Kerajaan Samudera Pasai
Kerajaan Samudera Pasai

Mendalami Kisah Kesultanan Samudra Pasai Yang Menjadi Saksi Kejayaan Islam Di Nusantara

Posted on

Tahukah kamu kerajaan samudra pasai? Yups, Kerajaan yang terletak didaerah pantai utara Aceh ini merupakan kerajaan islam pertama yang ada di Indonesia. Kesultanan samudra pasai muncul pada abad ke 13 setelah kehancuran kerajaan sriwijaya. Dan juga kerajaan ini didirikan oleh Marah Silu yang berganti nama menjadi  Malik As Saleh yang telah memeluk agama Islam. Kekuasaan Sultan Malik terjadi kurang lebih 29 tahun. Kerajaan samudra pasai sendiri merupakan sebuah gabungan dari kerajaan  Pase dan Peulark.

Islam merupakan agama yang sangat banyak sekalli dianut oleh masyarakat Pasai, walaupun memang pengaruh agama hindu dan budha juga masuk, tetapi tidak sebanyak islam. Budaya yang dimiliki masyarakat pasai sangatlah mirip dengan bbudaya yang dimiliki oleh masyarakat Malaka. Baik dari segi bahsa, tradisi, atau yang lainnya sangatlah mirip. Dan kemungkinan besar kesamaan tersebut karena adanya pernikahan putri pasai dengan raja malaka.

Letak Geografis Kerajaan Samudera Pasai
Letak Geografis Kerajaan Samudera Pasai

Nah, dan adanya samudra pasai ini diperkuat oleh Ibnu Batutah yang merupakan sejarawan dari Maroko. Kerajaan samudra Pasai merupakan pusat studi islam. Ibnu Batutah berkunjung ke kerajaan ini dan juga menyebutkannya menjadi “Sumutrah” yang lama kelamaan menjadi Sumatera. Itulah awal mula kenapa pulau tersebut diberi nama dengan nama Sumatera.

Setelah pemerintahan Sultan Malik As Saleh berakhir dan kemudia dilanjutkan oleh putranya Sultan Muhammad Malik Az Zahir dari pernikahannya dengan putri peurlak. Pada pemerintahan  Sultan Malik Az Zahir koin emas mulai dijadikan sebagai mata uang di daerah kerajaan. Seiring berkembangnya waktu kerajaan samudra pasai mulai dikenal dengan pusat perkembangan islam.

Dan setelah pemerintahan Sultan Malik As Saleh dilanjutkan oleh pemerintahan putranya sendiri yaitu Ahmad Malik Az Zahir. Pada pemerintahan ini terjadi serangan dari kerajaan Majapahit pada tahun 1345 dan juga 1350 yang mengharuskan Sultan Pasai melarikan diri dari ibukota kerajaan.

Dan setelah itu kesultanan pasai kembali bangkit dibawah pimpinan Sultan Zain  Al Abidin Az Zahir pada tahun 1383 dan memerintah sampai tahun 1405. Pada tahun ini juga Armada Cheng Hong memimpin 208 kapal dan mengunjungi kerajaan pasai Dan pada tahun 1434 sultan pasai mengirim saudaranya Ha-Li-Zhi-Han tetapi telah wafat dahulu di Beijing. Kekaisaran Xuande  yang berasal dari dinasti Ming mengutus Wang Jinhong menuju pasai untuk menyampaikan kabar tersebut.

Dan menjelang detik detik terakhir pemerintahan kesultanan Pasai, terjadi sebuah pertikaian yang menjadikan sebuah peperangan saudara. Karena memang pertikaian tersebut yang semakin memanas dan dirasa tidak ada ujungnya, dan akhirnya sultan pasai meminta bantuan sultan malaka agar pemberontakan tersebut tidak semakin memanas. Akhirnya pemberontakan tersebut mulai mereda, maka dari itu hubungan antara kedua kerajaan tersebut semakin kuat dan juga baik.

Dan akhirnya pada abad 16 portugis mulai berdatangan memasuki perairan selat  malaka dan berhasil menguasai samudra pasai. Dan akhirnya wilayah samudra pasai dikuasai oleh kerajaan Aceh dan berpusat di Bandar Aceh Darussalam yang dipimpin oleh Sultan Ali Mughayat.

Dan juga ternyata kerajaan samudra pasai juga memiliki warisan sejarah yaitu ditemukannya makam Sultan malik As Saleh yang menandakan bahwa islam telah masuk wilayah nusantara pada abad ke 13 walaupun ada orang lain yang berpendapat bahwa islam sebenarnya masuk lebih awal dari pada itu.Kejayaan kerajaan ini banyak menginspirasi masyarakat sekitar untuk memakainya menjadi nama universitas yaitu Universitas malikussaleh di Lhokseumawe.

Nah, itulah sejarah kerajaan islam samudra pasai yang merupakan sebagai bukti perkembangan Islam di Nusantara. Semoga artikel tersebut dapat bermanfaat untuk anda. Good Luck!

Gravatar Image
Mimpimu hari ini akan menjadi kenyataan di hari esok. Inilah prinsip yang saya pegang sampai sekarang dan memacu semangat saya supaya terus berkembang..Tetap semangat jadi yang terbaik diantara yang baik baik

Leave a Reply