4 Tips Sederhana Merawat Kucing Anggora Dirumah

Posted on

Kucing angora, merupakan kucing yang memiliki bulu semi panjang ini memanglah menjadi daya tarik tersendiri bangi orang yang pecinta binatang. Memiliki bentuk badan yang cenderung gemuk, atau berisi jika di bandingkan dengan kucing biasa yang sering kali kita jumpai. Sudah pasti, dengan berbagai perbandingan kucing jenis ini memiliki cara perawatan yang berbeda pula. Perawatannya tidak terlalu berbeda dengan kucing jenis lainnya, akan tetapi kucing angora ini membuatuhkan suatu perhatian yang khusus.

Bagi anda para pecinta kucing, tentunya hal- hal yang berhubungan dengan binatang peliharaannya menjadi suatu prioritas tersendiri yang di anggap sangatlah pendting.  Hal ini tentunya tak berbeda pada para pecinta kucing anggora, yang memperhatikan beberapa hal mulai dari yang umum di lakukan hingga pada yang khusus. Berikut adalah beberapa hal yang umum, perlu di perhatikan saat merawat kucing anggora

Beberapa hal umum ini tidak hanya untuk kucing anggora saja akan tetapi juga biasa di lakukan pada banyak peliaraan lainnya. Yaitu antara lain : tentang kebersihan diri, kebersihan lingkungan, pola makan dan juga vaksinasi pada binatang tertentu.

kucing anggora
kucing anggora
  1. Memandikan

Pada kucing anggora ini, cara perawatan secara umum tersebut di lakuakn dengan lebih spesifik, jika di lihat dari hal kebersihannya kucing jenis ini minimal di mandika  dua minggu sekali, atau bagi anda si pemilik kucing yang memiliki cukup banyak waktu luang untuk memotong kuku si kucing seminggu sekali. Agar terlihat rapid an anggun. Hal ini perlu di lakuakn dengan rutin, akann tetapi yang di maksud rutin disini, tidak setiap hari. Karena kebersihan yang di butuhkan oleh kucing berbeda halnya dengan manusia, kucing tidak perlu setiap hari di mandikan. Untuk perawatan bulu pada kucing, di usahakan untuk selalu kering atau mungkin tidak lepek, akan tetapi juga jangan terlalu sering untuk membersihkannya karna untuk menghindari kerusakan dan  juga kerontokan pada bulu.

  1. Menjaga kebersihan kandang

Hal ke dua yang wajib di lakuakan untuk menjaga kesehatan si kucing adalah menjaga kebersihan kandangnya. Untuk membersihkan kandangnya anda bisa menggunakan yang berbahan alumunium, hal ini di lakukan untuk menghindari timbulnya karat. Untuk kotak pasir yang ada di kandang usahakan untuk membersihkannya 2 kali dalam satu minggu dan perlu untuk menyemprotkan  desinfektan.

  1. Makanan dan minuman

Di lihat dari segi makanan kucing anggora ini harus mendapatkan perhatian yang tak kalah dari segi kebersihan dirinya, usahakan anda memberi makanan pada kucing untuk mengkonsumsi makanakan yang kering, hal ini di karenakan makanan basah kurang baik untuk kesehatan si kucing.

Untuk minumannya, boleh anda berikan susu akan tetapi bukan susu yang biasa di konsumsi olehh manusia dan yang berfrekuensi yang kecil. jika tidak ingin repot anda juga dapat memberikannya air minum matang saja itu sudah cukup. Anda sebagai pemelihara kucing juga wajib mengetahui untuk tidak memberikan makanan pada kucing anggora  selain makanan khususnya, misalnya ayam, ikan, dan lain sebagainya.

  1. Vaksinasi

Selanjutnya, untuk menghasilkan kucing yang sehat, pada usia 3 bulan kucing anggora ini perlu segera di lakukan vaksinasi, pada umumnya dokter menyarankan untuk melakukan vaksinasi sebanyak 3 kali, akan tetapi tidak wajib untuk melakukannya untuk jenis vaksin yang di lakukan tahunan.

Itulah beberapa hal yang perlu di perhatikan jika ingin memiliki kucing anggora dan cara perawatannya agar kucing tetap hidup sehat dan juga terawatt. Semoga bermanfaat!

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply