Inilah 7 Makanan Khas Makassar yang Enak dan Juga Lezat!

Posted on

Tahukan anda dengan Kota Makassar? Kota Makassar ini juga dikenal sebagai Kota Ujung Pandang dan juga merupakan ibu kota provinsi Sulawesi Selatan. Kota Makassar ini juga disebut sebagai kota metropolitan terbesar yang berada di kawasan Indonesia Timur ini. Kota Makassar ini juga terletak di pesisir barat daya Pulau Sulawesi dan juga perbatasan dengan Selat Makassar yang berada di sebelah barat.

makanan khas Makassar

Dan apakah kalian mengatahui apa  saja sih makanan khas Sulawesi Selatan atau Kota Makassar ini? Jika tidak, disini saya akan membberitahu kalian semua apa saja sih makanan khas Kota ini. Jika anda penasaran, langsung saja makanan khasnya ialah:

  1. Kapurung

Kapurung ini adalah salah satu makanan khas trdisional dari Sulawesi Selatan, khususnya pada masyarakat daerah Luwu (kota Palopo, Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur). Meskipun makanan ini hanya terbuat dari sari atau yang kita kenal dengan nama tepung sagu, namun makanan khas ini juga banyak di gemari loh, apalagi semenjak di jual di warung-warung yang ada di Kota Makassar ini. Adapun di daerah Maluku makanan ini dikenal dengan nama Papeda. Kapurung ini dimasak dengan campuran ikan ataupun daging ayam dan juga berbagai macam aneka sayuran. So, cita rasa kapurung ini sangatlah enak dan juga menyehatkan loh guys.

  1. Sop Konro

Sop Konro ialah masakan sup iga spi khas Indonesia yang berasal dari sebuah trdisi Bugis dan juga Makassar. Sup ini bisa anda makan dengan ketupat kecil yang sudah dipotong-potong terlebih dahulu sebelum dimakan. Sup ini biasanya berbahan dasarkan iga sapi ataupun daging sapi, adapun kuah yang berwarna gelap ini berasal dari buah kluwek yang memang ia berwarna hitam. Dan satu lagi guys bumbu sup ini relative kuat karena menggunakan ketumbar jika orang Makassar memasak makanan khas yang satu ini.

  1. Coto Makaassar

Coto Makassar ataupun Coto Mangkasara ialah makanan tradisional dari Kota Makassar ini. Makanan ini berbahan dasarkan jeroan sapi (isi perut sapi), biasanya sapi yang sudah direbus cukup lama, setelah itu rebusan jeroan ini dicampurkan dengan daging sapid an kemudian diiris-iris lalu ditambah bumbu (bumbu yang diracik secara khas dan juga turun-temurun). Adapun Coto Makassar ini dihidangkan di dalam mangkuk dan kemudian dimakan dengan ketupat dan juga burasa. Dan tenang saja guys, bagi anda yag ingin mengetahui bagaimana sih rasa Coto Makassar ini? Anda jangan repot-repot datang ke Makassar, karena sekarang sudah bnayak orang yang berjualan Coto Makassar yang satu ini, dan mungkin hampir di berbagai daerah Indonesia ini sudah ada warung yang ia menjual Coto Makassar ini.

  1. Mie Titi

Mie Titi ialah sejenis mie kering yang biasa disajikan dengan kuah kental dan juga irisan daging ayam, jamur, udang, hati dan juga cumi. Hanpir mirip dengan ifumie bukan guys? Hanya saja mie ini sangatlah tipis. Tahukan anda mengapa Mie ini disebut dengan Mie Titi? Nama Mie Titi ini adalah nama jenis makanan, namun ternyata Titi itu berasalkan dari nama panggilan pemilik mie yang satu ini loh, unik bukan guys mie yang satu ini. Dan satu lagi soal rasa jangan ditanya lagi, jika anda sudah memakannya sekali pastinya anda juga akan ketagihan ingin mencobanya nanti.

  1. Buras/Burasa

Jika dengan makanan yang satu ini Buras/Burasa ini juga merupakn salah satu makanan khas Kota Makassar yang sudah tidak asing lagi loh guys. Buras ini juga hampir sama dengan lontong loh, terbuat dari beras dan hanya saja bentuknya itu agak berbeda dengan lontong. Buras juga lebih halus dengan balutan daun pisang muda, makanan ini juga sangat enak jika disajikan dengan tabran bumbu kelapa kering, garam, gula dan cabai. Dan jika anda ingin mengetahui rasa Buras ini anda bisa saja menemukannya di pasar, karena kebanyakan Buras ini djual di pasaran saja. Dan juga makanan ini akan disajikan pada acara-acara tertentu seperti Pernikahan, Syukuran, dan pada suasana Lebaran.

  1. Jalangkote

Jalangkote ini merupakan kueh yang bentuknya hampir sama dengan kueh yang berada di Jakarta dan juga terdapat di sejumlah daerah tertentu yang bernamakan pastel. Tapi bedanya dengan Jalangkote ini berbentuk tipis, sedangkan pastel berbahan tebal dan juga empuk. Dan juga tak hanya itu isinya pun berbeda. Jalangkote hanya berisikan wortel dan juga kentang yang telah dipotong-potong berbentuk dadu dalam ukuran yang kecil, ada tauge, soun. Dab kemudian bahan tersebut ditumis dengan bumbu yang sudah disediakan.

Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply