Sebelum Menyesal! Yuk Cari Tahu Gejala Mata Katarak
Sebelum Menyesal! Yuk Cari Tahu Gejala Mata Katarak

Sebelum Menyesal! Yuk Cari Tahu Gejala Mata Katarak

Posted on

Katarak adalah salah satu gangguan mata yang biasa diderita oleh para manula. Hal ini umum terjadi, Pandangan mereka pada obyek akan terlihat kabur. Hal tersebut dapat karena lensa mata mengeruh. Padahal fungsi dari lensa mata sendiri untuk memfokuskan cahaya yang akan diteruskan ke retina. Oleh sebab itu, cahaya yang masuk ke mata kurang. Sehingga bayangan sulit untuk dibentuk. Jika hal tersebut dibiarkan terus menerus, maka keruhnya lensa pula semakin memburuk. Akibat terparahnya yaitu terjadi kebutaan. Sehingga solusinya kamu harus mengganti lensa mata dengan yang baru. Biasanya dengan lensa buatan yang sengaja dibuat oleh pakar kesehatan.

Sebelum Menyesal! Yuk Cari Tahu Gejala Mata Katarak
Sebelum Menyesal! Yuk Cari Tahu Gejala Mata Katarak

Mau tahu apa saja gejala-gejala mata katarak, yuk check this out!

  1. Penglihatan mulai kabur

Gejala awal mata katarak yakni Katarak membuat lensa mata kamu semakin keruh. Sehingga menghalangi cahay yang masuk ke mata. maka retina juga mengalami kesusahan saat membentuk bayangan. Hal tersebut disebabkan adanya penggumpalan protein selaras dengan yang bertambahnya usia manusia. Lensa mata tatkala kita berusia anak-anka cenderung berwarna bening. Kemudian lama-kelamaan protein mata menggumpal. Sehingga mengganggu proses penglihatan. Finally, bayangan yang terbentuk terselimut kabut.

  1. Mata silau

Gejala yang kedua yakni Mata akan terlihat sangat sensitif dengan cahaya luar. Apalagi cahaya yang begitu menyilaukan mata. sebab system visual susah untuk memilih dan mengontrol cahaya.

  1. Bisa melihat normal bila cukup cahaya

Kamu yang memiliki penyakit katarak sangat membutuhkan pencahayaan yang cukup untuk dilihat. Mata tidak mampu bekerja dengan baik kalau dalam kondisi remang-remang. Karena cahaya ini kurang untuk menembus keruhnya lensa. Kalau tak mampu dengan cahaya yang begitu terang. Sebab cahaya justru terlalu menyilaukan.

  1. Seperi terlihat dua

Obyek yang terlihat menjadi dua atau ganda. Karena bayangan yang terbentuk tidak begitu sempurna. Focus menjadi agak kabur. Sehingga bayangan yang dibentuk diretina menjadi dua.

  1. Warna obyek memudar

Katarak juga membuat warna obyek seperti memudar. Karena keruhnya lensa menjadi warna yang asli tampak lebih muda. Biasanya kalau penderita terlalu lama terfokus pada warna benda, yang terlihat malah kuning. Karena urat retina yang sudah menguning.

  1. Penglihatan kacau saat malam hari

Sebab katarak menjadi sangat sulit untuk membaca atau melihat obyek saat malam hari. Saat malah hari focus mata menjadi kurang. Tidak hanya katarak, tapi sebagian besar penyakit mata pula mengalami masalah saat malam hari.

  1. Terasa melihat lingkaran

Sinar yang diperoleh oleh sumber cahaya, hanya penderita katarak yang mampu menangkap adanya lingkaran sinar. Seperti lingkaran dalam lampu mobil. Hal tersebut karena sinar terpantul oleh keruhan lensa.

  1. Mata terganggu cahaya gelap

Penderita katarak sangat terganggu dengan intesitas cahaya yang kurang. Mereka membutuhkan pencahayaan yang cukupn tatkala membaca sesuatu. Karena cahaya ini digunakan untuk menembus keruhnya mata.

  1. Nyeri pada mata

Penderita katarak akan merasakan nyeri dan ngilu di area matanya. Dia juga sering merasakan sakit kepala. Sehingga pengaruhnya disekitar tubuh bagian atas atau kepala.

  1. Kerap ganti lensa

Kamu yang terkena penyakit katarak, awalnya hanya merasa mengalami mata minus atau plus saja. Sehingga kamu membeli kacmata cekung / cembung. Kemudian semakin lama, mata semakin parah rabunya. Sehingga kamu berasumsi  mata kamu semakin minus atau plus. Sebenarnya hal tersebut adalah indikasi bahwa keruhnya lensa mata yang semakin memperparah.

  1. Mengapa katarak terlihat coklat

Penderita katarak pasti merasa benda yang dilihatnya dalam waktu lama akan tampak coklat. Hal tersebut sudah menjadi maluk bagi penderita. Karena retina dalam mata yang keruh tersebut lama-lama tidak lagi bening. Keruhan ini member efek lensa menguning. Sehingga semua benda yang dilihat lama juga akan tampak menguning

Oke sobat gedubar, mungkin sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kamu.

Gravatar Image
Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu "BISA DAN MAMPU". jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply