hargai
Menghargai dan Menghormati Dengan Membuatnya Bangga

Teruntuk Kamu Seorang Anak, Mari Jaga Etika Pada Kedua Orang Tua!

Posted on

Kita sebagai anak yang mempunyai kedua orang tua harus tahu bahwa mereka adalah sosok yang peling berharga bagi kita semua. Dan mereka sangatlah berpengaruh besar di dalam hidup kita ini. Jika saja tanpa kesabaran mereka dalam mendidik kita hingga besar dan juga jika tanpa kasih sayang diberikan kepada kita tidak akan mungkin kita bisa bertahan di dunia ini.

Karena Allah SWT telah meletakkan kasih sayangnya melalui mereka, hingga mereka mau bertahan dan selalu berusaha merawat dan juga mendidik hingga dewasa. Lalu, pernahkah kamu berfikir apa yang telah kita berikan kepada kedua orang tua kita? Apa yang membuat orang tua bangga kepada kita? Sebagai wujud terima kasih kita kepada mereka.

Dan Of Course sebagai seorang anak kita harus selalu patuh dan juga taat terhadap perintah-perintah yang mereka berikan kepada mereka. Wujud terima kasih yang pantas kita berikan kepada mereka adalah dengan cara kita bisa membuat mereka bangga kepada kita dan membuat mereka senang serta membahagiakannya di hari-harinya. Bukan hanya it saja orang akan lebih senang jika anaknya memiliki etika kepada orang tua. Nah, untuk itu marilah kita lakukan menjaga etika kita dengan cara berikut.

1. Selalu Patuh dan Taat Pada Perintah dan Larangannya Selama Tidak Melanggar Perintah Tuhan

taat
Patuh dan Taatlah Pada Orang Tua

Ketika kita sebagai anak diperintahkan untuk menaati kedua orang tua maka kita harus mentaatinya dan selalu patuh kepada keduanya. Namun, seorang anak bisa mengelak perintah kedua orang tuanya ketika perintahnya menuju kepada  pelanggaran yang sudah dilarang oleh agama dan juga Allah SWT. Dan sebagai manusia pun kita tidak bekewajiban untuk mentaati perinta yang menuju ke kemaksiatan. Dan sebenar-benarnya ketaatan itu ketika menuju pada kebaikan. Dan jika kamu diperintahkan orang tuamu untuk menyekutukan Allah SWT maka jangan sampai kita mentaati dan mengikutinya dan sebaliknya kita harus meluruskan perintah mereka dan menggaulinya dengan baik ketika di dunia seperti dalam Al-Quran Surat Luqman:15.

2. Hargailah dan Hormatilah Kedua Orang Tua

hargai
Menghargai dan Menghormati Dengan Membuatnya Bangga

Cara yang benar untuk menjaga etika kita adalah dengan kita menghargai dan menghormati kedua orang tua kita seperti ketika kita berbicara kepada keduanya dengan merendahkan suara kita dan juga memuliakannya dengan perkataan dan perbuatn yang baik dan sopan jangan sampai ketika berbicara padanya suara kita lebih tinggi darinya. Dan ketika ingin berpergian atau keluar sebentar hendaknya izin kepada keduanya dan tidak pergi tanpa izin keduanya. Karena dengan begitu kedua orang tua kita merasa dihargai kehadirannya. Dan jika kamu sudah memiliki istri dan anak maka jangan samapai mengesampingkan kedua orang tuamu terutama ibumu dan kamu lebih mendahulukan istri dan anakmu, jika kamu melakukannya maka kamu termasuk anak yang durhaka.

3. Berbakti Kepada Keduanya Dengan Membantu Meringankan Pekerjaannya Sesuai Kemampuan Diri

meringankan
Selalu Berbakti Dengan Membantu Meringankan Pekerjaannya

Serperti yang telah dilakukan kedua orang tua kita untuk kebaikan kita dengan adanya mereka memberikan asupan gizi kepada kita mulai dari kecil hingga besar. Maka ketika kita sudah besar jangan sampai lupa akan hal itu dan untuk membalasnya maka menjadilah anak yang berbakti seperti dengan meringankan pekerjaannya dengan kita membantu membersihkan rumah jika saja kita sendiri sibuk dengan pekerjaan maka carikanlah asisten rumah tangga yang bisa membantu orang tuamu namun akan lebih baik bila diri sendiri yang melakukannya. Dan ketika kedua orang tua kita tidak sanggup lagi bekerja maka biarkanlah mereka berhenti dan sebaliknya rawatlah ganti orang tuamu dengan memberikannya makan dan pakaian, mengobati penyakit yang ada di tubuhnya jika memang ada, dan selalulah mengalah kepada keduanya demi kebaikannya.

4. Sambunglah Hubungan Kekerabatan yang Mana Keduanya Hanya Kamulah Kerabat Terdekat

mendatanginya
Menjenguknya Dikala Kesibukanmu

Sambunglah hubungan yang baik kepada keduanya ketika kamu tak lagi bersamanya maka sempatkanlah untuk selalu bertemu dengannya jangan sampai keduanya yang memintamu untuk datang. Dan selipkanlah nama keduanya dalam doa-doamu dan mintakanlah kebaikan dan ampunan dosa dari-Nya.

Gravatar Image
Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply