5 Makanan Khas Papua Barat yang Populer dan Juga Sangat Terkenal

Posted on

Tahukah anda Papua? Ya Papua, Papua ialah sebuah provinsi terluasa di Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling timur Papuan bagian barat yang dulunya bernama Irian Jaya. Adapun belahan timurnya ialah negara Papua Nugini. Dulunya provinsi Papua itu mencakup seluruh wilayah Papua Bagian Barat, tapi sejak tahun 2003 dibagi menjadi dua provinsi yaitu bagian timur tetap memakai nama Papua dan sedangkan bagian baratnya memakai nama Papua Barat.

Dan tahukan anda  apa saja sih makanan khas Papua yang paling populer dan terkenal? Mungkin bagi anda sedikit yang tahu mengenai makanan khas Papua ini. Mungkin anda akan penasaran jika berbicara mengenai makanan khas Papua ini bukan guys, karena kebanyakan orang itu belum mengetahui kalau makanan khas Papui ini sangatlah enak. Oleh karena itu disini saya akan mengajak kalian semua untuk membahas sedikit tentang makanan khas Papua yang enak dan juga populer ini dan yang pastinya wajib untuk anda mencobanya jika anda sedang berada di Papua ini. Daftar makanannya antara lain:

  1. Sate Ulat Sagu

Makanan khas Papua yang satu ini ialah sebuah makanan yang mungkin bagi anda meruapakan makanan yang ekstrim. Karena makanan yang satu ini bernamakan Sate Ulat Sagu yang berbahan dasarkan ulat sagu yang ia memiliki cirri dan juga ukuran sekitar sebesar jempol orang dewasa dan biasanya diambil dari pohon sagu yang sudah membusuk. Bisa anda bayangkan gimana kan rasanya guys? Tapi yang lebih unik lagi Sate Ulat Sagu ini bisa anda makan baik masih mentah ataupun setelah diolah (dimasak) hingga matang. Dab di Papua sana Sate Ulat Sagu ini sering dijadikan sebagai camilan yang sudah sangat umum karena sate ini enak, gurih dan juga kenyal. Bahkan di dalam sate ini terdapat kandungan protein yang sangat bagus, jadi sate ini bermanfaat bagus untuk kesehatan tubuh kita loh guys.

  1. Aunu Senebre

Makanan khas Papua yang satu ini ialah makanan yang di dalamnya terdapat ikan teri nasi yang menjadi bahan dasar makanan ini. Bahan yang tadi saya sebutkan itu kemudian di campur dengan daunt alas yang sudah di iris-iris sehingga akan tercampur dengan cukup rata. Dan banyak yang berkata bahwa makanan khas Papua yang satu ini mempunyai tekstue yang kering, tapi dalam kenyataannya makanan khas Papua ini mempunyai tekstur yang tidak terlalu kering ko guys. Dan bahkan dari daunt alas yang di iris-iris tadi itu akan menghasilkan rasa yang gurih dan juga lezat.

  1. Papeda

Makanan khas Papua yang selanjutnya ialah makanan yang sudah hampir terkenal di seruluh Indonesia loh guys. Makanan yang bernamakan Papeda ini meruapakan makanan yang di buat dari sagu khas Papua dan sagu ini dijadikan menajdi bubur yang ia memiliki tekstur yang kenyal. Papeda ini merupakan makanan yang memiliki warna putih, mempunyai tektur yang kenyal, mempunyai rasa tawar dan juga biasanya di makan bersamaan dengan ikan tongkol yang sudah di bumbui dengan kunyit.

  1. Ikan Bungkus

Makanan khas Papua yang selanjutnya ialah Ikan Bungkus. Makanan yang satu ini terbuat dari daunt alas yang berfungsi sebagai pembungkus makanan dan tentu saja di dalam daum talas tersebut berisikan ikan laut yang sudah dikasih bumbu rempah yang khas dari Papua yang bercita rasakan asin ini. Cita rasa acin itu juga mempunyai fungsi sebagai penghilang getah yang ia terdapat di dalam daunt alas tersebut. Dan untuk pemasakannya yaitu dengan cara di bakardi atas api yang kecil hingga ikan bungkus itu matang.

  1. Ikan Bakar Manokwari

Makanan khas Papua yang terakhir ialah sebuah makanan yang sangat lezat, makanan ini juga diberi nama Ikan Bakar Manokwari yang tentunya berasal dari masyarakat Manokwari. Adapun ikan yang sering digunakan dalam Ikan Bakar Manokwari ialah ikan menggunakan ikan tongkol. Dan jika anda bertanya tentang rasa ikan bakar ini pastinya rasanya itu sangatlah enak dan juga lezat.

Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply