8 Aktivitas ini Sering Dialami Oleh Ibu Hamil Muda Loh!

Posted on

Mungkin pagi anda para bumil maksudnya ibu hamil, adakalanya anda akan bingung apa sih yang mesti di lakukan dan apa yang tak seharusnya dilakukan untuk ibu hamil, apalagi bagi anda ibu hamil muda pastinya hal ini sangatlah membingungkan bukan. Dan terkadang keluarga akan berperan penting guna memberikan saran dan juga kepeduliannya agar ibu yang sedang mengalami hamil muda ini tidak akan salah dalam melakukan aktivitas.

pegal-pegal ini sering dirasakan oleh ibu hamil muda

Dan berikut ini adalah beberapa keluhan yang sering kali menjadi alasan kenapa sih ibu hamil sangat sulit melakukan aktivitas:

  1. Sembelit

Hormon progesterone pada saat hamil akan menyebabkan relaksi pada usus, sehingga dapat menjadikan daya dorong usus terhadap sisa makanan akan berkurang. Maka terjadilah sembelit ini karena sisa-sisa makanan yang menumpuk.

  1. Nyeri ulu hati

Hal seperti ini sering dirasakan karena adanya gas karbondioksida yang ia tidak keluar secara alami. Maka dianjurkanlah dengan baik tubuh ibu yang sedang hamil ini terkena sinar matahari pagi, guna memperlancar proses pembuangan gas karbondioksida tersebut nantinya.

  1. Kram

Kekakuan pada tangan dan kaki ini akan terjadi pada saat enjelang akhir kehamilan. Bagian tubuh tersebut akan sedikit membengkak karena banyak menyimpan cairan. Dan akibatnya syaraf jadi tertekan, hal ini terjadi karena kurangnya pergerakan sehingga akan menimbulkan sirkulasi darah yang tidak lancar, kurangnya kalsium, kelelahan, hormone krhamilan, dan juga tekanan rahim pada otot.

  1. Sering merasakan pegal-pegal

Jika terjadi hal yang seperti ini ini akibat kurangnya kalsium yang menyebabkan pegal-pegal di sepanjang kehamilan. Tak heran jika ibu hamil akan mudah merasakan pegal-pegal karena otot tubuh mereka mengalami pengenduran, dan juga bisa dibilang ibu hamil akan membawa beban yang berlebih.

  1. Sering buang air kecil

Mungkin keluhan yang satu ini sering sekali dialami ibu hamil. Hal ini bisa dikarenakan cyaca yang dingin ataupun kecenderungan ibu hamil yang terlalu banyak meminum air putih. Dan akibatnya, ginjal akan lebih banyak pula memproduksi air seni dan juga letak kandungan kemih yang ia bersebelahan langsung dengan rahim sehingga membuat kapasitasnya berkurang.

  1. Sering mengalami sakit kepala

Sakit kepala ini bisa disebabkan dari pengaruh hormone saat kehamilan. Penyebab dinding pemluh darah akan melebar yaitu dengan membukanya hormone progesterone. Dan juga hal ini bisa menyebabkan penurunan tekanan darah dan juga bisa membuta para ibu hamil merasakan sakit kepala.

  1. Sering mengalami muntah-muntah

Mungkin hal ini sekitar 70 persen ibu hamil akan mengalami rasa mual-mual, pegal-pegal serta pusing hingga merasa meriang. Hal ini merupakan gejala yang normal yang sering muncul pada trimester pertama ibu hamil (pada kehamilan 6-14 minggu). Karena keluhan ini juga kerap dikenal dengan istilah Morning Sickness. Hal ini dikarenakan terjadinya plasenta yang berkembang dan juga menghasilkan sejenis hormone HCG yang bisa mengakibatkan muntah-muntah yang melalui rangsangan otot dari poros lambung. Dan semakin tinggi hormone yang satu ini maka akan semakin cepat merangsang muntah.

  1. Sering merasakan gatal-gatal

Dalam hal ini mungkin bisa diakibatkan karena alergi, karena ada juga alergi yang timbulnya menjadi gatal-gatal. Dan bagi anda ibu hamil harus bisa mengetahui apa sih penyebab alergi ataupun apa sih faktor kulit anda yang mudah sensitive. Maka bagi anda ibu hamil perbanyaklah mengkomsumsi buah-buahan yang cocok dengan ibu yang sedang hamil.

Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply