Dampak Penggunaan Rokok Elektrik Bagi Kesehatan

Posted on

Rokok elektrik atau yang lebih dikenal dengan sebutan vapor sekarang sudah menjadi trend tersendiri dikalangan remaja, vapor yang diciptakan untuk mengurangi rasa ketergantungan seseorang terhadap rokok tembakau, ternyata sama saja bahayanya dengan rokok tembakau. Mungkin sekarang vapor masih menjadi perdebatan dikalangan para ahli, namun beberapa penelitian sudah menjelaskan bahwa vapor juga memiliki beberapa bahaya dari rokok tembakau.

Bagian bagian rokok elektrik

Rokok elektrik memiliki beberapa bagian seperti liquid yang digunakan untuk menampung cairan yang jika dipanaskan dapat menghasilkan uap yang berasap, drip, mods, tombol power dan alat yang digunakan untuk memanaskan liquid agar berubah menjadi uap asap. Larutan didalam liquid tersebut mengandung gliserin, propilen glikol dan perasa. Larutan itulah yang dipanaskan oleh alat pemanas dan akan keluar menjadi uap asap, liquid tersebut juga bisa diisi ulang dan digunakan beberapa kali. Ada beberapa macam rasa untuk mengisi liquid tersebut, ada rasa mint, buah-buahan, kopi, susu maupun coklat.

Awalnya larutan didalam liquid tersebut tidak mengandung nikotin yang dapat menyebabkan kecanduan pengguna vapor, namun semakin banyak orang mengenal vapor semakin banyak juga permintaan untuk menambah nikotin didalam larutan liquid tersebut, lalu jika sekarang vapor sudah mengandung nikotin itu artinya rokok elektrik sama saja seperti rokok tembakau, sama sama dapat membuat orang kecanduan bukan?

Larutan liquid untuk vapor

Bahaya penggunaan rokok elektrik atau vapor

  1. Jumlah kadar nikotin yang tidak menentu

Banyak penjual vapor yang menyatakan bahwa larutan liquid yang mereka jual tidak mengandung nikotin, padahal sebenarnya? Pasti ada. Mereka juga tidak menentukan jumlah kadar nikotin didalam larutan liquidnya, mereka hanya mengira-ngira berapa kadar nikotin yang akan mereka masukkan kedalam larutan liquid. Mereka tidak menggunakan takaran nikotin yang pas, padahal penggunaan kadar nikotin yang terlalu tinggi dapat mematikan penggunanya. Nikotin adalah zat berbahaya yang sudah termasuk sebagai narkotika.

  1. Ledakan yang membahayakan diri anda

Rokok elektrik adalah rokok yang menggunakan daya baterai untuk memanaskan larutan liquid agar berubah menjadi uap asap. Coba pikirkan jika terjadi kesalahan pada alat pemanas ataupun baterai mengalami kesalahan arus pasti terjadi ledakan bukan? Tidak perduli sekecil apapun arus listrik yang dihasilkan oleh rokok elektrik, namun tidak menutup kemungkinan terjadinya ledakan kecil yang bisa membahayakan diri anda.

  1. Merusak paru paru

Asap hasil dari pemanasan larutan liquid yang masuk kedalam paru paru dapat menyebabkan iritasi pada paru paru, jika pengunaanya sudah dalam jangka waktu lama, asap tersebut juga dapat menyebabkan timbulnya kanker. Asap yang dihasilkan dari gliserin, nikotin, zat perasa dan glikol juga berbahaya bagi penggunanya.

  1. Penyakit pada jantung

Asap yang dihasilkan dari penggunaan rokok elektrik yang masuk kedalam tubuh pasti masuk kedalam peredaran darah juga, asap tersebut dapat menyebabkan pusing ringan dan dalam jangka waktu tertentu asap tersebut juga dapat menyebabkan serangan jantung, hal ini disebabkan asap tersebut mengikat oksigen dan membuat penghisap asap tersebut kekurangan oksigen.

Efek samping penggunaan rokok elektrik

Rokok elektrik atau vapor mengandung nikotin cair sintesis yang dapat menyebabkan iritasi pada paru paru. Lalu, ketika pengguna vapor menghisap larutan tersebut, larutan tersebut akan berubah menjadi carbonyl yang dapat mengakibatkan kanker. Rokok elektrik yang memiliki pengatur suhu dapat menghasilkan carbonyl lebih banyak jika suhu semakin dipanaskan, selain itu asap yang dihasilkan rokok elektrik dapat menghasilkan aerosol yang berbahaya untuk kesehatan paru paru manusia.

Bagaimana? Masih mau menggunakan rokok elektrik ataupun rokok tembakau? Ternyata rokok elektrik juga sama berbahaya kan dengan rokok tembakau, sebaiknya matikan rokok anda sebelum rokok yang mematikan anda.

 

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply