan 1 lembar daun sirih merah.
  • Olesi daun sirih merah tersebut dengan minyak kelapa.
  • Bakar sedikit bagian daun sirih merah tadi, kemudian tempelkan pada daerah payudara ibu yang menyusui.
  1. Mengobati batuk

Cara pengolahannya adalah:

  • Siapkan 5 lembar daun sirih merah, 2 lembar daun bidara, dan beberapa tetes madu.
  • Rebuslah 5 lembar daun sirih merah 2 lembr daun bidara dan  tersebut dengan 3 gelas air.
  • Setelah mendidih, angkat dan saring. Sisakan airnya saja kemudian tambahakan beberapa tetes madu agar terasa lebih manis. Minum air rebusan ini secara rutin dua kali sehari.
  1. Mengobati Prostat

Cara mengobati prostat menggunakan daun sirih merah sangat mudah, hanya dengan merebus 5 lembar daun sirih merah yang sudah dicuci bersih dengan 2 gelas air putih. Tunggu sampai mendidih kemudian saring airnya. Minum air rebusan daun sirih merah tersebut secara rutin 2 kali sehari.

  1. Menghilangkan Bau Badan

Cara menghilangkan bau badan menggunakan ramuan daun sirih juga sangat mudah, yaitu dengan merebus lima lembar daun sirih merah dengan 2 gelas air putih, tunggu sampai mendidih kemudian saring dan minum air rebusan tersebut secara 2 kali sehari.

Semoga bermanfaat!

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply