Ini Dia Tips Agar Foto-Fotomu di Malam Hari Tetap Bagus Walaupun Menggunakan Smartphone!
Ini Dia Tips Agar Foto-Fotomu di Malam Hari Tetap Bagus Walaupun Menggunakan Smartphone!

Ini Dia Tips Agar Foto-Fotomu di Malam Hari Tetap Bagus Walaupun Menggunakan Smartphone!

Posted on

Kawan Gedubar, banyak hal unik dan menakjubkan di malam hari yang dapat kita abadikan lho! Seperti tren kekinian teknik lukisan cahaya (light painting), lanskap perkotaan dengan cahaya lampu yang gemerlap, stsu sekedar selfie atau wefie di tengan suasana malam. Namun sayangnya, terkadang keindahan suasana malam masih sulit kita abadikan menggunakan smartphone, cahaya yang kurang terang dan kontras yang tinggi antara area yang diterangi cahaya dan yang gelap membuat hasil foto di malam hari kurang maksimal.

Tapi bukan berarti kawan Gedubar nggak bisa memotret dengan hasil jepretan yang kece di malam hari ya! Ada trik-trik khusus yang akan Gedubar bagikan agar anda dapat menghasilkan foto yang apik di malam hari walupun menggunakan smartphone. Yuk, langsung simak beberapa langkah berikut!

  1. Agar Posisi Kamera Tetap Stabil Saat Dipegang, Cobalah Untuk Tahan Nafas Saat Mmemencet Tombol Shuffer pada Smartphone mu

Foto di siang hari saja dapat berpotensi blur hasilnya, apalagi foto di malam hari. Jika kamera smartphone mu tidak memiliki sensor yang bagus atau fitur image Stabilization (OIS), ada gerakan sedikit saja saaat memegang kamera maka hasil fotomu akan nge-blur. Nah, agar tanganmu tetap stabil dan nggak bergoyang saat memegang kamera, sebaiknya tahan nafasmu sebentar. Cara ini mungkin sederhana, tapi dijamin bakal bikin hasil fotomu jelas dan terang.

  1. Kalau masih Takut Hasilnya Nge-blur, Gunakan Saja Tripod dan Timer

Saat memotret di malam hari shutter yang lambat sangat dibutuhkan untuk menangkap cahaya yang lebih banyak. Hal tersebut tentunya membutuhkan tangan yang stabil dan nggak goyang-goyang saat memegang kamera. Jika kamu merasa kesulitan, gunakan saja tripod dan timer. Kalau kamu nggak punya tripod, kamu bisa memakai tongsis atau monopod mu kok!dengan begitu, kamu akan terhindar dari godaan tangan yang bergoyang atau hal lain yang dapat membuat hasil fotomu nge-blur.

  1. Memanfaatkan Fitur Night Mode yang ada pada Smartphone mu

Fitur yang satu ini merupakan salah satu fitur yang hampir ada pada smartphone yang beredar di pasaran saat ini. Dengan menggunakan fitur night mode, hasil fotomu akan lebih baik karna terjadi beberapa filterisasi yang mencocokkan dengan waktu saat malam hari. Namun kekurangan dari fitur ini adalah jika objek yang kamu foto banyak bergerak, maka hasil fotonya akan nge-blur. So, pastikan nggak ada gerakan yang dilakukan oleh objek yang akan kamu foto.

  1. Kamu Harus Tahu Kapan Menggunakan flash dan Jangan Pernah Menggunakan Fitur Zoom

Jika memotret objek yang jaraknya lumayan jauh, kamu nggak perlu menggunakan fitur flash, hal itu hanya akan menimbulkan bercak-bercak yang nggak jelas pada foto. Dan jika kamu menggunakan flash untuk objek yang cukup dekat, hasilnya akan terlalu mengkilap dan pucat. Selain itu, jangan menggunakan fitur zoom untuk memudahkan proses pemotretan, dekati atau jauhi saja objek yang akan kamu foto agar hasil fotonya jelas dan nggak nge-blur.

  1. Kamu Harus Punya Smartphone yang Kameranya Bisa Diandalkan

Yang terakhir dan yang paling penting untuk mendapatkan hasil jepretan yang bagus di malam hari adalah kamu harus punya smartphone dengan bukaan lensa (aperture/”f”_) yang besar. Karna semakin besar setting aperture, cahaya yang ditangkap oleh lensa kamera akan semakin banyak sehingga dalam kondisi gelap sekalipun kamu bisa mendapatkan hasil foto yang terang dan jernih.

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply