Inilah 10 Manfaat Mengerjakan Sholat Tahajud

Inilah 10 Manfaat Mengerjakan Sholat Tahajud

Posted on

Sholat, mempunyai beberapa macam seperti sholat wajib dan sholat sunnah. Sholat wajib yaitu sholat yang dikerjakan wajib dalam sehari-hari dan harus mengerjakannya, apabila ditinggalkan maka hukumnya dosa. Sedangkan sholat sunnah yaitu sholat yang dianjurkan kepada kita untuk melaksanakan, akan tetapi tak diwajibkan yang sehingga tak berdosa apabila ditinggalkan.

Sholat tahajud itu tergolong sholat sunnah, berarti apabila dikerjakan mendapat pahala dan apabila ditinggalkan tidak berdosa untuk ia. Namun, perlu kita ketahui sholat tahajud itu mempunyai manfaat yang sangat besar, apabila dikerjakan secara rutin di setiap malamnya. Sebab manfaat ini juga, mengapa karena sholat tahajud sangat dianjurkan untuk orang muslim. Banyak dalil-dalil atau ayat-ayat dalam al-quran maupun dalam al-hadist yang memberikan penjelasan-penjelasan tentang apa saja kandungan manfaat yang dipunyai oleh sholat sepertiga malam ini. Beberapa contohnya, sebagai penghapus dosa-dosa, bisa menjadi pembuka rezki, sebagai pengabul doa dan tentunya masih banyak lagi. Pastinya, semua itu hanya bisa didapat kalau kita rajin untuk bertahajud kepada-NYA. Mungkin, ini juga yang menjadi salah satu penyebab, Rasulullah di sepanjang hidupnya yang tak pernah meninggalkan sholat tahajud ini. Dan bahkan, dalam sebuah riwayat berbunyi bahwa, sebelum sholat lima waktu tersebut diwajibkan kepada Rasulullah, perintahnya untuk melaksanakan sholat tahajudlah yang pertama kali oleh beliau yaitu dari Allah SWT.

Dan Allah SWT pernah berjanji kepada orang-orang yang berdoa kepada-Nya waktu sholat tahajud pada sepertiga malam, maka doa-doa orang tersebut akan dikabulkan oleh Allah SWT. Allah SWT juga pernah berkata bahwa diri-Nya akan turun ke langit bumi pada waktu 1/3 malam yang terakhir sebelum fajar muncul. Doa-doa yang diucapkan pada saat tersebut akan dijabahkan atau dikabulkan.

Nah, ingin tau apa saja manfaat dari melaksanakan sholat tahajud itu? Sebagai berikut.

  • Dijabahkan Doa-Doanya.
Manfaat Sholat Tahajud
Doa-Doanya Akan Dikabulkan

Manfaat dari sholat tahajud yang pertama yaitu dijabahkan atau dikabulkan doa-doanya. Seperti yang anda ketahui, sholat tahajud merupakan sholat sunnah apabila dikerjakan pada malam hari sesudah tidur terlebihnya sebab arti kata tahajud yaitu bangun pada waktu malam hari. Yang paling utama, sholat tahajud yang dikerjakan di sepertiga malam hingga menjelang masuk waktunya sholat subuh.

  • Dapat Meningkatkan Derajat Yang Lebih Tinggi.

Manfaat sholat tahajud yang kedua yaitu Allah SWT akan mengangkat derajat yang lebih tinggi. Dijelaskan di Al-Quran di Surat Al-Isra’ ayat 79 dan diriwayatkan Abi Barda r.a.

  • Dapat Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT.

Manfaat dari  mengerjakan sholat tahajud yaitu sebagai media untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Dan dijelaskan di HR. Tirmidzi, Al-Hakim, Baihaqi.

  • Mendapatkan Berbagai Kemuliaan.

Manfaat mengerjakan sholat tahajud yaitu orang yang mengerjakan akan mendapatkan berbagai kemuliaan dari Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda : Barang siapa yang mengerjakan sholat tahajud dengan baik, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan kepadanya, 5 macam di dunia dan 4 macam di dalam akhirat.

