11 Manfaat Menakjubkan Biji Pepaya Bagi Kesehatan!

Posted on

Pada umumnya, orang-orang yang  mengkonsumsi buah pepaya akan langsung membuang atau menyisihkan bijinya. Padahal, manfaat biji pepaya pun juga tak kalah hebat bila dibandingkan dengan buah, daun, ataupun bunganya. Anda mau tahu apa saja manfaat tersebut? Silahkan simak artikel berikut ini!

11 manfaat biji pepaya
11 Manfaat Biji Pepaya

Buah pepaya memiliki 11 manfaat, yaitu:

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal
  2. Menjaga Kesehatan Organ Hati
  3. Anti-Bakteri dan Anti-jamur
  4. Anti-Radang
  5. Membunuh Parasit Berbahaya
  6. Mencegah Kanker
  7. Kontrasepsi Alami
  8. Menghilangkan Uban Rambut
  9. Melancarkan Pencernaan
  10. Sumber Antioksidan
  11. Menurunkan LDL atau Kolesterol Jahat

Ingin tahu yang lebih detail tentang 11 manfaat tersebut? Mari simak ulasan berikut!

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Para pakar dari Univertas Karachi, Pakistan mengemukakan bahwa salah satu manfaat luar biasa biji buah pepaya adalah meningkatkan kesehatan ginjal serta mencegah terjadinya gagal ginjal. Segala gangguan yang biasa terjadi pada ginjal pun juga dapat dicegah oleh beberapa kandungan yang ada dalam buah pepaya.

  1. Menjaga Kesehatan Organ Hati

Biji pepaya memiliki kandungan nutrisi vital yang bermanfaat untuk membantu menyembuhkan penyakit sirosis atau kerusakan hati kronis. Untuk mendapatkan manfaatnya, tumbuklah 5-6 butir biji pepaya lalu tambahkan ke dalam makanan atau jus jeruk nipis. Minum ramuan tersebut secara rutin yaitu 2 kali sehari selama satu bulan penuh sampai organ hati sehat kembali.

  1. Anti-Bakteri dan Anti-Jamur

Beberapa butir biji pepaya dapat membunuh berbagai bakteri seperti E.Coli, Staph, dan Salmonella. Selain itu, biji pepaya juga dapat menagkal berbagai infeksi yang disebabkan oleh virus. Oleh kara itu, biji kecil berwarna hitam tersebut sangat efektif untuk menyembuhkan pasien yang menderita keracunan makanan. Biji pepaya juga mampu menyembuhkan berbagai penyakit berat lainnya seperti tifus, demam berdarah, dan lain-lain.

  1. Anti-Radang

Kandungan agen anti-flamasi dalam biji pepaya berperan ampuh untuk meredakan radang sendi, rasa sakit, bengkak, sampai kulit yang memerah.

  1. Membunuh Parasit Berbahaya

Manfaat biji buah pepaya selanjutnya adalah membunuh cacing serta amoeba parasit yang ada dalam usus. Semua itu dikarenakan biji pepaya mengandung senyawa alkaloid yang bernama karpain dan enzim preteolitik (papain) yang sangat tinggi. Bahkan berbagai studi menemukan bahwa anak-anak di Nigeria dapat terbebas dari parasit hingga 75% karna mengkonsumsi jus biji pepaya secara teratur selama seminggu penuh.

  1. Mencegah Kanker

Manfaat biji pepaya yang sangat luar biasa adalah dapat mencegah kanker. Kandungan isotiosianat dalam biji pepaya lah yang dapat menghentikan pertumbuhan berbagai sel kanker seperti kanker usus besar, kanker paru-paru, kanker payudara, leukemia, dan prostat.

  1. Kontrasepsi Alami

Baik bagi wanita ataupun pria, biji pepaya dapat digunakan sebagai kontrasepsi alami yang tentunya bebas dari efek samping. Tak heran jika selama berabad-abad pria maupun wanita di Negara india dan Asia Tenggara selalu menggunakan buah dan biji pepaya untuk mengontrol kesuburan. Oleh karna itu, bagi wanita yang tidak ingin segera hamil dianjurkan untuk sering mengkonsumsi biji buah pepaya, begitu juga sebaliknya. Dan untuk ibu hamil sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi biji pepaya karna sifat anti-parasit dalam biji pepaya cukup kuat sehingga mampu melukai saluran cerna bayi.

  1. Menghilangkan Uban Rambut

Biji pepaya yang telah dikeringkan dan ditumbuk halus telah dipercaya orang-orang zaman dahulu untuk membantu menghilangkan uban pada rambut mereka. Namun hal ini masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut. Dan jika anda ingin mencobanya, anda dapat menggunakan biji pepaya yang telah halus tadi sebagai shampoo.

  1. Melancarkan Pencernaan

Biji buah pepaya mengandung enzim papain yang cukup tinggi, enzim papain sangat bermanfaat untuk membantu proses pencernaan protein.

  1. Sumber Antioksidan

Sebuah ulasan yang dimuat dalam jurnal Molecules pada Bulan Juli tahun 2011 lalu menjelaskan bahwa biji buah pepaya mengandung antioksidan jenis flavonoid dan fenolik. Dan hasil laporan dari Journal of Agricultural pada bulan April 2011 mengungkapkan bahwa biji pepaya memuat komponen imunomodalutaori yang dapat memperlambat pertumbuhan sel tumor.

  1. Menurunkan LDL atau Kolesterol Jahat

Berbagai kandungan antioksidan dalam biji buah pepaya sangat ampuh untuk menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. Untuk mencobanya gunakan cara berikut:

  • Ambil beberapa butir biji pepaya lalu cuci sampai bersih.
  • Keringkan biji pepaya tersebut dengan cara dijemur selama 2 sampai 3 hari.
  • Ambil biji pepaya yang sudah kering tadi lalu campurkan dengan ½ gelas air hangat. Jika perlu anda dapat menambahkan sedikit gula ke dalamnya.
  • Minum ramuan ini seacra rutin selama 2 minggu.

Dan itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat biji buah pepaya. Semoga bermanfaat!

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply