Fat mature man measuring his belly with tape

Perut Buncit? Ini nih Cara Mengecilkannya

Posted on

 Cara Mengecilkan Perut Buncit

buncit
perut buncit

Perut buncit. Persoalan yang satu ini tak hanya mengganggu penampilan, tapi juga berpotensi menimbulkan penyakit tertentu. Selain disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), ada dua cara untuk menentukan apakah Anda memiliki perut buncit atau tidak. Cara pertama adalah anda harus menghitung perbandingan antara pinggang dan pinggul. Jika perbandingan 0,85 pada wanita dan 0,9 pada pria, maka anda dapat dikatakan memiliki perut buncit.

Sedangkan cara kedua untuk menentukan buncit/tidaknya seseorang adalah dengan anda mengukur lingkar pinggang . Untuk orang Asia, perut buncit terjadi apabila lingkar pinggang di atas 80 cm pada wanita dan 90 cm pada pria.

Perut buncit terjadi karena faktor makanan yang dikonsumsi bahkan ada yang menjelaskan yaitu dari faktor keturunan, dan membuat kurang pecaya diri, selain itu perut buncit juga tidak bagus untuk kesehatan, karena hal ini sangat berhubungan dengan beberapa penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, stroke, dan lainnya.

sumber-penyakit
sumber penyakit

Perut buncit juga dipengaruhi oleh kebiasaan diet, olahraga, stres, dan lain-lain. Kondisi seperti ini sering dialami oleh beberapa atau seluruh anggota dari sebuah keluarga. Selain faktor keturunan, kebiasaan diet dan olahraga yang ada di keluarga tersebut juga ikut ambil peran. Banyak sekali kaum hawa yang ingin perutnya ramping dan tidak buncit terutama ketika setelah melahirkan, nah disini saya memberikan sedikit info bagaimana cara mengecilkan perut :

  1. Memasak Makanan Sendiri

Diet yang sehat yakni diet dengan tinggi protein dan serat (Makanan serat tinggi seperti gandum, oatmeal, kacang polong , kelabat, kedelai, dll.), rendah karbohidrat, rendah lemak dan natrium. Setelah anda tahu makanan mana saja yang memiliki lemak berlebih anda harus memasak makanan untuk diri anda sendiri dan jangan lupa untuk tidak mengonsumsi minyak terlalu banyak dan hindari kalori yang terlalu berlebihan. Dan konsumsilah makanan yang mudah membakar pada lemak misalnya apel, buah jeruk, cabai, kacang-kacangan, kayu manis, ketimun, jahe, asparagus dan tomat.

  1. Olahraga Untuk Mengecilkan Perut.

Berbicara tentang olahraga sebagai cara mengecilkan perut buncit, anda cukup melakukan kegiatan fisik yang moderat selama sekitar 40-50 menit, 3-5 kali dalam seminggu, sudah cukup efektif untuk menghilangkan lemak dari perut anda. Semakin anda melakukan olahraga CARDIO (seperti jalan cepat, jogging,bersepeda, jalan santai, dll). Bersepeda 3 jam total dalam seminggu selain membakar lemak diperut juga dapat mengurangi penyakit jantung dan stroke.

  1. Mengkonsumsi Vitamin C

Pengurangan kortisol dapat membantu mencegah peningkatan penyimpanan lemak di perut. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C setiap hari, misalnya jeruk, buah kiwi, dll. Saat ini vitamin C juga tersedia dalam bentuk suplemen, namun disarankan untuk mengkonsumsi vitamin c melalui makanan/buah-buahan, sebaiknya jangan lebih dari 500 miligram per hari.

Gravatar Image

Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply