10 Manfaat Air Hujan Untuk Kehidupan Manusia
10 Manfaat Air Hujan Untuk Kehidupan Manusia

iInilah 10 Manfaat Air Hujan Untuk Kehidupan Manusia

Posted on

Air merupakan salah satu sumber kehidupan yang sangat diperlukan oleh semua makhluk hidup yang ada di bumi ini. Air juga merupakan komponen yang paling besar dalam tubuh manusia, oleh sebab itulah manusia tidak bisa terpisah dengan air karna hidup manusia tidak akan sempurna jika tidak ada air. Ada beberapa sumber air dalam kehidupan ini, dan salah satunya adalah air hujan.

Air hujan merupakan air yang terbentuk secara alami melalui proses alam. Proses pembentukan air hujan yaitu berawal dari air yang ada di daratan menguap ke atas kemudian membetuk sebuah awan. Awan yang membawa butiran air tersebut saling bertumpukkan, gaya gravitasi bumi lah yang menyebabkan butiran-butiran air tersebut jatuh ke bumi dan itulah yang disebut dengan hujan.

Banyak dari kita berpikir “apakah air hujan itu aman?” Sebenarnya aman atau tidaknya air hujan tergantung di mana dia jatuh dan bagaimana keadaan udara di tempat ia jatuh.

Kembali ke judul, kali ini Gedubar akan membagikan beberapa manfaat iar hujan, yaitu:

  1. Meningkatkan Ekonomi Manusia

Air hujan memiliki pengaruh yang besar terhadap kehidupan manusia, salah satunya adalah ekonomi manusia. Secara umum, air hujan adalah sumber penting bagi beberapa mata pencaharian manusia seperti pertanian, pengolahan sumber daya hutan, dan perikanan. Seperti yang kita ketahui saat musim kemarau banyak petani yang akan mengalami gagal panen karna kurang air, dan saat musim penghujan mereka pun juga akan mengalami hal yang sama karna tumbuhan yang mereka tanam terlalu bamyak mengandung air.

  1. Bagi Kehidupan Manusia

Air hujan yang jatuh ke tanah akan menyerap ke dalam tanah yang kemudian akan dipakai manusia untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari mereka. Air hujan juga merupakan komponen yang paling besar manuisa untuk mendapatkan makanan dari sayuran dan tanaman lain.

  1. Sumber Energi Untuk PLTA

PLTA atau pembangkit listrik tenaga air akan menggantungkan sumber air dari air hujan. Walaupun biasanya PLTA menggunakan air laut atau air danau dalam prosesnya, namun air hujan tetapa menjadi pemasok utama untuk PLTA. Air hujan yang jatuh kemudian ditampung dalam suatu penampungan kemudian akan diubah menjadi sumber listrik dengan menggunakan beberapa perlengkapan teknologi yang canggih.

  1. Melestarikan Lingkungan

Alam terdiri dari 3 komponen yaitu daratan, pegunungan, dan lautan. Memelihara semua komponen alam tersebut memang menjadi kewajiban manusia, namun jika tidak air hujan maka manusia tidak akan bisa memelihara kelestarian 3 komponen alam tersebut. Secara umum, air hujan akan mempertahankan semua kehidupan yang ada di alam semesta ini dengan berbagai fungsi yang saling berhubungan.

  1. Memperbaiki Kualitas Udara bagi Manusia

Air hujan yang sering menyebabkan penyakit adalah air hujan yang turun pertama kali pada saat musim penghujan mulai datang, itu dikarenakan air hujan yang turun pertama kali tersebut  mengandung banyak kotoran dari berbagai zat polutan. Namun air hujan yang sudah sering turun akan dapat membuat udara menjadi lebih baik dan segar. Berbagai jenis polutan yang ada dalam udara akan dibersihkan oleh iar hujan, sehingga kita akan dapat menghirup udara yang segar setelah hujan turun.

  1. Bermanfaat Untuk Kecantikan

Air hujan yang sudah sangat sering turun di saat musim hujan ternyata memiliki manfaat untuk rambut. Berbagai jenis mineral dan kadar garam serta ph yang netral yang dimiliki oleh air hujan sangat baik untuk memelihara kesehatan rambut. Jika anda memiliki masalah dengan rambut rontok, sebaiknya anda mandi dengan air hujan agar akar rambut anda lebih kuat dan masalah rambut rontok anda dapat teratasi.

  1. Sebagai Air Minum

Pernahkah anda mengetahui bahwa ternyata air hujan dapat dimanfaat sebagai air minum? Memang pada dasarnya air hujan yang turun dari langit tidak dapat langsung dikonsumsi, namun para pakar kini telah mengembangkan proses pemurnian air hujan. Pertama, air hujan akan diletakkan dalam sebuah wadah khusus, kemudian akan diteliti untuk melihat berbagai kandungan yang berbahaya di dalamnya. Proses pemurnian yang masih dikembangkan oleh para pakat tersebut bertujuan untuk menghilangkan beberapa kandungan berbahaya dalam air hujan kemudian air hujan tersebut dapat dikonsumsi oleh manusia tanpa harus dimasak terlebih dahulu.

  1. Sebagai Sumber Air Bersih Untuk Manusia

Sebelum menemukan berbagai jenis air bersih yang dapat dimanfaatkan, manusia menggunakan air hujan secara langsung sebagai sumber utama air bersih mereka. Namun kini manusia sudah menemukan berbagi alat canggih untuk mensterilkan air hujan. Setelah air hujan ditampung dan mengalami beberapa proses sterilisasi, air hujan dapat menjadi sumber utama air bersih bagi manusia.

  1. Menjaga Kelangsungan Hidup Hutan

Pada umunya hutan merupapakan rumah bagi beberapa tumbuhan dan hewan liar. Pohon memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia dan hewan, yaitu menyediakan oksigen. Selain itu, pohon juga akan menyerap air hujan sehingga tidak akan terjadi banjir atau tanah longsor. Air hujan merupakan sumber air utama yang dibutuhkan oleh pohon, jika tidak ada air hujan, pohon-pohon yang ada dalam hutan akan mati karna tidak memiliki asupan air.

  1. Menjaga Sumber Air Tanah

Air tanah merupakan sumber air utama bagi manusia. Tanpa air  tanah, manusia akan kesulitan menjalani kehidupan. Air hujan yang jatuh ke tanah akan diserap oleh tanah kemudian disimpan dalam kedalaman tertentu dan dijadikan sebagai cadangan air oleh manusia.

Semoga bermanfaat!

Incoming search terms:

  • как зовут мальчика с чёрными волоссми и жёлтой кепкой из мультика толстый
Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply