10 Manfaat Biji Bunga Matahari Bagi Kesehatan
10 Manfaat Biji Bunga Matahari Bagi Kesehatan

10 Manfaat Biji Bunga Matahari Bagi Kesehatan

Posted on

Biji bunga matahari atau yang biasa kita sebut kuaci merupakan salah satu makanan yang sangat baik karna memiliki kecukupan gizi. Biji bunga matahari juga merupakan sumber yang sangat baik dari minyak tak jenuh, sehingga biji bunga matahari merupakan salah satu camilan yang menyehatkan. Ia memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang khas, camilan ini juga dapat kita jumpai di pasar-pasar tradisional ataupun di supermarket. Selain dijadikan camilan, biji bunga tanaman herbal tahunan ini juga populer digunakan sebagai bahan masakan.

Biji ini dihasilakn dari bunga tanaman herbal tahunan yang termasuk dalam keluarga Astereceae, dalam genus Helianthus. Tanama ini merupakan tanaman asli dari Amerika Tengah. Namun saat ini sudah banyak Negara yang menjadi produsen biji bunga matahari, seperti Argentina, Cina, dan Rusia. Panjang biji bunga matahari berkisar antara 6 sampai 10 mm, memiliki bentuk ujung kerucut dan permukaan yang halus. Warna bagian luarnya hitam bergaris putih dan bagian dalamnya berwarna putih semu abu-abu. Setiap bunga matahari memiliki ratusan biji yang mengandung minyak nabati.

Biji bunga matahari merupakan sumber kesehatan yang luar biasa karna memiliki kandungan nutrisi, mineral, vitamin, dan antioksidan yang diperlukan tubuh. Kandungan lemak dalam biji matahari juga berasal dari asam lemak tak jenuh, sehingga biji bunga matahari sangat cocok dijadikan camilan saat diet.

Dikarenakan beberapa kandungan yang ada di dalamnya, biji bunga matahari ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh, dan berikut adalah beberapa manfaat tersebut:

  1. Anti-Inflamasi

Biji bunga matahari mengandung vitamin E yang cukup tinggi, yaitu antioksidan yang dapat larut dalam lemak tubuh. vitamin E diserap oleh tubuh untuk menetralkan radikal bebas yang bisa merusak struktur lemak seperti sel-sel otak, membran sel, dan kolesterol. Vitamin E memiliki efek anti-inflamasi yang signifkan sehingga dapat mengurangi gejala beberapa penyakit seperti osteoarthiritis, asma, dan rheumatoid arthiritis. Vitamin E yang terkandung dalam biji bunga matahri juga telah terbukti dapat mengurangi resiko kanker usus besar, mengurangi komplikasi diabetes, dan membantu mengurangi keparahan dan frekuensi hot flashes pada wanita yang menopause.

  1. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular merupakan penyakit gangguan pada organ jantung dan pembuluh darah. Penyakit kardiovaskular ada banyak, namun yang paling terkenal adalah stroke dan penyakit jantung. Vitamin E dalam biji bunga matahari juga dapat berepran baik untuk memerangi penyakit tersebut. Sebuah studi menjabarkan bahwa seseorang yang memiliki supan vitamin E yang cukup memiliki resiko kematian yang disebabkan oleh serangan jantung yang lebih rendah dibandingkan dengan seseorang yang tidak memenuhi asupan vitamin E pada tubuh mereka.

  1. Menurunkan Kolesterol

Biji bunga matahari memiliki kandungan pitosterol yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan resiko kekebalan kanker tertentu.

  1. Dapat Menenangkan Saraf, Otot, dan Pembuluh Darah

Magnesium yang terkandung dalam biji bunga matahari memiliki peran penting untuk mengimbangi kalsium, sehingga dapat membantu dalam mengatur saraf dan otot. Magnesium dapat menormalkan kinerja saraf dan pembuluh darah. Asupan magnesium yang cukup dapat berkontribusi baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi, kejang otot, kram otot, dan migrain.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain dapat menenangkan saraf, otot, dan pembuluh darah, kandungan mangnesium dalam biji bunga matahari juga diperlukan untuk kesehatan tulang dan produksi energi, karna 2/3 dari magnesium dalam tubuh manusia ditemukan dalam tulang.

  1. Meningkatkan Proses Detoksifikasi dan Mencegah Kanker

Kandungan selenium yang ada dalam biji bunga matahari merupakan mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh. beberapa penelitian membuktikan bahwa selenium dapat menginduksi perbaikan DNA dalam sel yang rusak, menginduksi apoptosis mereka, menghambat proliferasi sel kanker, dan digunakan tubuh untuk menghilangkan sel-sel yang abnormal.

  1. Baik Bagi Pertumbuhan Anak

Biji bunga matahari merupakan sumber protein dan asam amino yang sangat baik untuk proses pertumbuhan anak.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin E dalam biji bunga matahari memang memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah menjaga kesehatan kulit. Vitamin E yang terkandung dalam biji bunga matahari merupakan anti-oksidan yang diperlukan untuk menjaga integritas membran sel selaput lendir, serta juga dapat melindungi kulit dari radikal bebas.

  1. Untuk Perkembangan Janin

Jumlah asam folat yang terkandung dalam biji bunga matahari yaitu sekitar 227 mg per 100 gr sangat baik untuk sintesis DNA serta mencegah cacat saraf pada janin.

  1. Mengurangi Depresi

Selain dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, kandungan niacin dan pyridoxine dalam biji bunga matahari juga mampu menigkatkan aktivitas GABA (Gamma-Aminobutyric Acid) dalam otak, dan akan membantu mengurangi kecemasan yang berlebihan dan neurosis.

Mari sehat dengan biji bunga matahari!

 

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply