manfaat buah salak
manfaat buah salak

9 Manfaat Menakjubkan Buah Salak Bagi Kesehatan Tubuh

Posted on

Manfaat Buah Salak

Buah salak, buah yang satu ini tentunya sudah tak asing lagi terdengar di telinga kita. Buah salak merupakan salah satu buah yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Salak memiliki rasa manis namun agak asam yang menjadi ciri khas buah salak ini sehingga buah salak ini menjdi begitu di gemari oleh banyak orang. Namun taukah anda buah yang batangnya hampir mirip dengan batang sawit ini ternyata memiliki beberapa khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut ini kita akan membahas beberapa manfaat mengkonsumsi buah salak bagi kesehatan tubuh kita :

manfaat buah salak
manfaat buah salak
  1. Meningkatkan system imun

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah salak ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus yang menyebabkan terjadinya penyakit.

  1. Menjaga kesehatan mata

Menurut paraa ahli, salak mengandung betakarotin yang lima kali lebih banyak jika di bandingkan dengan buah wortel, mangga, tomat, dan juga buah semangka. Jika anda tidak suka untuk mengkonsumsi wortel untuk menjaga kesehatan mata anda. anda bisa mengkonsumsi salak yang dapat di gunakan sebagai buah alternative yang dapat memenuhi kesehatan mata anda.

  1. Kaya akan serat.

Jika ada yang mengatakan bahwa mengkonsumsi salak terlalu banyak akan membuat buang air besar menjadi susah, itu adalah mitos. Padahal yang sebenarnya adalah,, kulit ari yang terdapat pada buah salak mengandung serat yang sangat di butuhkan oleh tubuh kita, yang mana serat tersebut justru dapat memperlancar pencernaan, jadi jika sedang memakan buah salak usahakan kulit ari buah salak jangan sampai terbuang.

  1. Obat diare

di saat anda mengalami diare, tak ada salahnya jika anda mencoba pengobatan dengan cara alami terlebih dahulu. Yaitu dengan cara mengkonsumsi buah- buahan segar yang masih muda yang memiliki banyak serat dan juga mengandung banyak nutrisi salah satunya adalah buah salak. Hal ini dapat membantu untuk menghilangkan penyakit diare.

  1. Membantu program diet

Buah salak mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, hal ini mampu untuk menahan lapar ketika sedang menjalankan program diet.

  1. Dapat meningkatkan kecerdasan otak

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa, buah salak mampu meningkatkan kecerdasan otak dengan membawa kandungan potassium dan pectin, yang mana hal ini dapat menutrisi beberapa syaraf dan mampu memperlancar serta dapat mengendalikan peredaran darah menuju otak.

  1. Baik untuk ibu hamil

Bagi ibu hamil harus pintar- pintar untuk memilih jenis makanan yang baik untuk kesehatan sang ibu dan juga kesehatan bayi yang ada di kandungannya. Sehingga memilih makanan yang sehat dan penuh gizi, hal ini menjadi proritas utama yang harus di miliki oleh ibu hamil. Salak juga baik bagi ibu hamil muda yang sering mual- mual, rasa mual tersebut bisa di atasi dengan mengkonsumsi salak, namun jangan terlalu berlebihan untuk mengkonsumsi salak, hal ini juga harus di imbangi dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein.

  1. Mengatasi anemia

Buah salak ternyata juga dapat di gunakan untuk buah alternative untuk mengatasi anemia, kandungan tiamin serta kandungan zat bezi yang terdapat dalam buah salak inilah sangat baik untuk membantu penderita anemia. Zat besi adalah salah satu pemeran penting dalam memproduksi sel darah merah. Hal ini juga baik di konsumsi oleh ibu hamil, karena ibu hamil sangat membutuhkan sel darah merah yang lebih tinggi dari orang biasanya, karena di gunakan untuk menyumbang oksigen pada si janin melalui plasenta.

  1. Baik untuk kesehatan tulang

Buah salak mengandung kalium yang bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan tulang. Terutama bagi ibu hamil, salak ini bermanfaat untuk dapat membentuk beberapa jaringan kerangka tulang pada janin, selain itu juga, kalsium ini di butuhkan bagi ibu hamil untuk mempersiapkan tubuh dalam proses persalinan.

Tetapi, buah salak ini tidak di anjurkan untuk dikonsumsi oleh orang yang menderita magg dan tifus, hal ini di karenakan ada beberapa kandungan dalam salak tidak baik untuk si pasien. Namun selain penderita di atas anda bisa mengkonsumsi salak kapan pun. Begitu banyak manfaat buah salak yang membawa kebaikan bagi kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaatJ!

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply