walt disney pictures
walt disney pictures

10 Film Animasi Terbaik Disney yang Diambil dari Kisah Dongeng

Posted on

Walt Disney merupakan seorang entrepreneur yang mendedikasikan hidupnya untuk dunia anak. Dari waktu ke waktu, film-film animasi maupun live-action yang diproduksinya selalu memiliki pesan moral yang baik untuk anak. Dia pun juga membangun theme park yang hingga saat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh dunia. Padahal pada awalnya, niatnya hanyalah ingin membahagiakan orang tuanya, namun saat ini kekayaan yang ia wariskan pada anak cucunya tak terhitung jumlahnya.

Kembali membicarakan tentang dunia film animasi, Walt Disney Pictures telah menghadirkan banyak kisah dan karakter dalam film yang menjadi kesayangan anak-anak, seperti Donald Duck, Mickey Mouse, Frozen, dan masih banyak lagi. Selain itu, Walt Disney juga memproduksi banyak film yang kisahnya diangkat dari dongeng. Dongeng-dongeng ini merupakan kisah-kisah terkenal yang berasal dari berbagai Negara, bisa dari Amerika, Eropa, dan bahkan Asia. Berikut ini merupakan 10 film animasi terbaik Walt Disney yang diambil dari kisah dongeng:

  1. Snow White and the Seven Dwarfs(1937)

Snow White and the Seven Dwarfs
Snow White and the Seven Dwarfs

Film ini merupakan film animasi klasik pertama yang telah diproduksi oleh Walt Disney Pictures. Kisah dalam film ini diangkat dari dongeng Jerman karya Grimn Bersaudara, proses produksinya pun dilakukan dengan cara gotong royong oleh para animator dan sineas Disney saat itu. Tercatat ada sejumlah 6 sutradara yang mengarahkan film ini yang tugasnya dibagi untuk beberapa adegan. Kisah dalam film ini sendiri sudah sangat familiar, yaitu Snow White yang dibuang ke hutan oleh ibu tirinya karna cemburu dengan kecantikan yang dimilikinya sehingga membuat Snow White berteman dengan 7 kurcaci yang pada akhirnya dapat membantunya kembali ke kerajaan.

  1. Cinderella (1050)

Cinderella
Cinderella

Bisa dibilang film Cinderella merupakan film yang menyelamatkan Walt Disney Pictures dari kebangkrutan. Hal ini dikarenakan pasca perang dunia 2, distru=ibusi film Disney tidak ada yang dapat merambah ke Eropa dan hanya berputar di Amerika saja. Ditambah lagi dengan perilisan beberapa film yang kurang bisa membuat moviegoers terkesan saat itu. Hingga pada akhirnya Disney memproduksi sebuah film yang kisahnya diambil dari dongeng populer Eropa karya sastrawan Perancis Charles Perrault, yang berjudul Cendrillion. Nama karakter uatamanya diubah oleh Disney menjadi Cinderella membuat nama tersebut lebih sering dipakai hingga saat ini dan menjadi sangat populer di seluruh dunia. Cerita tersebut berkisah tentang seorang gadis bernama Cinderella yang hidup bersama ibu tiri dan 2 putinya yang jahat. Namun seorang peri datang dan menylulapnya menjadi puti untuk semalam yang mampu menaklukan hati pangeran.

  1. Sleeping Beauty (1959)

Sleeping Beauty
Sleeping Beauty

Film ini diambil dari 2 kisah dongeng yang dijadikan satu, berkisah tentang seorang puti yang disihir oleh penyihir jahat untuk teridur dan hanya bisa bangun jika cinta sejatinya yang menciumnya.

  1. The Little Mermaid (1989)

The Little Mermaid
The Little Mermaid

Setelah mengalami kegagalan di era 1970an sampai petengahan 1980an, The Little Mermaid merupakan film yang menjadi awal kebangkitan Walt Disney Pictures di era modern yang biasa disebut sebagai Disney Renaissance. Film ini diangkat dari kisah dongeng menarik Negara Denmark karya Hans Christian Andersen, berkisah tentang seorang putrid duyung yang ingin menjadi seorang manusia karna telah jatuh cinta pada seorang manusia. Film ini sekaligus juga menjadi pelengkap dari misteri putrri duyung yang hingga saat ini masih menjadi perbincangan masyarakat.

  1. Beauty and the Beast (1991)

Beauty and the Beast
Beauty and the Beast

Film animasi Beauty and the Beast merupakan animasi dongeng terbaik hingga saat ini. Selurih elemen yang ditampilakn dalam film sangat komplit sehingga mendapatkan banyak pujian dari para kritikus filmsedunia, tak heran film ini meraup keuntungan yang berlimpah serta beberapa penghargaan dari ajang festival film bergengsi. Film ini diadaptasi dari kisah dongeng Perancis karya Jeanne-Marie Leprince de Beaumont, yang berkisah tentang seorang pangeran tampan yang berubah menjadi makhluk yang menyeramkan karna kutukan atas kelakuan buruknya. Untuk menghilangkan kutukannya,  ia harus berusaha mencari seorang gadis yang benar-benar mencintainya.

  1. Aladdin (1992)

Aladdin
Aladdin

Sudah banyak film animasi Disney yang diambil dari dongeng Eropa, kali ini Disney melirik dongeng dari Timur Tengah yang tertulis di kumpulan Kisah 1001 Malam, Aladdin. Film ini berkisah tentang cinta seorang pemuda biasa kepada seorang putri raja, cinta yang ia inginkan berhasil ia dapatkan berkat batuan jin baik yang ia temukan. Cerita ini sangat populer dis eluruh dunia hingga banyak muncul film dengan kisah serupa.

  1. Pocahontas (1995)

Pocahontas
Pocahontas

Kali ini Disney mengambil kisah dongeng dari Amerika, Pocahontas. Disney juga mengambil beberapa cerita sejarah invansi dan kolonisasi bangsa Eropa ke benua Amerika. Karna kisah dalam film Pocahontas merupakan campuran dari dongeng dan sejarah, cerita ini menjadi sangat menarik bagi mayoritas penikmat film. Namun film ini juga menuai banyak kritikan karna cerita sejarah yang ada dalam film tersebut kurang akurat. Namun menurut banyak orang kritikan tersebut salah tempat, karna film ini bukanlah film sejarah namun film animasi dongeng untuk anak-anak.

  1. Mulan (1998)

Mulan
Mulan

Rasanya belum lengkap bila Disney belum mengambil kisah dongeng dari benua Asia. Kemudian diproduksilah film Mulan yang duambil dari kisah China tentang perjuangan seorang wanita yang menyamar sebagai seorang prajurit pria agar bisa menggantikan kakanya masuk militer dan berperang demi kerajaannya. Dalam film ini, Eddie Murphy berhasil mencuri perhatian para penontonnya sebagai naga kecil yang sangat cerewet serta yang selalu membantu Mulan.

  1. Tangled (2010)

Tangled
Tangled

Menurut catatan perfilman, hingga saat ini Tangled merupakan film animasi dengan bujet terbesar yaitu sekitar 260 juta dollar. Produksi film ini memakan waktu selama 6 tahun, Alan Menken pun diundang untuk memproduksi musiknya setelah ia berpisah dari Disney di akhir tahun 1990 lalu. Film yang diangkat dari kisah Rapunzel ini selain menghabiskan bujet yang sangat besar, film ini menghasilkan keuntungan yang besar pula.

  1. Frozen (2013)

frozen
Frozen

Sampai sekarang kita sangat sering melihat anak-anak yang memakai baju, tas, dan aksesoris lain yang bergambar karakter frozen. Ini dikarenakan film Frozen sangat populer di seluruh dunia, apalagi di kalangan anak-anak. Film ini juga dianggap sebagai film Disney terbaik di masa setelah berakhirnya Disney Renaissance. Cerita dari film ini diangkat dongeng The Snow Queen karya Hans Christian Andersen, seluruh karakter dalam filmnya sangat loveable dan seluruh adegannya sangat memorable. Beberapa pesan moral dalam filmnya pun juga sangat baik bagi anak-anak. oleh karna itulah Disney masih menggarap naskah untuk kelanjutan kisah ratu es ini namun masih belum diketahui kapan tanggal pasti perilisannya.

“All our dreams can come true, if we have the courage to pursue them!”

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply