Cara Memilih Antivirus Yang Bagus

Posted on

Setiap pengguna computer atau user tentunya sangat membutuhkan perangkat lunak atau software seperti antivirus ini agar bisa melindungi system operasi ataupun bisa melindungi data dan file yang terdapat di computer. Sangat banyak sekali jenis antivirus yang ada dam bisa kita gunakan untuk melindungi data dan system computer kita dari serangan virus/malware. Dalam menentukan aplikasi antivirus yang mana yang harus kalian gunakan itu memiliki berbagai kriteria agar bisa memndapatkan antivirus yang berkualitas. Kriterianya diantaranya.

1.Mampu Mendeteksi Malware Atau Virus Dengan Baik

Malware atau malicious software merupakan perangkat lunak yang mencurigakan dan seringkali merusak system dan merusak data computer. Antivirus yang berkualitas harusnya bisa mendeteksi keberadaan dari malware ini dengan baik. Atau minimalnya antivirus itu bisa memberi peringatan tentang keberadaan malware jika antivirus tersebut tidak bisa mengantisipasinya.

2.Tidak Membebani Komputer Secara Berlebih

Setiap antivirus yang telah kita install dalam computer tentunya akan membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit yang di ambil dari kemampuan computer. Dengan begitu setiap computer yang di pasangkan antivirus akan berkurang kinerjanya dibandingkan sebelum antivirus itu di pasang kinerja yang paling terasa itu kecepatannya setiap antivirus tentunya membutuhkan resource yang mana setiap antivirus itu berbeda-beda sesuai kemampuannya yang di miliki. Semakin lengkap fitur antivirus yang ada maka semakin besar pula resource yang di butuhkan sehingga ini akan membebani kinerja dari computer kalian. Terus bagaimana cara mengatasinya.
Caranya kalian hanya perlu menyesuaikan antivirus dengan spesifikasi dari lapto kalian yang ada. Jika lapto kalian memiliki spek yang rendah maka pilihlah juga antivirus yang ringan. Dan jika laptop kalian itu memiliki spek yang kuat maka terserah kalian mau mengambil antivirus apa saja.

3.Mengkombinasikan Antivirus

Antivirus buatan asing tentunya akan lebih bagus di bandingkan dengan antivirus buatan local yang gratisan lagi. Setiap antivirus tentunya mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing masing. Makin banyaknya varian dari virus yang bertambah setiap harinya bahkan hingga ribuan jenis virus entah itu virus local maupun virus asing, tentunya hanya dengan menggunakan satu antivirus saja tidak akan mampu mengatasi semua itu, maka dari itu kalian perlu mengkombinasikan dua antivirus dalam system computer kalian, dan perlu di ingat jangan menginstal lebih dari dua antivirus dalam satu system computer.

4.Memudahkan Bagi Penggunanya

Selain memilih antivirus yang bisa membaasmi virus secara optimal, kalian pilih juga antivirus yang bisa mempermudah penggunanya. Beberapa antivirus itu harus melibatkan sang pengguna di saat terdeteksi virus dan selalu saja harus mengklick dan klick coba kalian bayangkan bagaimana di setiap menitnya terdeteksi virus dan harus mengklicknya juga pastinya akan sangat repot bukan, makanyacoba kalian cari antivirus yang sistemnya itu otomatis agar lebih mudah.

5.Fasilitas Update/Upgrade

Kalian pilihlah antivirus yang memiliki fasilitas update dan updatelah antivirus kalian minimal 1 bulan sekali dan juga sesuaikan updatetan kalian itu dengan koneksi internet kalia pilihlah antivirus yang update tannya tidak terlalu berat.

6.Pertimbangkanlah Fitur Tambahannya

Semakin lengkap fitur yang di berikan semakin berguna pula antivirus tersebut. Dan beberapa fitur tambahan yang sangat berguna bagi kit ajika ada di antivirus kita adalah fitur firewall, parental control, antispam, internet control, application control dan juga bisa meng bakup secara otomatis.

Beberapa tips memilih antivirus di atas tadi hanyalah sebagian dari apa yang saya ketahui, masih banyak lagi factor yang mungkin perlu untuk di pertibangkan juga yang mana setiap kebutuhan orang pastinya berbeda-beda yang harus di sesuaikan dengan aktivitas dan computer kalian. Demikianlah artikel saya ini semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua…TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA…

Gravatar Image
Ohayo minna san saya adalah pemuda yang penuh akan keinginan untuk mempelajari hal hal yang menurut saya bisa bermanfaat untuk kehidupanku. juga saya senang berfantasi yang hal itu tidak bakal terjadi. hobi saya nonton Anime dan main Games.

Leave a Reply