Nah, adapun 5 keutamaan yang di dunia yaitu akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala hal macam bencana, sebagai tanda ketaatannya akan tampak kelihatan di mukanya, akan dicintai oleh para hamba Allah SWT yang sholeh dan dicintai oleh semua makhluk, lidahnya akan mampu berbicara kata-kata yang mengandung hikmah dan akan dijadikan orang yang bijaksana, yaitu diberi pemahaman dalam agama, seperti itu.

  • Menolak Penyakit dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh.
Manfaat Mengerjakan Sholat Tahajud
Mengerjakan Sholat Tahajud

Manfaat dari mengerjakan sholat tahajud yaitu bisa menolak berbagai penyakit dan di waktu yang sama juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Nah, manfaat ini baru sedikit yang menyadari bahwa kepatuhan kita melaksanakan ritual keagamaan semisal sholat tahajud ini akan memberikan pengaruh pada meningkatnya sistem-sistem pada tubuh yang terutama pada kekebalan tubuh. Perlu kita ketahui, apabila kekebalan tubuh kita telah meningkat, maka otomatisnya segala penyakit yang akan menyerang pada tubuh akan musnah dengan sendirinya, lho.

  • Dapat Menjauhkan Diri dari Kelalaian Hati.

Manfaat dari mengerjakan sholat tahajud yaitu dirinya akan dijauhkan dari kelalaian hati. Rasulullah pernah bersabdah : Barang siapa yang melaksanakan sholat pada waktu malam hari dengan membaca seratus ayat, maka ia tak akan ditulis sebagai orang yang lalai. Dan apabila membaca dua ratus ayat, maka sungguh ia akan ditulis sebagai orang yang selalu taat dan ikhlas.

  • Sama Seperti Menang Dalam Jihad Melawan Musuh.
Manfaat Mengerjakan Sholat Tahajud
Sholat Tahajud

Manfaat dari mengerjakan sholat tahajud yaitu sama seperti meraih kemenangan dalam jihad melawan musuh. Musuh terbesar di dalam diri manusia yaitu hawa nafsu. Mengerjakan sholat tahajud mungkin lumayan berat untuk sebagian orang, sebab melihat waktu pengerjaannya yang mana pada jam-jam di mana kita biasanya tertidur terlepap. Godaan untuk melanjutkan tidur tentunya sangatlah besar di saat itu. Maka dari itu, orang yang bangun dari tidurnya hanya untuk mengerjakan sholat tahajud berarti ia sudah berhasil melawan godaan yang ada dalam dirinya demi beribadah kepada Allah SWT.

  • Dapat Meringankan Lamanya Berdiri Pada Hari Kiamat.

Manfaat dari mengerjakan sholat tahajud yaitu dapat meringankan dirinya ketika berdiri pada hari kiamat.

  • Muka Menjadi Tampak Berkilau dan Bercahaya.

Manfaat dari mengerjakan sholat tahajud yaitu membuat muka menjadi berkilau dan bercahaya.

  • Mendapat Jaminan Masuk Surga.

Manfaat dari mengerjakan solat tahajud yaitu mendapatkan jaminan masuk surga. Rasulullah pernah bersabda bahwa siapapun yang mengerjakan sholat tahajud, maka jaminannya surga untuknya. Dan di jelasakan di dalam suatu hadist HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmidzi.

Nah, inilah beberapa manfaatnya dari mengerjakan sholat tahajud di sepertiga malam. Kerjakanlah sholat entah sholat wajib maupun sholat sunnah, sebab amalan tersebut yang akan diperhitungkan di akhirat nantinya. Begitu banyak manfaat dari mengerjakan sholat malam sepertiga malam ini, sebab itu salah satu dimana doa-doa kita mustajab atau dikabulkan oleh Allah SWT.

 

Gravatar Image
Saya orangnya enggak suka terlalu cerewet. Suka menulis, ,membaca paling suka membaca tentang motivasi. Saya sering diajak curhat. Salah satu dari cita-cita saya ingin menjadi pengusaha muda yang sukses, dan tentunya ingin membahagiakan kedua orang tua. ingin lebih tau tentang saya.. ajak ngobrol atau temui saya.

Leave a Reply