Nak Ingatlah, Nasihat Sederhana Ini Akan Membimbingmu Menuju Kehidupan Esok yang Lebih Baik

Posted on

Orang tua mana yang tidak pernah memberi nasihat kepada anaknya? Pasti mereka selalu memberikan nasihat sesuai apa yang sudah pernah mereka alami di masa lalu yang sudah membuat mereka menjadi kuat, tangguh, sabar dan penyayang seperti sekarang. Mereka memiliki harapan besar kepada anak-anaknya, mereka pasti ingin anaknya bisa hidup lebih baik daripada hidupnya dulu. Seharusnya kamu bersyukur memiliki orang tua seperti mereka, nasihat tersebut diberikan kepadamu sebab mereka sangat menyayangimu dan mereka perduli akan kehidupanmu dimasa mendatang, mereka sangat takut jika nanti kamu salah melangkahkan kakimu esok.

Banyak anak anak yang menyepelekan nasihat dari orang tuanya, sebab mereka belum tau bagaimana kerasnya dunia mendatang yang belum mereka hadapi. Baru nanti beberapa tahun kemudian, mereka akan memahami apa maksut orang tua mereka memberi nasihat seperti itu. Inilah beberapa nasihat yang biasanya diberikan orang tua kepada anak anaknya :

Jagalah kehormatan keluargamu

Jagalah kehormatan keluargamu

Pasti semua orang tua memberikan nasihat ini kepada anaknya, mereka hanya ingin kalian baik baik saja diluar sana ketika mereka yang mulai menua dan sudah tak mampu mendampingi kalian nanti. Mereka ingin kalian tetap berkelakuan baik walaupun mereka sedang tak ada disampingmu, mereka sangat sedih sekali jika nanti kalian salah pergaulan. Mereka ingin kalian melakukan kebaikan dan kebaikan, sebab denganmu yang mengerjakan kebaikan pasti nantinya keluargamu akan merasakan kebaikanmu tersebut. Kehormatan keluargamu akan semakin terangkat dan orang tua semakin bangga denganmu.

Jangan pernah lupakan asal usulmu

Jangan pernah lupa asal asalmu

Mereka yang telah melahirkanmu dan mereka juga yang merawatmu hingga kamu bertumbuh sebesar ini, pasti merekalah orang yang sangat menyayangimu tak peduli sebesar apapun kekuaranganmu, mereka tetap menerimamu menjadi anaknya. Mereka hanya berpesan “Kemanapun kamu pergi dan sejauh apapun tempatnya jangan pernah melupakan tanah kelahiranmu ini, jengguklah beberapa saat walaupun kesibukan selalu menyelimutimu, ingatlah disana masih ada orang orang yang sangat menyayangimu yang selalu merindukan kepulanganmu”

Hormatilah kedua orang tuamu

Hormati orang tuamu

Ketahuilah bahwa orang tua adalah tempat pulang yang paling nyaman jika dibandingkan seluruh orang didunia ini, mereka pun sudah hafal seperti apa sifatmu yang sebenarnya. Orang tua adalah perantara dari Tuhan, ingatlah jika orang tuamu senang akan kelakuanmu maka Tuhan pun merasakan itu, tapi jika orang tuamu marah maka Tuhan pun akan lebih murka. Oleh karena itu, hormatilah mereka yang sangat berjasa ini sepenuh hatimu agar kamu selalu mendapatkan ridho darinya.

Rukunlah dengan pasangan

Rukunlah dengan pasanganmu

Pasti mereka ingin kalian hanya melakukan pernikahan sekali dalam seumur hidup, oleh karena itu mereka selalu mengatakan sebuah hal padamu “sayangilah selalu pasanganmu itu” itu artinya mereka tak ingin hidupmu susah dan penuh dengan kekerasan, mereka hanya ingin kamu lebih bahagia dengan pernikahan tersebut.

Jadilah orang yang pandai memasak

Jadilah wanita yang pandai memasak

Jika kalian seorang wanita, pasti ibumu sering menyuruhmu untuk belajar masak bukan? Sebab mereka sudah mengerti seperti apa kehidupan seorang wanita yang tak pandai memasak. Ketahuilah, seorang wanita yang baik adalah mereka wanita yang menyempatkan waktu dalam kesibukannya untuk menyajikan sebuah masakan untuk keluarganya. Memang memasak sudah menjadi kewajiban seorang wanita, jadi secantik apapun kalian nanti semuanya akan sia sia jika kalian tidak bisa memasak. Oleh karena itu, belajarlah memasak mulai sekarang atau belajarlah dengan ibumu pasti dia mau mengajarimu.

Rajinlah merawat diri

Rajin merawat diri

Inilah nasihat untuk para wanita, pernahkah ibumu mengomentari caramu berpakaian atau caramu menata kerudung? Pasti pernah bukan. Wanita harus men jadi manusia yang berpenampilan baik ketika hendak keluar rumah bahkan didalam rumah juga harus lho, sebab semua orang akan menilaimu dari penampilanmu.

Membersihkan rumah

Rajin membersihkan rumah

Sesibuk apapun kegiatanmu sempatkanlah waktumu untuk membersihkan rumahmu , jangan bermalas malasan dirumah ataupun menunda nunda pekerjaan rumah.

Menjalin hubungan dengan keluarga besar

Menjalin hubungan dengan keluarga besar

Banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga besarmu, apalagi di zaman yang canggih ini semua yang jauh akan terasa dekat dengan fitur fitur canggih yang sudah disajikan. Jalinlah hubungan yang baik dengan keluargamu, buatlah hubungan kalian semakin akrab walaupun kalian berbeda kota.

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply